Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Persepsi Guru Sekolah Dasar

Main Article Content

Amelia Sulistianti
Rusi Rusmiati Aliyyah
Rusli Abdul Gani

Abstract

Peneletian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi seorang guru yang berada di beberapa SD/MI  sederajat yang mencangkup pada kurikulum merdeka dalam proses kegiatan P5 pada tema kewirausahaan. Data yang diperoleh peneliti didaptakan dengan cara wawancara semi terstrukrur dengan 15 orang guru SD/MI Sederajat. Peneliti menemukan empat tema utama dalam penelitian tersebut diantaranya: dampak positif dan negatif, tantangan dan strategi dalam melaksanakan kegiatan P5 pada tema kewirausahaan tersebut. Hasil yang didapatkan oleh peneliti pada wawancara tersebut mengenai P5 pada tema kewirausahaan tersebut ternyata banyak sekali dampak positif yang diperoleh peserta didik dalam melakukan kegiatan berwirausaha seperti menambahkan kepercayaan diri, sifat kemandirian serta memberikan pengalaman kepada peserta didik, tidak hanya itu tentunya adanya dampak positif pasti ada dampak negatif dan tantangan tersendiri dalam kegiatan berwirausaha dampak negatif yang peroleh peserta didik ialah peserta diddik masih takut atau kurang nya kepercayaan diri dalam mengambil keputusan. Tantangan itu sendiri lebih kepada para guru yang merasakan hal tersebut seperti peserta didik tidak mampu mengontrol dirinya sendiri saat ikut dalam kegiatan tersebut dan peran guru harus lebih ekstra dalam memperhatikan setiap peserta didik. Dengan adanya tantangan tersebut tentunya para guru harus memiliki strategi yang baik untuk peserta didik, seperti halnya peran guru lebih penting dan para guru harus lebih ekstra dalam memberikan informasi dan materi yang cukup mengenai kewirausahaan agar peserta didik lebih mengerti sehingga kegiatan tersebut memberikan kesan dan pengalaman yang berkesan untuk peserta didik nantinya.

Article Details

How to Cite
Sulistianti, A., Aliyyah, R. R. ., & Gani , R. A. . (2024). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Persepsi Guru Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(3), 3121–3131. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12200
Section
Articles

References

Aliyyah, R. R., Humaira, M. A., Wahyuni Ulfah, S., & Ichsan, M. I. (2020). Guru Berprestasi: Penguatan Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sosial Humaniora, 11(1), 59. https://doi.org/10.30997/jsh.v11i1.2362

Aliyyah, R. R., Nurhafitri, I., & Astuti, L. F. (2021). Kurikulum Pembelajaran Sekolah Dasar. Researchgate.Net, July. https://www.researchgate.net/profile/Rusi-Rusmiati-Aliyyah/publication/352899559_KURIKULUM_PEMBELAJARAN_SEKOLAH_DASAR/links/60de7dea458515d6fbf272ee/KURIKULUM-PEMBELAJARAN-SEKOLAH-DASAR.pdf

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749

Ayub, S., Rokhmat, J., Busyairi, A., & Tsuraya, D. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 1001–1006. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1373

Azzahra, S., & Sya, M. F. (2023). Strategi Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(1), 329–338.

Sulkipli, N. A., Ruslan, M., & Suriani, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Prestasi Siswa Pada Smp Negeri 1 Makassar. Indonesian Journal of Business and Management, 5(2), 341–347. https://doi.org/10.35965/jbm.v5i2.2648

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>