Analisis Pengendalian Mutu Produksi Pada Produk Susu Pasteurisasi Serta Pengendalian Kerusakan Produk Akhir dan Perbaikannya

Authors

  • Anisa Dwi Febriyanti Universitas Djuanda
  • Siti Sadiah Universitas Djuanda
  • Faiza Putri Arthiyani Universitas Djuanda
  • Kris Yuladil Khotami Universitas Djuanda
  • Ullyana Rachma Sugandi Universitas Djuanda
  • Raden Siti Nurlaela Universitas Djuanda
  • Nadya Septi Eryanto Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i4.8764

Keywords:

Pengendalian Mutu, Susu Pasteurisasi, Kerusakan

Abstract

Susu merupakan cairan yang berasal dari sapi yang sehat dengan melalui proses pemerahan yang benar dan higenis. Salah satu metode untuk membuat susu tetap terjaga mutu nya yaitu dengan menggunakan metode pasteurisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengidentifikasi pengendalian mutu pada susu pasteurisasi dan menganalisis kerusakan yang terjadi serta pengendalian kerusakan yang dapat dilakukan pada produk susu pasteurisasi. Metode uji yang dilakukan berasal dari kajian literatur referensi yang digunakan pada jurnal pengendalian mutu pada susu pasteurisasi yaitu berupa jurnal penelitian nasional. Berdasarkan beberapa acuan jurnal penelitian yang dilakukan, proses pasteurisasi bertujuan untuk mamatikan mikroba pathogen yang terdapat pada susu. Kerusakan kemasan dapat berdampak pada kebocoran susu sehingga sebelum melakukan pengisian dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Kerusakan kemasan juga dapat terjadi dikarenakan oleh faktor mesin dan juga pekerja.

References

REFERENSI

Ambasari, I., Qanytah, & Sudaryono, T. (2013). Quality of Pasteurized Milk in Some Packages. Jurnal Litbang Pertanian, 32(1), 10-19.

Dr. Kauro Ishikawa. (1989). Teknik Penuntun Pengendalian Mutu.

Ernawati, E., Munaroh, M., Injarsari, S., Jannah, S. L., Wati, Y. E., dan Jalil, M. (2022). Proses Produksi dan pengendalian Mutu Bahan Baku Susu Pasteurisasi di CV. Cita Nasional Getasan Semarang. Journal of Biological Education, 3(1) : 27-38.

Neilam, D. (2021). Analisis Pengendalian Kualitas dengan Menggunakan Metode Seven Tools guna Mencapai Standar Produk Susu Pasteurisasi “Jab Milk” pada Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung Malang. Conference on Economic and Business Innovation, 1(1) : 1-15.

Widyatingniyas, S. (2022). Analisis Pengendalian Mutu Statistik Kemasan Susu Pasteurisasi. Jurnal ITMI, 4(1)(June), 121-129.

Downloads

Published

2023-07-17

How to Cite

Febriyanti, A. D., Sadiah, S., Arthiyani, F. P., Khotami, K. Y., Sugandi, U. R., Nurlaela, R. S., & Eryanto, N. S. (2023). Analisis Pengendalian Mutu Produksi Pada Produk Susu Pasteurisasi Serta Pengendalian Kerusakan Produk Akhir dan Perbaikannya. Karimah Tauhid, 2(4), 1004–1010. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i4.8764
Abstract viewed = 131 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>