Mengelola Lembaga Pendidikan: Persepsi Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12193Keywords:
Perspektif Guru, Mengelola Lembaga, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru Sekolah dasar (SD) terkait mengelola lembaga pendidikan di SD. Data yang dikumpulkan melalui google form yang diberikan kepada 15 guru dari beberapa sekolah yang berasal dari kabupaten yang berbeda. Metode yang digunakan adalah kuasi kualitatif dengan analisis data menggabungkan data pendekatan deduktif dan tematik. Hasil penelitian ini menemukan empat tema utama yaitu: kurikulum, keuangan, sarana prasarana, dan komite sekolah dalam mengelola lembaga pendidikan SD. Penelitian menyimpulkan bahwa Mengelola lembaga pendidikan SD memerlukan pendekatan holistik yang melibatkan perencanaan yang matang menjadi kunci untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang optimal. Transparansi, partisipasi, dan keterlibatan aktif dari semua pihak terkait sangat penting untuk mencapai keberhasilan dalam mengelola lembaga pendidikan SD.
References
Aliyyah, R. R., Rasmitadila, Gunadi, G., Sutisnawati, A., & Febriantina, S. (2023). Perceptions of elementary school teachers towards the implementation of the independent curriculum during the COVID-19 pandemic. Journal of Education and E-Learning Research, 10(2), 154–164. https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i2.4490
Rahayu, M. (2015). Pelaksanaan Standar Pengelolaan Pendidikan Di Sekolah Dasar Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4929
Zahra, E. L. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.21009/jmp.v4i1.2417
Aliyyah, R. R., Lutfah, S. A., & Lathifah, Z. K. (2017). Pengelolaan Tenaga Pendidik Pada Sekolah Dasar. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 75. https://doi.org/10.30997/dt.v4i2.921
Rahayu, M. (2015). Pelaksanaan Standar Pengelolaan Pendidikan Di Sekolah Dasar Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4929
Analisna, A., Umi Zarhasih, U., Mubarok, R., & Sadad, R. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengelola Iklim Sekolah Di Lembaga Pendidikan Dasar. An-nadzir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 65–75. Https://Doi.Org/10.55799/Annadzir.V1i01.246
Karlina, N., Muliadi, M., & Sudarto, S. (2021). Analisis Peran Komite Sekolah Dalam Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Di SD Gugus V Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 22. Https://Doi.Org/10.26858/Pjppsd.V1i1.22960
Kurnia, A. (2022). Pengelolaan Manajemen Keuangan Pada Lembaga Pendidikan SD Negeri 5 Jaten Di Karanganyar Jawa Tengah. Ta’lim, 4(2). Https://Doi.Org/10.36269/Tlm.V4i2.1131
Meilisafitri. (2023). Strategi Pengembangan Potensi Guru Terhadap Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Center For Open Science. Http://Dx.Doi.Org/10.31219/Osf.Io/Y4hkc
S,Andra Novrianto. (2019). Kontribusi Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Center For Open Science. Http://Dx.Doi.Org/10.31227/Osf.Io/Rxs6w
Setiyadi, B., & Rahmalia, R. (2022). Implementasi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Dalam Mengelola Lembaga Pendidikan. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(3). Https://Doi.Org/10.30998/Sap.V6i3.12017
Ismiatun, S. R., Neliwati, N., & Ginting, B. S. (2022). Implementasi Manajemen Kurikulum di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 965–969. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2102
Rahmah, N. (2016). Prinsip-Prinsip manajemen Keuangan Sekolah. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 73–77. https://doi.org/10.24256/kelola.v1i1.430
Herlinawati, R., Dyah Lyesmaya, & Luthfi Hamdani Maula. (2023). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Berbasis Kolaborasi Sekolah Dan Komite Sekolah Di SD Negeri Bantar Jati. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5139–5150. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1163
Aliyyah, R. R., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Oktaviany, V. (2021). Manajemen Berbasis Sekolah : Optimalisasi mutu pendidikan. TADBIR MUWAHHID, 5(1), 47. https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.4046
Suyitno. (2021). Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dan Peran Komite Terhadap Efektivitas Manajemen berbasis Sekolah. Center for Open Science. http://dx.doi.org/10.35542/osf.io/h9r2q
Susanti, P., & Nafi’ah, B. A. (2023). Pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (bos) di sd negeri sendangharjo ngasem kabupaten bojonegoro. Jurnal pendidikan dasar, 13(2), 123–132. Https://doi.Org/10.21009/jpd.V13i2.34167
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adisa Fatyra; Rusi Rusmiati Aliyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.