METODE TIKRAR DALAM MEMBENTUK GENERASI QURANI DI YAYASAN SHOUTUZ ZIKRI WALFIKRI

Main Article Content

Siti Sukmayanti
Anisa Rahmadanti
Annisa Mawardini

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data observasi dan wawancara yang menunjukkan bahwa dengan metode tikrar dapat membantu dalam menghafal. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui lebih tepat bagaimana cara terbaik untuk membangun generasi yang memahami agama. Tidak hanya dengan memahaminya, tetapi juga dengan melakukannya, yaitu dengan menghafal Al-Quran melalui metode tikrar. Metode penelitian kualitatif yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada 3 (tiga) narasumber. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode tikrar merupakan metode yang sudah lama dipraktikkan Yayasan Shoutuz Zikri. Tujuan dari metode ini adalah agar siswa dapat menghafal dengan cara membaca, mendengar dan menghafal secara berulang-ulang. Dengan begitu lama kelamaan Anda akan terbiasa dan terbangun dari menghafal.

Article Details

How to Cite
Sukmayanti, S., Rahmadanti, A., & Mawardini, A. . (2023). METODE TIKRAR DALAM MEMBENTUK GENERASI QURANI DI YAYASAN SHOUTUZ ZIKRI WALFIKRI . Karimah Tauhid, 2(5), 1892–1901. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9026
Section
Articles

References

REFERENSI

Ananda, R., & Uddin, A. (2020). Perencanaan Pembelajaran.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif. 1.

Ginanjar, M. H. (2017). Aktivitas Menghafal Al-Qur’an dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Beasiswa di Ma’had Huda Islami, Tamansari Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), Article 11. https://doi.org/10.30868/ei.v6i11.94

Mahirah, B. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4269

Mashuri, I., Muftiyah, A., & Nafisah, S. F. (2022). Implementasi Metode Tikrar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Siswa Pada Program Tahfidzul Qur’an Siswa Kelas Ix Mts Darul Amien Jajag Gambiran Banyuwangi. Jurnal Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v6i1.1302

Maulizan, R. (2021). Penerapan Metode Tikrar Dalam Menghafal Al-Qur’an Pada Santri LTQ-PBA Miftahussalam Kecamatan Medan Petisah [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan]. http://repository.uinsu.ac.id/14872/

Namira, N. F., Nafisah, S. A. N., Salvia, M., Kholik, A., Indra, S., & Zahid, A. (2023). Monitoring dan Evaluasi Program Mbkm Kampus Mengajar di Universitas Djuanda Bogor. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(2), Article 2.

Safa’at, M. K., & Inayati, N. L. (2019). Efektivitas Metode Tikrar dan Talqin Dalam Meningkatkan Pembelajaran Al-Qur’an Pada Program Unggulan Kelas Tahfidz Di Smp Islam Al Abidin Surakarta. Prosiding University Research Colloquium, 79–83.

Yusvida, M. (2020). Strategi Belajar Bahasa Arab yang Efektif pada Perguruan Tinggi. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i2.2781