Analisis Literasi Digital Terhadap Perilaku Penelusuran Informasi Mahasiswa Sains Komunikasi UNIDA Mengenai Pemilu 2024 di Instagram

Main Article Content

Eliza Nur Fauziah Mustopa
Gadizka Khamila
Muthiara Sjahrani Umam
Nadiya Anggraeni
Salsabilla Princess Hermanto

Abstract

Penelitian ini mengenai penggunaan Instagram sebagai media komunikasi dalam perilaku penelurusan informasi mahasiswa Sains Komunikasi Unida yang berkaitan dengan aktivitas Pemilu 2024. Studi ini menggunakan Teori Literasi Digital dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data sendiri dilakukan dengan melaksanakan observasi, kuesioner, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Sains Komunikasi Unida lebih menyukai mencari informasi mengenai Pemilu 2024 melalui situs pencari seperti Google, dan media sosial lain seperti Tiktok, Twitter, dan Youtube, tapi Instagram menjadi sumber pencari informasi mengenai Pemilu 2024 di kalangan mahasiswa. Hasil analisis pun menunjukkan bahwa tingkat literasi digital mahasiswa Sains Komunikasi Universitas Djuanda sudah baik sesuai dengan 4 indikator literasi digital yang digunakan: Akses, Seleksi, Paham, dan Distribusi. Telah terbukti juga bahwa mahasiswa Sains Komunikasi Unida sudah cukup mumpuni dalam mengakses informasi di Instagram, menyeleksi informasi yang akan diserap, memahami isi pesan dan tujuan informasi, tapi masih kurang cukup dalam mendistribusikan informasi yang telah didapat mengenai Pemilu 2024 pada orang-orang sekitar. Penelitian ini berkesimpulan bahwa media sosial, khususnya Instagram memiiki peran yang signifikan untuk memengaruhi perilaku mahasiswa Sains Komunikasi Unida dalam menelusuri informasi seputar Pemilu 2024.

Article Details

How to Cite
Mustopa, E. N. F. ., Khamila, G., Umam, M. S. ., Anggraeni, N. ., & Hermanto, S. P. . (2024). Analisis Literasi Digital Terhadap Perilaku Penelusuran Informasi Mahasiswa Sains Komunikasi UNIDA Mengenai Pemilu 2024 di Instagram. Karimah Tauhid, 3(2), 1513–1523. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11820
Section
Articles

References

Adittyanto, Thohir, I., Putra, F., Alim, F., Suseno, M., & Yudha, S. (2021). Dampak Perkembangan Teknologi Internet dalam Pembelajaran Jarak Jauh bagi Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Education and Technology, 1(2), 93–103. http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/65

Armayani, R., Tambunan, L., Siregar, R., Lubis, N., & Azahra, A. (2021). Analisis Peran Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan Online. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8920–8928. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2400/2092

Pranita, U., Kurniah, N. & Suprapti, A. (2018). Supervisi Klinis Kepala Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu Auladuna Kota Bengkulu (Studi Deskriptif Kualitatif di PAUD IT Auladuna Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 54-65. https://doi.org/10.33369/jip.3.1.54-65

Riyanto, A. (2023). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2023. Andi.link. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/

https://fahum.umsu.ac.id/pengertian-pemilu-fungsi-dan-prinsip/

Most read articles by the same author(s)