Bahaya Game Online bagi Akidah Anak dan Kaitannya dengan Penerapan Prinsip Pendidikan Anak dalam Islam
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin canggih membawa banyak perubahan, salah satunya ialah kemunculan game online yang banyak diminati oleh siswa sekolah dasar yang memberikan dampak kepada para penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari bahaya game online terhadap akidah anak dan keterkaitannya dalam prinsip pendidikan anak dalam islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Peneliti melaksanakan penelitian dalam beberapa tahapan yang dimulai dengan tahap pra penelitian, tahap penelitian, dan tahap pasca penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara secara tatap muka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game online memberikan pengaruh buruk terhadap akidah anak yang ditunjukkan dengan menurunnya kualitas akidah anak dalam beribadah seperti malas shalat, malas mengaji, serta menunda-nunda shalat karena terlalu fokus bermain game, tetapi terdapat anak yang tidak terkena pengaruh buruk dari game online, hal tersebut berkaitan dengan prinsip pendidikan yang diterapkan oleh orang tua terhadap anaknya yang berupa pengawasan yang baik disertai penanaman akidah sedari dini.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Eliyanti, T., Prasetyo, T., & Mawardini, A. (2023). Analisis Keterlibatan Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1), 11–19. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i1.208
Fadli, M., Tamam, A. M., & Kattani, A. H. Al. (2022). Metode Daring Pembelajaran Aqidah di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Fikri Depok. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1507–1516. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1415
Fepriyanti, U., & Bambang Suharto, A. W. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru dan Orang Tua Siswa. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(1), 135–146. https://doi.org/10.24090/insania.v26i1.4587
Ghofur, A. (2018). Tasawuf Al-Ghazali : Landasan Psikologi Pendidikan Islam. Jurnal Islam Nusantara, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v2i1.74
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.
Mahsunudin. (2020). Urgensi Pendidikan Keimanan bagi Anak (Telaah Surat Luqman ayat 13-19). Al-Ifkar: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 14(2), 179–207.
Mais, F. R., Rompas, S. S. J., & Gannika, L. (2020). Kecanduan Game Online dengan Insomnia pada Remaja. Jurnal Keperawatan (JKp), 8(2), 18–27.
Mardalena. (2022). Metode Pendidikan Anak Menurut Islam Sebagai Bekal Menghadapi Tuntutan Zaman. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(8), 181–192.
Mertika, & Mariana, D. (2020). Fenomena Game Online di Kalangan Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 3(2), 99. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2154
Meutia, P., Fahreza, F., & Rahman, A. A. (2020). Analisis Dampak Negatif Kecanduan Game Online terhadap Minat Belajar Siswa di Kelas Tinggi SD Negeri Ujong Tanjong. Genta Mulia, 9(1), 22–32.
Mulyani, U., & Fitriani, W. (2022). Dampak Emosi Remaja Kecanduan Bermain Game Online Mobile Legends di Kecamatan Mandau. JCOSE (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 5(1), 29–35.
Mustofa, A. (2019). Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 5(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v5i1.71
Muthoharoh, L., & Hasanah, D. (2023). Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Mengatasi Dampak Negatif Penggunaan Gadget pada Siswa. Jurnal Islamic Education Studies: As Indonesian Journal, 6(1), 47–60.
Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online pada Remaja : Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148–158. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.47402
Oktavia, N., & Mulabbiyah, M. (2019). Gawai dan Kompetensi Sikap Sosial Siswa MI (Studi Kasus Pada Siswa Kelas V MIN 2 Kota Mataram). El Midad: Jurnal PGMI, 11(1), 19–40. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i1.1903
Paremeswara, M. C., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Perkembangan Emosi dan Sosial Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1473–1481.
Prasetyo, A., Rondli, W. S., & Ermawati, D. (2023). Dampak Permainan Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(1), 333–340. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4733
Putri, R. C. S., Budiyono, & Kokotiasa, W. (2021). Dampak Game Online Mobile Legends terhadap Perilaku Remaja. Antropocene : Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 1(1), 1–7.
Sinaga, A. S., & Wirdati, W. (2022). Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. An-Nuha: Jurnal Pendidikan Islam, 2(4), 692–700. http://annuha.ppj.unp.ac.id/index.php/annuha/article/view/250%0Ahttp://annuha.ppj.unp.ac.id/index.php/annuha/article/download/250/126
Sunita, I., & Mayasari, E. (2018). Pengawasan Orang Tua terhadap Dampak Penggunaan Gadget pada Anak. Jurnal Endurance, 3(38), 510–514.
Sutisna, A. (2018). Metode Penelitian Kualitatif Bidang Pendidikan. Jakarta: UNJ Press.
Trisnawati, W., & Sugito. (2021). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710
Yasyakur, M. (2017). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 1185–1230. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/86