Kewirausahaan Pendidikan: Pengelolaan Raudhatul Jannah Mart Pada Lembaga Pendidikan

Main Article Content

Dhiya Ulfah Fathin
Rusi Rusmiati Aliyyah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh strategi pemasaran RJ Mart yang berfokus pada pemahaman kebutuhan pelanggan di sekitar lingkungan sekolah. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Terdiri dari 15 responden yang dilaksanakan di SD IT Raudlatul Jannah yang bertepatan di jalan Veteran III RT03/RW 03, Banjar Wangi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuasi kualitatif. Analisis data dilakukan dengan pendekatan deduktif dan tematik menggunakan program NVIvo 12 yang diperoleh empat tema utama: strategi, faktor pendukung, tantangan dan manfaat. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Melalui media sosial, program diskon, dan pemasangan banner sebagai alat utama mencapai target pemasaran, serta mengidentifikasi peran faktor pendukung seperti dukungan yayasan dan keterlibatan orang tua, guru, dan karyawan. Penelitian juga mengulas respons proaktif dan adaptasi efisien RJ Mart terhadap tantangan seperti perbedaan kebijakan dan perubahan tren. Dengan mengevaluasi manfaat yang diperoleh, seperti penghematan uang dan dampak positif pada pola makan, penelitian ini mengonfirmasi peran signifikan RJ Mart dalam mendukung komunitas pendidikan serta menyediakan wawasan strategis bagi kelangsungan RJ Mart.

Article Details

How to Cite
Fathin, D. U. ., & Aliyyah , R. R. . (2024). Kewirausahaan Pendidikan: Pengelolaan Raudhatul Jannah Mart Pada Lembaga Pendidikan. Karimah Tauhid, 3(3), 3856–3873. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12191
Section
Articles

References

Aliyyah, R. R., & Abdurakhman. (2016). Pengelolaan Kelas Rendah Di SD Amaliah Ciawi Bogor. Jurnal Sosial Humaniora, 7(2), 81–95.

Annisa, N. F., & Dwi, M. I. (2018). Analisis Strategi Promosi pada UMKM Social Enterprise (Studi Kasus Pascorner Cafe and Gallery). Jurnal Komunikasi, 12(2), 101–112. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol12.iss2.art1

Auliani, R., Ramadhani, D. A., Tasya, L., & Keling, M. (2024). Tantangan Dalam Pengelolaan Bisnis Kewirausahaan. 3(1).

Chrismardani, Y. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu : Implementasi Untuk Umkm. Neo-Bis, 8(2), 179–189. https://doi.org/10.21107/NBS.V8I2.472

Ekawati, P. A. D. T. D. N. W. (2017). Pengaruh Kepuasan Konsumen Memediasi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Berbelanja Pada Florists Online Di Denpasar. Udayana University Management E-Journal, 6(4), 255298.

Fadillah, A., & Syarif, R. (2013). Pengaruh Program Diskon Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1(1), 77–84. https://doi.org/10.37641/jimkes.v1i1.256

Imam, H. (2015). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(2), 80–101. https://core.ac.uk/download/pdf/234663443.pdf

Isrososiawan, S. (2013). Peran Kewirausahaan Dalam Pendidikan. Society, 4(1), 26–49. https://doi.org/10.20414/society.v4i1.329

Joesoef, H. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Online Berdasarkan Faktor Diskon, Program Pengiriman Gratis, Dan Pelayanan. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 4(1), 180–189. https://doi.org/10.37481/sjr.v4i1.261

Made, R. H., & Gede, S. D. (2021). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Bisnis Corporate, 6(1), 11–18. https://doi.org/10.46576/jbc.v6i1.1484

Raisya, A., & Aliyyah, R. R. (2023). Pembelajaran Anti Perundungan : Persepsi Guru Kelas Rendah pada Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(5), 3022–3047.

Rifa’i, M., Totok, S., & Indrihastuti, P. (2019). Meningkatkan Keunggulan Bersaing Produk Dengan Inovasi dan Orientasi pada Usaha Sektor Industri Kreatif di Kota Malang. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf

Rizma, S., & Aliyyah, R. R. (2023). Strategi Guru Dalam Mengatasi Perundungan di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(1), 2870–2890. https://doi.org/10.61798/wjpe.v1i1.1

Sari, R., Sayadi, M. H., & Hildayanti, S. K. (2020). Pelatihan dalam Menghadapi Tantangan Usaha Kecil di Era Digital pada Pelaku Usaha Kecil di Kenten Palembang. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 87–92.

Wijaya, H., Alwi, M. K., & Baharuddin, A. (2021). Analisis Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Dalam Pengelolaan Limbah Medis Rumah Sakit Islam Hasanah Muhammadiyah Mojokerto Di Masa Pandemi covid-19. Journal of Muslim Community Health (JMCH), 2(1), 36–51.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>