Mengelola Lembaga Pendidikan: Persepsi Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Adisa Fatyra Universitas Djuanda
  • Rusi Rusmiati Aliyyah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12193

Keywords:

Perspektif Guru, Mengelola Lembaga, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru Sekolah dasar (SD) terkait mengelola lembaga pendidikan di SD. Data yang dikumpulkan melalui google form yang diberikan kepada 15 guru dari beberapa sekolah yang berasal dari kabupaten yang berbeda. Metode yang digunakan adalah kuasi kualitatif dengan analisis data menggabungkan data pendekatan deduktif dan tematik. Hasil penelitian ini menemukan empat tema utama yaitu: kurikulum, keuangan, sarana prasarana, dan komite sekolah dalam mengelola lembaga pendidikan SD. Penelitian menyimpulkan bahwa Mengelola lembaga pendidikan SD memerlukan pendekatan holistik yang melibatkan perencanaan yang matang menjadi kunci untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang optimal. Transparansi, partisipasi, dan keterlibatan aktif dari semua pihak terkait sangat penting untuk mencapai keberhasilan dalam mengelola lembaga pendidikan SD.

References

Aliyyah, R. R., Rasmitadila, Gunadi, G., Sutisnawati, A., & Febriantina, S. (2023). Perceptions of elementary school teachers towards the implementation of the independent curriculum during the COVID-19 pandemic. Journal of Education and E-Learning Research, 10(2), 154–164. https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i2.4490

Rahayu, M. (2015). Pelaksanaan Standar Pengelolaan Pendidikan Di Sekolah Dasar Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4929

Zahra, E. L. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.21009/jmp.v4i1.2417

Aliyyah, R. R., Lutfah, S. A., & Lathifah, Z. K. (2017). Pengelolaan Tenaga Pendidik Pada Sekolah Dasar. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 75. https://doi.org/10.30997/dt.v4i2.921

Rahayu, M. (2015). Pelaksanaan Standar Pengelolaan Pendidikan Di Sekolah Dasar Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4929

Analisna, A., Umi Zarhasih, U., Mubarok, R., & Sadad, R. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengelola Iklim Sekolah Di Lembaga Pendidikan Dasar. An-nadzir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 65–75. Https://Doi.Org/10.55799/Annadzir.V1i01.246

Karlina, N., Muliadi, M., & Sudarto, S. (2021). Analisis Peran Komite Sekolah Dalam Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Di SD Gugus V Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 22. Https://Doi.Org/10.26858/Pjppsd.V1i1.22960

Kurnia, A. (2022). Pengelolaan Manajemen Keuangan Pada Lembaga Pendidikan SD Negeri 5 Jaten Di Karanganyar Jawa Tengah. Ta’lim, 4(2). Https://Doi.Org/10.36269/Tlm.V4i2.1131

Meilisafitri. (2023). Strategi Pengembangan Potensi Guru Terhadap Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Center For Open Science. Http://Dx.Doi.Org/10.31219/Osf.Io/Y4hkc

S,Andra Novrianto. (2019). Kontribusi Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Center For Open Science. Http://Dx.Doi.Org/10.31227/Osf.Io/Rxs6w

Setiyadi, B., & Rahmalia, R. (2022). Implementasi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Dalam Mengelola Lembaga Pendidikan. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(3). Https://Doi.Org/10.30998/Sap.V6i3.12017

Ismiatun, S. R., Neliwati, N., & Ginting, B. S. (2022). Implementasi Manajemen Kurikulum di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 965–969. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2102

Rahmah, N. (2016). Prinsip-Prinsip manajemen Keuangan Sekolah. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 73–77. https://doi.org/10.24256/kelola.v1i1.430

Herlinawati, R., Dyah Lyesmaya, & Luthfi Hamdani Maula. (2023). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Berbasis Kolaborasi Sekolah Dan Komite Sekolah Di SD Negeri Bantar Jati. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5139–5150. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1163

Aliyyah, R. R., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Oktaviany, V. (2021). Manajemen Berbasis Sekolah : Optimalisasi mutu pendidikan. TADBIR MUWAHHID, 5(1), 47. https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.4046

Suyitno. (2021). Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dan Peran Komite Terhadap Efektivitas Manajemen berbasis Sekolah. Center for Open Science. http://dx.doi.org/10.35542/osf.io/h9r2q

Susanti, P., & Nafi’ah, B. A. (2023). Pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (bos) di sd negeri sendangharjo ngasem kabupaten bojonegoro. Jurnal pendidikan dasar, 13(2), 123–132. Https://doi.Org/10.21009/jpd.V13i2.34167

Downloads

Published

2024-03-05

How to Cite

Fatyra, A., & Aliyyah, R. R. (2024). Mengelola Lembaga Pendidikan: Persepsi Guru Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(3), 3820–3837. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12193
Abstract viewed = 9 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>