Perilaku Fashion pada Mahasiswa

Main Article Content

Raihani Ramadani Ramadani
Maria Fitriah
Ruhimat

Abstract

Fashion sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang di dunia, bahkan fashion sekarang sudah disebut sebgaai salah satu cara untuk berkomunikasi. Apa yang dipakai seseorang merupakan gambaran dari jati diri sendri. Pada umumnya fashion dapat mencerminkan kepribadian seseorang, dimana dengan gaya berpakaian seseorang dapat mengekspresikan diri sendiri. Selain sebagai ungkapan diri, fashion yang dipilih pun disesuaikan dengan tingkat kenyamanan dan dapat menambah kepercayaan diri bagi pemakainya. Hal itu dapat dibilang berhasil karena kini gaya busana ala Korea Selatan merajalela dimana-mana dan menimbulkan adanya sikap ingin meniru model, gaya busana dan gaya hidup orang tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui Perilaku Fashion pada Mahasiswa. Metode penelitian menggunakan metode Survey. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Sampel diperoleh menggunakan teknik random sampling dan Uji Validitas serta Uji Realibilitas menggunakan bantuan SPSS 26. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terjadi Perilaku fashuon pada Mahasiswa Kota Bogor dengan kategori baik. Perolehan skor tertinggi adalah indikator Stimulus. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa Kota Bogor secara stimulus sudah baik menerima pesan dalam memilih dan menerima fashion ala Korea ini, sebagai referensi gaya berpakaian dan sudah paham memadupadakannya sesuai dengan model pakaian yang ada pada K-Drama yang ditontonnya.

Article Details

How to Cite
Ramadani, R. R., Fitriah, M., & Ruhimat. (2024). Perilaku Fashion pada Mahasiswa. Karimah Tauhid, 3(1), 782–790. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11332
Section
Articles

References

Adventus dkk, 2019). Perilaku dan sikap

Putri Kistikiwari Aziza (2020) . Fenomena korean wave menjadi jendela fashion remaja Indonesia . Diakses 30 Desember 2020

Nadya Azahra (2020). Pengaruh Drama korea di kala pandemi pada masyarakat Indonesia. Dakses 30 Desember 2020.

Malcolm Barnard,fashion dan komunikasi : 2007) mengatakan pakaian adalah “pelambang jiwa”. Oxfrod English Dictionary (OED

(Notoatmodjo, 2012). S-O-R (stimulus-organisme-respon )

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>