Peran Akun Instagram @Unida_Bogor Sebagai Sarana Informasi Dan Komunikasi Mahasiswa
Main Article Content
Abstract
Perguruan tinggi pada era digital semakin mengalami perkembangan yang signifikan, dimana media sosial menjadi platform utama yang dijadikan sarana berkomunikasi dan mendapatkan atau berbagi informasi, serta membangun keterlibatan komunitas akademis. Instagram merupakan salah satu platfrom media sosial yang sering dimanfaatkan oleh lembaga sebagai sarana komunikasi dan berbagi informasi. Universitas Djuanda sebagai lembaga perguruan tinggi yang terus berupaya menjaga, meningkatkan kualitas pelayan dan kebutuhan mahasiswanya, ikut serta membangun perkembangan komunikasi dengan membuat dan berinteraksi melalui akun instagram resmi Universitas Djuanda, yaitu @unida_bogor. Keberagaman konten, keakuratan informasi, konten kreatif dan tingkat interaksi dengan mahasiswa merupakan salah satu faktor kepuasan mahasiswa terhadap informasi yang disajikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran akun instagram @unida_bogor dalam memenuhi kebutuhan informasi pengikutnya mengenai Universitas Djuanda Bogor. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi ke lapangan dan wawancara mendalam pada 3 informan pendukung yaitu mahasiswa Universitas Djuanda Bogor dan 1 informan ahli yaitu humas Universitas Djuanda Bogor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa akun instagram @unida_bogor digunakan untuk menyebarkan informasi atau kebutuhan mahasiswa dalam berkomunikasi melalui instagram nya dengan memanfaatkan fitur yang ada, seperti direct message (DM), story instagram, kolom komentar serta @unida_bogor sesuai dengan empat konsep dari Chris Heuer dalam Solis mengenai penggunaan media sosial instagram yaitu context, communication, collaboration, dan connection.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adhandayani, A. (2020). Metode Observasi. Metode Penelitian, 167(1), 1–5. https://www.e-ir.info/2018/01/14/securitisation-theory-an-introduction/
Annur, M. C. (2023). Jumlah Pengguna Instagram Indonesia Terbanyak ke-4 di Dunia. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/04/jumlah-pengguna-instagram-indonesia-terbanyak-ke-4-di-dunia
Evelina, L. W., & Handayani, F. (2018). Penggunaan Digital Influencer dalam Promosi Produk (Studi Kasus Akun Instagram @bylizzieparra). Warta ISKI, 1(01), 71. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v1i01.10
Hayati, R. (2021, Juni 04). Pengertian Wawancara, Tujuan, Jenis, Ciri, dan Cara Membuatnya. Diambil kembali dari penelitianilmiah.com: https://penelitianilmiah.com/wawancara/
Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Nainggolan, V., Randonuwu, S. A., & Waleleng, G. J. (2018). Peranan Media Sosial Instagram dalam Interaksi Sosial Antar Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unsrat Manado. Jurnal Acta Diurna, 7(4), 1–15. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/22022
Rusmawan, U. (2019). Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman. PT Elex Media Komputindo.
Surya Ramadiansyah, & Chaerowati, D. L. (2021). Pemasaran Interaktif melalui Media Sosial sebagai Sarana Promosi Applecoast Clothing. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 8–16. https://doi.org/10.29313/jrmk.v1i1.64
Sutrisno, A. P., & Mayangsari, I. D. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram @Humasbdg Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Jurnal Common, 5(2), 118–133. https://doi.org/10.34010/common.v5i2.5143
Syafnidawati. (2020, November 10). Observasi. Diambil kembali dari raharja.ac.id: https://raharja.ac.id/2020/11/10/observasi/
Yonathan, A. Z. (2023). Indonesia Jadi Negara Keempat Pengguna Instagram Terlama di Dunia. GoodStats. https://goodstats.id/article/indonesia-jadi-negara-keempat-pengguna-instagram-terlama-di-dunia-AG3iS#:~:text=Di Indonesia sendiri%2C terdapat 89,%2C Amerika Serikat%2C dan Brasil