Kompetensi Kepala Sekolah dalam Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Membangun Citra Sekolah di SMK Ibnu Aqil Bogor

Main Article Content

Rifky Pranata
Agus Priyatno
M. Rendi Ramdhani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi kepala sekolah dalam pemanfaatan media sosial sebagai sarana membangun citra sekolah di SMK Ibnu Aqil Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Sedangkan analisis data Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan adalah contoh bagaimana istilah ini digunakan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1). Kepala sekolah SMK Ibnu Aqil dalam Meningkatkan citra sekolah sudah mencapai tahap yang baik dikarenakan kepala sekolah sudah mempunyai jiwa kompetensi manjerial dan sosial. 2). Kepala sekolah SMK Ibnu Aqil mampu memanfaatkan media sosial dengan baik dimana sekolah sudah menggunakan media sosial dalam setiap kegiatan dan kepala sekolah juga memanfaatkan media sosial untuk sarana komunikasi antar siswa guru maupun antar wali murid. 3). Pengelolaan pengembangan media sosial di sekolah SMK Ibnu Aqil terus dilakukan dengan di tunjuknya operator ahli IT yang selalu mengupgrade tampilan media sosial.

Article Details

How to Cite
Pranata, R., Priyatno, A. ., & Ramdhani, M. R. (2024). Kompetensi Kepala Sekolah dalam Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Membangun Citra Sekolah di SMK Ibnu Aqil Bogor. Karimah Tauhid, 3(6), 6457–6466. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13431
Section
Articles

References

Andriani, R. A. (2021). Meningkatkan Kualitas Guru Dalam Menguasai TIK Melalui Program Microsoft Partner in Learning (PiL) dan Aplikasi Moodle. Conference Series Journal, (Vol. 1, No. 1).

Ariyanti. (2020). school relations strategy with the community through utilizatiom of online applications in the digital era. internasional: ICITE.

Lukum. (2019). pendidikan 4.0 diera generasi z tantangan dan solusinya. universitas gorontalo: gorontalo,indonesia.

Martono, N. (2020). Strategi Bertahan SMA Swasta Pilihan Kedua Menghadapi Kompetensi Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Purwokwrto.

Mastuti, A. T. (2022). PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL DAN WEBSITE DI SMK . Jurnal Manajemen Pendidikan dan Keislaman, Surakarta.

mulawarman. (2020). problematika penggunaan internet . jakarta: kencana.

Nurhasanah. (2021). Manajemen Pemasaran Berbasis ICT Hubungannya. Digital Library, Bandung.

Ramdhani, M. R. (2015). Implementasi Pendidikan Life Skill Di Pesantren Pertanian Darul Fallah Bogor. Tadbir Muwahhid,, Bogor.

Rimawati, R. (2019). KOMPETENSI SOSIAL KEPALA SEKOLAH DI SMA. jakarta.

Rusmana, R. K. (2017). KOMUNIKASI DIGITAL BERBENTUK MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI . Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, Bandung.

Rusyanti. (2021). manajemen hubungan masyarakat dalam membangun citra sekolah. jurnal pendidikan.

Saudana. (2018). Fenomena conten creator di era digital.

Surahman. (2020). tantangan pembelajaran daring di indonesia. jurnal of islamiceducation management.

Suryaningsih, A. (2020). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi , Salatiga .

Susan, G. a. (2011). Sosial media marketing. United States.

Wahidin. (2020). Democratic, Authocratic, Bureaucratic and charismatik Leadership style.