Pengaruh Komunikasi Visual Animasi Stop Motion Instagram @aulion Terhadap Persepsi Mahasiswa FISIP Universitas Djuanda

Main Article Content

Uswatun Khasanah
Maria Fitriah
Nurul Assyifaturrohmah
Nazla Asyila Nadhifa
Gladys Marshanda
M. Eggi Triwandi
Arsyal Azhar

Abstract

Animasi stop motion @aulion pertama kali dibuat pada tahun 2009 dan sampai sekarang ia masih aktif dalam memproduksi konten stop motion. Di zaman sekarang yang penuh video-video tiruan dan monoton, @aulion hadir dengan kontennya yang penuh warna dan penyajiannya yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh komunikasi visual animasi stop motion @aulion terhadap persepsi mahasiswa FISIP Universitas Djuanda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling yaitu purposive sampling. Analisis persepsi konsumen menggunakan Importance Perfomance Analysis (IPA) dengan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil tersebut menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa FISIP UNIDA terhadap stop motion aulion ini belum tercapai secara maksimal.

Article Details

How to Cite
Khasanah, U., Fitriah, M. ., Assyifaturrohmah, N. ., Nadhifa, N. A. ., Marshanda, G. ., Triwandi, M. E. ., & Azhar, A. . (2024). Pengaruh Komunikasi Visual Animasi Stop Motion Instagram @aulion Terhadap Persepsi Mahasiswa FISIP Universitas Djuanda. Karimah Tauhid, 3(3), 3802–3819. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12296
Section
Articles

References

Aditya, D. (2013). Data dan Metode Pengumpulan Data. Surakarta: Jurusan Akupunktur Poltekkes Kemenkes Surakarta.

Agustina, R. (2021). Pengembangan Media Animasi Stop Motion Sebagai Layanan Informasi Bahaya Merokok Pada Peserta Didik Kelas XI SMK PGRI 4 Bandar Lampung Tahun 2020/2021. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16673

Andhita, P. R. (2021). Komunikasi Visual. Zahira Media Publisher.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media kita.

Darma, B. (2021). STATISTIKA PENELITIAN MENGGUNAKAN SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). GUEPEDIA.

Falah, A. N. (2018). Proses Pengambilan Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen di Rumah Talas Bogor. Skripsi.

Gasong, B. I. (2018). Penggunaan Media Potongan Kertas Gambar untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Animasi Stop motion. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 9(2), 320-331.

Hayati, R. (2021). Pengertian Wawancara, Tujuan, Jenis, Ciri, dan Cara Membuatnya. Diambil kembali dari penelitianilmiah.com: https://penelitianilmiah.com/wawancara/

INDONESIA ANIMATION REPORT 2020. (2020). Ainaki. https://ainaki.or.id/indonesia-animation-report-2020/#unduh-laporan

Maharani, V. E., Djuwita, D. A., & M, D. . M. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi Dan Informasi Pemerintah Kota Semarang. E-Proceeding of Management, 7(2), 4566–4574. https://tekno.tempo.co

Mansyur, U. (2018). Belajar Memahami Generasi Milenial. 1645, 1–76. https://osf.io/preprints/inarxiv/sxhp8/

Muhammad, N. (2023). Apa Konten Media Sosial yang Disukai Masyarakat Indonesia? Ini Surveinya. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/06/20/apa-konten-media-sosial-yang-disukai-masyarakat-indonesia-ini-surveinya.

Nugeraha, A., Karim, A., & Nurliah. (2020). Analisis Fungsi Instagram Sebagai Media Penyebar Informasi Kriminal Di Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi Unmul, 1(1), 1–15.http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2020/12/01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil (12-15-20-01-09-02).pdf

Pratomo, R. R. (2019). Hasil Survey Kegemaran Menonton Film Millennials. Rumah Millennials. https://rumahmillennials.com/2019/02/14/hasil-survey-kegemaran-menonton-film-millennials/

Putri, E. F. (2022). Penyusunan Kuisioner Dalam Penelitian. Pusat Mata Nasional RS Mata Cicendo Fakultas Kedokteran. Universitas Padjadjaran Bandung.

Rahmi, A. D. (2020). Desain Dan Uji Coba Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion Berbasis Saintifik Pada Materi Ikatan Kimia. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Rizali, M., Warhat, Z., & Zebua, E. (2019). Pengaruh Elemen-Elemen Desain Komunikasi Visual (Dkv) Box Art Game Terhadap Story Line Berdasarkan Persepsi Gamers Pada Video Game Populer Di Indonesia. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 8(2), 295. https://doi.org/10.24114/gr.v8i2.14700

Santoso, B. S., Anwar, M. F., & Hermawati, Sri. (2015). ANALISIS KUALITAS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL DAN IMPORTANCE - PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) PADA SITUS KASKUS. 3-4.

Savira, N. S. (2021). Perancangan Konten Media Sosial Instagram Sekarves Indonesia Periode April – September 2021. 3(2), 6.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. (2015). Statistik Untuk Penelitian. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Syafnidawati. (2020). Observasi. Diambil kembali dari raharja.ac.id: https://raharja.ac.id/2020/11/10/observasi/

U, T. H. (2016). PENANAMAN NILAI DAN MORAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR DENGAN PENDEKATAN STORYTELING MELALUI MEDIA KOMUNIKASI VISUAL. Andharupa, 61.

Umar, H. (2003). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Utoyo, A. W. (2020). Analisis Komunikasi Visual Pada Poster Sebagai Media Komunikasi Mendorong Jarak Sosial Di Jakarta Saat Epidemi Covid 19. LUGAS Jurnal Komunikasi, 4(1), 35–42. https://doi.org/10.31334/lugas.v4i1.939

Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270

We Are Social. (2023). Social Media Use Reaches New Milestone. https://wearesocial.com/id/blog/2023/07/social-media-use-reaches-new-milestone/

Yunita, Agustini, & Amalia, N. (2023). Pengaruh Visualisasi Pesan Persuasif Kampanye #Pakaisampaihabis Terhadap Perubahan Perilaku Followers Mengkonsumsi Produk Kecantikan. Jurnal Sosial Humaniora, 14(2), 134–142. https://doi.org/10.30997/jsh.v14i2.9807

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>