PROBLEMATIKA MENYUSUN DAN MENGEMBANGKAN RPP KURIKULUM 2013 DI SDN 1 CILEMBER
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena kurangnya pengetahuan guru dalam mengembangkan RPP, tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja kesulitan guru SD dalam menyusun dan mengembangkan RPP K13. Penelitian ini memakai metode kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data memakai metode wawancara, observasi dan studi literatur. Analisis yang dipergunakan penyusunan ini mencakup mengumpulkan daftar pustaka, membaca lalu menulis dari referensi artikel jurnal ilmiah. Buat pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Penelitian terdiri dari 2 orang guru kelas 3 dan 5 yang berasal dari SDN 1 Cilember kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Teknik pengumpulan data didapat melalui wawancara. Kesulitan yang dialami pengajar yaitu: Memahami komponen dalam RPP, merumuskan indikator pembelajaran, kurangnya perangkat pembelajaran, kurangnya pemahaman merumuskan indikator pencapaian pada siswa, memakai model & metode bervariasi yang sudah ditetapkan di RPP dan yang terakhir karena kurangnya fasilitas sarana dan prasarana dari sekolah tersebut. Sesuai dengan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengajar minim untuk mendapatkan pembinaan serta seminar tentang mengaplikasikan RPP yang menjadikan pengajar kesulitan dalam menyusun dan mengembangkan RPP. Solusinya adalah diperlukan untuk kepala sekolah yang memfasilitasi guru untuk ikut webinar atau pembinaan terkait menyusun dan mengembangkan RPP, agar guru lebih banyak pengalaman dan bisa mencari serta membaca banyak sekali literatur terkait RPP sehingga mendapatkan pengetahuan yang banyak.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alhikmah, R. N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Analisis Kesulitan Guru Matematika SMP dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 655–669. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.433
Angraini, L. M., Wahyuni, P., Astri Wahyuni, Dahlia, A., Abdurrahman, A., & Alzaber, A. (2021). Pelatihan Pengembangan Perangkat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bagi Guru-Guru di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 62–73. https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6665
Ernawati, E. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Kelas Melalui Mengembangkan Silabus Dan Menyusun RPP Dengan Standar Proses. NIAGAWAN, 8(2), 85. https://doi.org/10.24114/niaga.v8i2.14256
Evelyn Marbun, M., Masri Perangin Angin, L., Husna, N., Khairani Ritonga, R., & Anshari, S. (2022). Analisis Kesulitan yang Dialami Guru dalam Pembuatan RPP di SDN 060843 Medan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(4), 358–366. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i4.780
Irwanto, I., Nasution, S. A., & Sesrita, A. (2021). Pengaruh Penerapan Model IOC Berasosiasi Pendekatan Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas IV Dalam Aspek Kognitif. SITTAH: Journal of Primary Education, 2(1), 83–94. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i1.2459
Kamiludin, J. (2021). Pelaksanaan In House Training (IHT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun RPP. Jurnal Pedagogiana, 8(49). https://doi.org/10.47601/ajp.57
Mahlianurrahman, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 1. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.625
Sauri, A. S., Widyasari, W., & Sesrita, A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. TADBIR MUWAHHID, 2(1), 73. https://doi.org/10.30997/jtm.v2i1.1160
Seftiani, S., Sesrita, A., & Suherman, I. (2022). Pengaruh Profesionalitasme Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 125–138. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2486
Sesrita, A. (2017). Improved Understanding Of Concepts Throught CTL Association Think-Pair-Share Technique. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2). https://doi.org/10.30997/dt.v3i2.318
Sri Dadi, Yuliantini, N., & Setiono, P. (2020). Strategi Pengembangan RPP melalui Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(1). https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.10971