Analisis Pengendalian Mutu Produksi Pada Produk Susu Pasteurisasi Serta Pengendalian Kerusakan Produk Akhir dan Perbaikannya

Main Article Content

Anisa Dwi Febriyanti
Siti Sadiah
Faiza Putri Arthiyani
Kris Yuladil Khotami
Ullyana Rachma Sugandi
Raden Siti Nurlaela
Nadya Septi Eryanto

Abstract

Susu merupakan cairan yang berasal dari sapi yang sehat dengan melalui proses pemerahan yang benar dan higenis. Salah satu metode untuk membuat susu tetap terjaga mutu nya yaitu dengan menggunakan metode pasteurisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengidentifikasi pengendalian mutu pada susu pasteurisasi dan menganalisis kerusakan yang terjadi serta pengendalian kerusakan yang dapat dilakukan pada produk susu pasteurisasi. Metode uji yang dilakukan berasal dari kajian literatur referensi yang digunakan pada jurnal pengendalian mutu pada susu pasteurisasi yaitu berupa jurnal penelitian nasional. Berdasarkan beberapa acuan jurnal penelitian yang dilakukan, proses pasteurisasi bertujuan untuk mamatikan mikroba pathogen yang terdapat pada susu. Kerusakan kemasan dapat berdampak pada kebocoran susu sehingga sebelum melakukan pengisian dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Kerusakan kemasan juga dapat terjadi dikarenakan oleh faktor mesin dan juga pekerja.

Article Details

How to Cite
Febriyanti, A. D., Sadiah, S., Arthiyani, F. P., Khotami, K. Y., Sugandi, U. R., Nurlaela, R. S., & Eryanto, N. S. (2023). Analisis Pengendalian Mutu Produksi Pada Produk Susu Pasteurisasi Serta Pengendalian Kerusakan Produk Akhir dan Perbaikannya. Karimah Tauhid, 2(4), 1004–1010. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i4.8764
Section
Articles

References

REFERENSI

Ambasari, I., Qanytah, & Sudaryono, T. (2013). Quality of Pasteurized Milk in Some Packages. Jurnal Litbang Pertanian, 32(1), 10-19.

Dr. Kauro Ishikawa. (1989). Teknik Penuntun Pengendalian Mutu.

Ernawati, E., Munaroh, M., Injarsari, S., Jannah, S. L., Wati, Y. E., dan Jalil, M. (2022). Proses Produksi dan pengendalian Mutu Bahan Baku Susu Pasteurisasi di CV. Cita Nasional Getasan Semarang. Journal of Biological Education, 3(1) : 27-38.

Neilam, D. (2021). Analisis Pengendalian Kualitas dengan Menggunakan Metode Seven Tools guna Mencapai Standar Produk Susu Pasteurisasi “Jab Milk” pada Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung Malang. Conference on Economic and Business Innovation, 1(1) : 1-15.

Widyatingniyas, S. (2022). Analisis Pengendalian Mutu Statistik Kemasan Susu Pasteurisasi. Jurnal ITMI, 4(1)(June), 121-129.