Analisis Respon Mahasiswa Universitas Djuanda Terhadap Postingan Akun Instagram @Pedulybogor

Main Article Content

Uswatun Khasanah
Rizky Anugrah
Soffy Rachmawati
Riski Cahyasiam

Abstract

Instagram telah menjadi platform utama bagi remaja untuk berinteraksi, berbagi pengalaman, dan mengakses informasi. Dengan Indonesia berada di peringkat keempat secara global dengan 106 juta pengguna Instagram, jelas bahwa media sosial memainkan peran penting dalam membentuk opini dan perilaku. Organisasi dalam bidang sosial memanfaatkan Instagram untuk mendapatkan bantuan dari banyak orang, karena mereka dapat memperluas jangkauan audiens. @pedulybogor melakukan hal itu, mereka membuat berbagai macam konten untuk mendapatkan perhatian dan bantuan dari audiens. Mereka berhasil membuat orang-orang sadar dan peduli terhadap keadaan sosial khusunya di daerah Bogor. Metode yang digunakan dalam  penelitian ini yaitu kualitatif dengan observasi dan wawancara. Observasi yang dilakukan yaitu dengan mengamati akun Instagram @pedulybogor dengan bagaimana konten yang mereka buat dan melakukan wawancara kepada pengelola akun Instagram @pedulybogor, sukarelawan mahasiswa yang mengikuti kegiatan sosial dari Peduly Bogor, dan juga mahasiswa yang baru mengetahui kegiatan sosial Peduly Bogor. Penelitian ini berfokus pada dampak postingan Instagram @pedulybogor terhadap mahasiswa Universitas Djuanda Bogor, bagaimana mereka tertarik untuk mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Peduly Bogor dan bagaimana strategi dari Peduly Bogor dalam memperluas dan mempengaruhi mahasiswa Universitas Djuanda Bogor agar tertarik mengikuti kegiatan yang mereka lakukan. Studi ini juga mengeksplorasi crowdfunding sebagai metode penggalangan donasi dan dampak komunikasinya, termasuk 3 dimensi  dari efek komunikasi kognitif, afektif, dan perilaku.

Article Details

How to Cite
Khasanah, U., Anugrah, R. ., Rachmawati, S. ., & Cahyasiam, R. . (2024). Analisis Respon Mahasiswa Universitas Djuanda Terhadap Postingan Akun Instagram @Pedulybogor. Karimah Tauhid, 3(1), 480–489. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11639
Section
Articles

References

Anggito, A. & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

BPS. (2018). Retrieved from Badan Pusat Statistik: https://www.bps.go.id

Change.org. (2020). Jajak Pendapat Harapan dan Persepsi Anak Muda Terhadap Pilkada. Retrieved from: https://www.change.org/l/id/jajak-pendapat-harapan-dan-persepsi-anak-muda-terhadap-pilkada.

Creswell, J. W. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Databoks. (2023). Pengguna Instagram RI Tembus 100 Juta Orang Per April 2023 Terbanyak Ke 4 Di Dunia. Retrieved from: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/26/pengguna-instagram-ri-tembus-100-juta-orang-per-april-2023-terbanyak-ke-4-di-dunia#:~:text=Ini

Fadli, R. (2023). Kesehatan Mental. Retrieved from Halodoc: https://www.halodoc.com/artikel/pengaruh-media-sosial-pada-kesehatan-mental-remaja

Fitriansyah, F. (2018). Efek Komunikasi Massa Pada Khalayak (Studi Deskriptif Penggunaan Media Sosial dalam Membentuk Perilaku Remaja). Cakrawala.

Giantika, G. G. (2019). Pemanfaatan Blog Pribadi Di Instagram Sebagai Media Komunikasi Parenting (Studi Deskriptif Kualitatif Akun Instagram @annisast). Jurnal Komunikasi Volume 10 No.1.

IDN Times. (2023). Gen Z Lebih Suka Cari Berita di Medsos dan Digital. Retrieved from: https://www.idntimes.com/news/indonesia/yosafat-diva-bagus/imgr-2024-gen-z-lebih-suka-cari-berita-di-medsos-dan-digital.

Index, G. W. (2022). Media Sosial Paling Banyak Dipakai Warganet Indonesia Sepanjang 2022. Retrieved from goodstats.id: https://goodstats.id/article/whatsapp-teratas-ini-7-media-sosial-paling-banyak-digunakan-warganet-indonesia-sepanjang-2022-iJklw.

Muhtar. (2023). Retrieved from UICI: https://uici.ac.id/ini-7-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-indonesia/.

Murizka, D. (2021). Pengaruh Media Baru Crowdfunding Kitabisa.com Dalam Meningkatkan Minat Bersedekah. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Semiawan, P. D. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukendar, M. U. (2017). Psikologi Komunikasi: Teori dan Praktek. Yogyakarta: Depublish.

Wheat, R. E. (2013). Raising Money For Scientific Research Through Crowdfunding. Trends in Ecology & Evolution.

Yusuf, A. M. (2019). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan, Jakarta: Kencana.

Most read articles by the same author(s)