Analisis Permasalahan Guru Terkait Alokasi Waktu, Media Pembelajaran dan Kurikulum Merdeka dalam Merancang RPP

Main Article Content

Shofia Saniah
Afridha Sesrita

Abstract

Dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI di SDN BojongKiharib. Subjek penelitian ini adalah Seorang guru dengan melakukan wawancara narasumber dan pegumpulan data primer berdasarkan hasil studi lapangan. Kurikulum Merdeka ini memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan kurikulum sebelumnya yaitu mendalam serta efektif dan interaktif, dan juga lebih sederhana,kurikulum ini memberikan kebebasan bagi guru untuk menyampaikan materi yang penting,bahkan memberikan ruang yang leluasa dan luas untuk memaksimalkan potensi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap permasalahan pembelajaran kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI. Metode penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif yaitu mengamati orang-orang disekitarnya, berinteraksi dengan mereka dan mencoba menginterprestasikan pendapat mereka untuk mempelajari kurikulum merdeka mata pelajaran PAI ini. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Seorang peneliti menemukan kendala dan permasalahan pada pembelajaran kurikulum merdeka mata pelajaran PAI. Ada kendala dalam pembelajaran PAI, yaitu kurang nya minat belajar PAI, karena mereka tidak bisa mencapai hafalan yang diberikan oleh guru, manajemen waktu yang singkat, sarana dan prasarana di sekolah juga kurang, Media adalah wadah atau tempat dimana bahan yang akan diajarkan dan tujuan yang ingin dicapai adalah untuk dipelajari. Oleh karena itu, Media pembelajaran itu penting dalam pembelajaran di sekolah.Pembelajaran dapat dijadikan sebagai motivator yang memberikan kesempatan terhadap guru dan siswa untuk berinovasi dan mandiri dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Guru mempunyai permasalahan ketika menggunakan pembelajaran kurikulum merdeka seperti guru tidak memiliki pengalaman dengan kurikulum merdeka, referensi yang terbatas, akses yang dimiliki dalam pembelajaran belum merata, manajemen waktu yang singkat.

Article Details

How to Cite
Saniah, S., & Sesrita, A. . (2024). Analisis Permasalahan Guru Terkait Alokasi Waktu, Media Pembelajaran dan Kurikulum Merdeka dalam Merancang RPP. Karimah Tauhid, 3(1), 880–890. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11417
Section
Articles

References

Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685–5699. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280

Hadza, C. N., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Development of Learning Media Based on Articulate Storyline. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 1(2), 80–85. https://doi.org/10.30997/ijar.v1i2.54

Irwanto, I., Nasution, Ali, S., & Sesrita, A. (2021). Pengaruh Penerapan Model IOC Berasosiasi Pendekatan Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas IV dalam Aspek Kognitif. 2(1).

Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360

Pionita, L., Sesrita, A., & Mawardini, A. (2022). E-Journal Skripsi Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di SDN Babakan Madang 01. Journal Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 167.

Ramianti, D., Bisri, H., & Sesrita, A. (2018). Pembiasaan Karakter Religius Siswa Melalui Implementasi Kegiatan Keagamaan. 11–12.

Sa’i, M., & Jinan, R. (2022). Media Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Gunung Djati Conference Series, 10, 399–407.

Seftiani, S., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sd Negeri the Influence of Teacher Professionalism on Student Motivation in State Primary School. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2).

Vidiarti, E., Zulhaini, Z., & Andrizal, A. (2019). Analisis Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Kurikulum 2013. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 102–112. https://doi.org/10.18860/jpai.v5i2.5858

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.