Pengaruh Media Sosial TikTok Terhadap Perilaku Moralitas Pada Era Digitalisasi di SDN Caringin 02
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12812Keywords:
Media Sosial TikTok, Perilaku Moralitas, Era DigitalisasiAbstract
Rendahnya moralitas siswa sekolah dasar yang dipengaruhi karena adanya era digitalisasi yaitu media sosial TikTok yang memberikan dampak terhadap moral siswa ditandai dengan perubahan perilaku siswa seperti menurunnya rasa sopan santun, kejujuran dan cara berkomunikasi dengan penggunaan bahasa kasar menjadi hal yang lumrah. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media sosial TikTok terhadap perilaku moralitas pada era digitalisasi di SDN Caringin 02. Jenis kuantitatif korelasi yang digunakan pada metode penelitian ini dengan populasi penelitian berjumlah 131 siswa kelas tinggi dan sampel yang digunakan berjumlah 99 responden yang dipilih secara acak. Kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang utama dan sebagai data studi pendahuluan melalui observasi serta wawancara. Analisis data penelitian ini menunjukan yaitu adanya pengaruh positif antara media sosial TikTok terhadap perilaku moralitas yang dapat dilihat melalui uji hipotesis uji-t yaitu nilai Thitung> Ttabel sebesar 3.745> 1.985 dan sebesar 0,000 < 0,05 pada nilai signifikansi, oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak yaitu adanya pengaruh antara media sosial TikTok terhadap perilaku moralitas pada era digitalisasi di SDN Caringin 02 dan besarnya pengaruh tersebut yaitu 12,6%.
References
Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja Di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. Https://Doi.Org/10.21107/Ilkom.V14i2.7504
Fajar, M., & Machmud, H. (2020). Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Diniyah:Jurnal Pendidikan Dasar , 1(1), 46–52. Http://Ejournal.Iainkendari/Diniyah
Faqih Badrul Murtaja, Ahmad, & Lyien Ien, D. (2023). Promosi Media Sosial Dalam Meningkatkan Citra Positif Dan Kuantitas Peserta Didik Mts Al-Amiriyyah Blokagung Banyuwangi. Jmpai: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 116–129. Https://Doi.Org/10.61132/Jmpai.V2i2.143
Fauzi, K. M. A., Priyatno, A., & Mukasyaf, F. (2019). Membangun Lintasan Belajar Berpikir Kreatif Mahasiswa Topik Lingkaran Dengan Menerapkan Pendekatan Metakognisi. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 25(2), 86–94.
Fikri, M., Nurhamzah, & Erintania, S. L. (2023). Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Akhlak Siswa Di Sekolah. Jurnal Perspektif, 7(1), 23–33.
Jannah, R., & Supriatna, M. (2018). Bimbingan Pribadi-Sosial Untuk Mengembangkan Perilaku Moral Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(1), 54. Https://Doi.Org/10.26858/Jpkk.V4i1.5644
Khair, N., & Arifah, N. A. (2022). Gambaran Perkembangan Identitas Moral Pada Remaja Di Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep. Jurnal Pemikiran Dan Ilmu Keislaman, 5(2), 332–368.
Muzayanati Apriliyanti, S. N. H. R. (2022). Pengaruh Konten Tiktok Terhadap Degradasi Akhlak Anak Madrasah Ibtidaiyah Di Masa Pandemi. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Bebasis Sains, 7(1), 43–54.
Prihatmojo, A., & Badawi. (2020). Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral Di Era 4.0. Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 142–252. Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Jdc
Qorib, M. Dan Z. M. (2020). Integrasi Etika Dan Moral (Spirit Dan Kedudukannya Dalam Islam). Bildung.
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Penerbit Kbm Indonesia.
Suryani, S., Rusi, ), Aliyyah, R., & Muhdiyati, I. (2022). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Belajar Dari Rumah Di Kelas Ivb Sdn Pakuhaji. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Iv(1), 70–80. Http://Jurnal.Unipasby.Ac.Id/Index.Php/Jurnal_Inventa
Tahir, H. Dan D. N. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Interaksi Sosial Pada Siswa Sma Negeri 2 Baubaupengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Interaksi Sosial Pada Siswa Sma Negeri 2 Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Ekonomi, 7(1), 44–48.
Wahyuni, E., Muhammadiah, Ud, & Dwiyanti, A. (2023). Pengaruh Tontonan Tik Tok Terhadap Perilaku Siswa Kelas V Di Sdn 204 Sompe. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 86–94.
Yunika, N., Novianti, R., & N, Z. (2019). Hubungan Konsep Diri Dengan Perilaku Moral Anak Usia Dini. Aulad : Journal On Early Childhood, 2(3), 73–80. Https://Doi.Org/10.31004/Aulad.V2i3.36
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurul Suci Daniati, Agus Priyatno, Iyon Muhdiyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.