Pembelajaran Anti Perundungan: Persepsi Guru Kelas Rendah pada Sekolah Dasar

Main Article Content

Nurul Suci Daniati
Rusi Rusmiati Aliyyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru kelas rendah tentang penerapan pembelajaran anti perundungan (bullying) di Sekolah Dasar (SD) sebagai bentuk meminimalisir tingkat perundungan di Indonesia. Data yang di kumpulkan melalui wawancara terstruktur dengan 15 guru yang ada di wilayah Bogor dan Sukabumi. Analisis data menggunakan kuasi analisi kualitatif tematik. Analisis menemukan lima tema utama: kegiatan pembelajaran, praktek baik, manfaat, tantangan serta saran atau masukan. Peneliti menyimpukan bahwa keberhasilan penerapan pembelajaran anti perundungan (bullying) ditentukan oleh adanya pembiasaan, penanaman karakter, suasana belajar, peran dari pihak sekolah dan luar sekolah, penelitian ini memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan dari perundungan di SD yang memberikan dampak negatif kepada mental atau psikologis siswa.

Article Details

How to Cite
Daniati, N. S. ., & Aliyyah, R. R. . (2023). Pembelajaran Anti Perundungan: Persepsi Guru Kelas Rendah pada Sekolah Dasar . Karimah Tauhid, 2(6), 3022–3047. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11083
Section
Articles

References

Aliyyah, R. R., Humaira, M. A., Ulfah, S. W., & Ichsan, M. (2020). Guru berprestasi: penguatan pendidikan di era revolusi industri 4.0 outstanding teacher: strengthening education in the era of industrial revolution 4.0. Jurnal Sosial Humaniora, 11(1), 59–64.

Suryani, S., Aliyyah, R. R., & Muhdiyati, I. (2022). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Belajar Dari Rumah di Kelas IVb SDN Pakuhaji. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 70-80.

Attamimi. (2023). Metode penelitian. PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature review: pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran ipa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Baharudin, I. (2020). Pembelajaran bermakna berbasis daring ditengah pandemi covid-19. Journal of Islamic Education Management Oktober, 2020(2), 79–88. https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/12/12591771/gebrakan-merdeka-

Fadil, K. (2023). Peran guru dalam penanaman sikap anti bullying verbal dalam pembelajaran PKN di sekolah dasar. Attadrib : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 123–133.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam program guru penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Fitri, D., & Aini, N. (2018). Self esteem pada anak usia sekolah dasar untuk pencegahan kasus bullying. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 6(1), 36–46.

Hidayat, & Sukitman, T. (2020). Model pembelajaran pendidikan karakter di mi tarbiyatus shibyan jadung dungkek sumenep. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 34–41.

Idhayani, N., Nasir, N., & Jaya, H. N. (2020). Manajemen pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar menyenangkan di masa new normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1566. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911

Ihzario, M., Akbar, I., & Fatah, M. Z. (2022). Hubungan pola asuh otoriter orang tua dengan perilaku bullying pada remaja. Jurnal Ilmiah Permas : Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(4), 863–870. http://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM

Maghfiroh, A. S., Usman, J., & Nisa, L. (2020). Penerapan metode bermain peran terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di PAUD/KB Al-Munawwarah Pamekasan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.2978

Mayasari, A., Hadi, S., & Kuswandi, D. (2019). Tindak perundungan di sekolah dasar dan upaya mengatasinya. Jurnal Pendidikan, 4(3), 399–406. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Muhammad, A. D., Rizal, A., Situmorang, E. D. S., Muntasir, N. F., Syifa, V. R., & Al Makky, M. (2023). “Stop perundungan, mari kita berteman!” penyuluhan dan edukasi anti perundungan untuk siswa sekolah dasar. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 165. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v6i2.1579

Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan karakter religius siswa melalui pembiasaan aktivitas keagamaan. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995

Oktavia, T., Sakarsari, N., Nanda, V. P., Jannah, M., Pratiwi, N. A., & Qomisatun, P. A. (2022). Studi kasus perundungan terhadap belajar peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 8643–8646.

Panggabean, H., Situmeang, D., & Simangunsong, R. (2023). Waspada tindakan bullying dan dampak terhadap dunia pendidikan. JPM-UNITA (JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT), 1(1), 9–16. http://jpm.usxiitapanuli.ac.id

Samsudi, M. A., & Muhid, A. (2020). Efek bullying terhadap proses belajar siswa. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(2), 122–133.

Setiadi, N., Widiatmoko, A., & Agung Yuwono Putro, A. (2023). Peran guru kelas dan orang tua pada sekolah ramah anak untuk mencegah dan mengatasi perundungan. Taman Cendekia : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(1), 16–26. https://doi.org/10.30738/tc.v7i01.13971

Setiowati, A., Irene, S., & Dwiningrum, A. (2020). Strategi layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar untuk mengatasi perilaku bullying. In Elementary School (Vol. 7, Issue 2).

Suryani, S., Rusi, ), Aliyyah, R., & Muhdiyati, I. (2022). Peran orang tua dalam membimbing anak belajar dari rumah di kelas ivb sdn pakuhaji. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 70–80. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa

Tristanti, I., Zumrotun, A., & Azizah, N. (2020). Bullying dan efeknya bagi siswa sekolah dasar di kabupaten kudus. In Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan (Vol. 11, Issue 1).

Umar, R., & Mujtaba Habibi, M. (2022). Model habituasi sikap anti bullying bagi siswa sekolah dasar melalui permainan menyenangkan anti-bullying attitude habituation model for elementary school students through fun games. JPDS) Oktober, 5(2), 110–118. https://doi.org/10.17977/um022v5i2p110-118

Wijayanti, C. P., & Tipa Uswatun, A. (2019). Perangi tindak perundungan(bullying) dengan penanaman pendidikan karakter sejak dini pada peserta didik sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN), 1(1), 16–26.

Yunita, T., Rafifah, T., & Anggraeni, D. (2022). Say No to Bullying Behavior : Implementasi nilai pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 183–189. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.174

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>