Implementasi Entrepreneurship sebagai Pilar Pendidikan Sekolah Alam melalui Kegiatan Bisnis Challenge di SD Islam Ibnu Hajar

Authors

  • Risya Agustiani Universitas Djuanda
  • Rusi Rusmiati Aliyyah Universitas Djuanda
  • Annisa Mawardini Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.13065

Keywords:

Pendidikan, Entrepreneurship, bisnis challenge

Abstract

Saat ini, globalisasi di berbagai bidang telah menjadi isu. Salah satu dampak negatif globalisasi yang menonjol terhadap masyarakat di bidang ekonomi adalah pengangguran. Dari data Badan Pusat Statistika (BPS) diketahui bahwa Kota Bogor menduduki posisi tertinggi ketiga setelah Kota Cimahi dan Kuningan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh bidang pendidikan adalah dengan mengembangkan dan melaksanakan pendidikan kewirausahaan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implemetasi entrepreneurship sebagai pilar pendidikan sekolah alam melalui kegiatan bisnis challenge di Sekolah Dasar Islam Ibnu Hajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi entrepreneurship sebagai pilar pendidikan sekolah alam melalui kegiatan bisnis challenge sudah dilaksanakan dengan baik. Namun, masih ada beberapa yang perlu di evaluasi dan ditingkatkan kembali, yakni mengenai pemahaman peserta didik terhadap nominal uang.

References

Adha, E., & Permatasari, C. L. (2021). Peran Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Kesiapan Berwirausahaa Siswa. Journal of Economic Education, 15(1), 60–71. https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.21158

Aliyyah, R. R., Mulyadi, D., Widyasari, & Kholik, A. (2021). Manajemen Lembaga Pendidikan Dayah. (S. Ikhwan, Ed.), Jurnal Intelektualita Prodi MPI FTK UIN Ar-Raniry (1 ed., Vol. 10). Jakarta: Polimedia Publishing. Diambil dari https://www.brilio.net/serius/pengertian-manajemen-pendidikan-islam-fungsi-dan-juga-cirinya-

Aliyyah, R. R., & Nurfaidah, C. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Guru dalam Mengelola Minat Belajar Siswa pada Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3, 183–204. Diambil dari https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/11085%0Ahttps://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/download/11085/4391

Aliyyah, R. R., & Suryantika, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Pembelajaran di Luar Kelas pada Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(6), 3103–3134.

Badawi. (2023). Pembentukan Karakter Kewirausahaan dengan Kegiatan Market Day di Sekolah Dasar Soekarno Hatta. Jurnal Edukasi Lingua Sastra, 1(1), 88–97.

Beddu, M. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 257–267.

Hasanah, U. (2019). Upaya Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Melalui Kegiatan Market Day Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8–19.

Hasoloan, A. (2018). Peranan Etika Bisnis dalam Perusahaan Bisnis. Jurnal Warta, 2(1), 1–13. Diambil dari http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76887-8%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-93594-2%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-409517-5.00007-3%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jff.2015.06.018%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41559-019-0877-3%0Aht

Hidayah, N., & Ayuningtyas, C. E. (2022). Market Day Dan Karakter Kewirausahaan/Entrepreneurship. (N. H. A., Ed.). Yogyakarta: K-Media.

Julawati, L. (2018). Pelaksanaan Program Ajengan Masuk Sekolah Oleh Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Pangandaran. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintah, 4(4), 89–102. Diambil dari https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/moderat/article/view/1785/1455

K.Yin, R. (2015). Case Study Research: Design and Methods. (M. D. Mudzakir, Ed.) (14 ed.). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mashud, I. (2016). Membangun Jiwa Wirausaha Siswa melalui Kegiatan Jual Beli (Analisis Kegiatan Market Day Sekolah Dasar Islam YAKMI Kota Tangerang ). Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 1(1), 501–510.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. (R. Holland, Ed.) (2 ed.). California: SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. (I. Taufik, Ed.) (35 ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pratitis, M. L. (2019). Implementasi Program Market Day Sebagai Sarana Mengembangkan Karakter Kewirausahaan Siswa SDIT Alam Nurul Islam. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 449. Diambil dari https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/12003

Santoso, E. B., Hamid, M. A., Warisno, A., Andari, A. A., & Sujarwo, A. (2023). Sistem Manajemen Perencanaan, Pelaksanaan Dan Evaluasi Pembelajaran Di Smp Qur’an Darul Fattah Lampung Selatan. Al Wildan: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 146–155. https://doi.org/10.57146/alwildan.v1i3.1520

Statistika, B. P. (2023). Tingkat Pengangguran Terbuka.

UUSISDIKNAS. (2023). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2024-04-23

How to Cite

Agustiani, R., Aliyyah, R. R. ., & Mawardini, A. . (2024). Implementasi Entrepreneurship sebagai Pilar Pendidikan Sekolah Alam melalui Kegiatan Bisnis Challenge di SD Islam Ibnu Hajar. Karimah Tauhid, 3(4), 5048–5058. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.13065
Abstract viewed = 13 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>