Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik di SDN Babakan Madang 03 Kabupaten Bogor

Main Article Content

Irma Nurseha
Annisa Mawardini
Fauziyatul Hamamy

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menjelaskan terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri kepada kemampuan literasi sains peserta didik, untuk menjelaskan respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN Babakan Madang 03 Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor yang berjumlah 43 orang yaitu kelas 5B yang berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas 5A yang berjumlah 23 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen yang digunakan berupa pretest dan posttest soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran   inkuiri   terhadap   kemampuan   literasi   sains   peserta didik   kelas    5.    Hasil uji t pretest dan posttest pada kemampuan literasi sains peserta didik kelas eksperimen di katakan signifikan karena memperoleh nilai signifikansi 0.000 dimana nilai sig 0.000 <0.05. Hasil uji t pretest dan posttest pada kemampuan literasi sains peserta didik kelas kontrol dikatakan signifikan karena memperoleh nilai signifikansi 0.000 dimana nilai sig 0.000< 0.05. Hasil uji t posttest pada kemampuan literasi sains peserta didik didapatkan nilai signifi kansi 0.000 dimana nilai signifikansi 0.000 < 0.05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak

Article Details

How to Cite
Nurseha, I., Mawardini, A., & Hamamy, F. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik di SDN Babakan Madang 03 Kabupaten Bogor. Karimah Tauhid, 3(4), 4673–4694. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12892
Section
Articles

References

Depdiknas. (2015). Rencana strategis Departemen Pendidikan Nasional 2015-2019.

Jakarta: Pusat Informasi dan Humas Depdiknas.

Hamalik, O. (2017). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Himawan, M. W. H., Wartono, L. Yulianti. (2016). Kemampuan Awal dan Literasi Sains Peserta didik SMK terkait Materi Elastisitas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM. Vol. 1 Hlm 329-333. Malang: Universitas Negeri Malang.

Kemendikbud.go.id. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas

Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rusilowati, A. Lina, K. Sunyoto, E., Arif, W. (2016). Developing an Instrument of Scientific Literacy Assessment on the Cycle Themes. International Journal of Environment and Science Education, 11(12): 5720.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sulistiawati. (2015). Analisa Pemahaman Literasi Sains Mahapeserta didik yang Mengambil Mata Kuliah IPA Terpadu Menggunakan Contoh Soal PISA 2009. Sainteks Universitas PGRI Palembang Volume XII No 1 Maret 2015 Hal 21-4.

Toharudin, U., S. Hendrawati., A. Rustaman. (2015). Membangun Literasi Peserta Didik. Bandung: Humaniora

Trianto, M.Pd. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.