Pusat Sumber Belajar: Persepsi Guru Tentang Pengembangan Perpustakaan Sekolah Dasar

Main Article Content

Hasna Dwi Rahmawati
Rusi Rusmiati Aliyyah

Abstract

Perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar yang wajib dimiliki oleh setiap sekolah maupun perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan yang dianalisis dan mendeskripsikan situasi yang berkaitan dengan permasalahan tersebut. Data dikumpulkan melalui google form terhadap 15 guru sekolah dasar di SDN Cilangkap 2 kota Depok di provinsi Jawa Barat. Analisis data menggunakan analisis deduktif dan tematik. Hasil penelitian diperoleh empat tema utama: strategi, tantangan, manfaat, dan peran penting dalam pengelolaan perpustakaan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa perpustakaan memegang peranan yang sangat penting di setiap sekolah. Perpustakaan memiliki banyak bahan bacaan sehingga memotivasi siswa untuk membaca. Oleh karena itu diperlukan fasilitas dan pendanaan yang memadai untuk mengelola perpustakaan sebagai pusat sumber belajar. Penelitian ini berkontribusi untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi guru dan siswa atas rendahnya fasilitas perpustakaan yang representatif.

Article Details

How to Cite
Rahmawati, H. D. ., & Aliyyah, R. R. (2024). Pusat Sumber Belajar: Persepsi Guru Tentang Pengembangan Perpustakaan Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(2), 1555–1571. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11815
Section
Articles

References

Abdillah, A., Oka Prastio, L., & Nur Effendi, S. (2021). Analisis Alienasi Sosial Karl Marx dalam Kebijakan Sistem Pemagangan Nasional Indonesia. Jurnal Identitas, 1(2), 48–61. https://doi.org/10.52496/identitas.v1i2.155

Agustina, L., Arffianto, A., Khalishah, S. H., Indarwati, L., Putri, D. R., El-Majid, S. E., Rahayu, K. S., Nurleli, D. Y., Agung, W., & Sholihah, I. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10771

Aliyyah, R. R. (2019). Manajemen Lembaga Pendidikan. Polimedia Publishing. Jakarta.

Aliyyah, R. R, & Abdurakhman, O. (2016). Pengelolaan Kelas Rendah di SD Amaliah Ciawi Bogor. Jurnal Sosial Humaniora, 7(2), 81–95.

Aliyyah, R. R., Rasmitadila, Gunadi, G., Sutisnawati, A., & Febriantina, S. (2023). Perceptions of Elementary School Teachers Towards the Implementation Of The Independent Curriculum During The COVID-19 Pandemic. Journal of Education and E-Learning Research, 10(2), 154–164. https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i2.4490

Aliyyah, R. R., Subasman, I., Herawati, E. S., & Oktaviany, V. (2021). Manajemen Berbasis Sekolah: Optimalisasi Mutu Pendidikan. Tadbir Muwahhid., 5(1), 47–67.

Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Mulyadi, D., Ikhwan, S., & Prananosa, A. G. (2019). Manajemen Kesiswaan Pada Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 29–41.

Artana, I. K. (2015). Perpustakaan, Masyarakat, dan Pembudayaan Gemar Membaca. Jurnal Ilmiah Perpustakaan Dan Informasi.

Aulawi, H. (2017). Peningkatan Motivasi Belajar Dipengaruhi Oleh Lingkungan Kampus. Jurnal Administrasi Kantor, 5(1), 115–122.

Daris, D., Fikri, F., & Wildan, W. (2021). Pengelolaan Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Desa Malapari Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batanghari. In Jurnal Pendidikan Dosen dan Guru (Vol. 01, Issue 01). https://jurnal.pcpergunubatanghari.com/index.php/jpdg/article/view/2

Dewangga, F. M., & Setyaningtyas, E. W. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5.

Haryono, D., Indriyani, I., & Rivai, A. (2023). Pengelolaan Perpustakaan Provinsi Sulawesi Tengah. Indonesian Journal of Politics and Policy, 5(1). https://journal.unsika.ac.id/index.php/IJPP

Hidayat, D., Rosidah, Z., Retnasary, M., & Suhadi, M. (2019). Nilai-nilai Kearifan Lokal Pada Unsur Naratif dan Sinematik Film Jelita Sejuba. ProTVF:Jurnal Kajian Televisi Dan Film , 3(2), 113–125.

Hidayati, S., Botifar, M., & Khair, U. (2021). Strategi Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dalam Mengembangkan Minat Membaca Siswa di Madrasah Ibtidaiyah. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 151. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i2.3557

Huda, I. C. (2020). Peranan Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1). https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Hutagalung, D. D., & Arif, F. (2018). Rangan Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis WEB Pada SMK Citra Negara Depok. In Jurnal Rekayasa Informasi (Vol. 7, Issue 1). http://www.php.net.

Jailani, M. S., & Hamid, A. (2016). Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Karakter Peserta Didik (Ikhtiar optimalisasi Proses Pembelajaran Pendidi-kan Agama Islam (PAI)). Jurnal Pendidikan Islam, 10(2). http://journal.walisongo.ac.id/index.php/

Khairullah, I. A., Saufa, A. F., Ma’arif, A. S., Septiawan, T. A., Nuraini, N., & Salma, S. (2021). Analisis Minat Baca dan Minat Kunjung Perpustakaan: Studi Kasus Siswa MTs Negeri 3 Klaten. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 2(2), 68–78.

Madini, S., & Bataha, K. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Perpustakaan di SMP Dharma Wanita 9 Taman. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. https://doi.org/10.5281/zenodo.10087322

Megananda, A. E. W. C., & Dwijayanti, R. (2023). Pengaruh Perbaikan Pelayanan Perpustakaan Dalam Peningkatan Minat Baca Siswa-Siswi di SMP Kartini Taman. Jurnal Suara Pengabdian, 45(2). https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v2i2.798

Rakhmat, O: Hidayat, A., & Yogyakarta, U. N. (2015). Peran Warga Sekolah Dalam Memanfaatkan Perpustakaan Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa di SD Negeri Gembongan.

Rofiah, C., Pgri, S., Jombang, D., & Bungin, B. (2021). Qualitative Methods: Simple Research with Triangulation Theory Design.

sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Rimba Sastra Sasmita (Vol. 1).

Seniani, N. W., Numertayasa, I. W., & Sudirman, I. N. (2023). Pemanfaatan Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa di SD Negeri 1 Menanga. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 5(1), 17.

Susilowati, S. (2016). Meningkatkan Kebiasaan Membaca Buku Informasi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru.

Syarif, I., & Elihami, E. (2020). Pengadaan Taman Baca dan Perpustakaan Keliling Sebagai Solusi Cerdas Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SDN 30 Parombean Kecamatan Curio.

utami, R. D., Wibowo, D. C., & Susanti, Y. (2018). Analisis MinatMembaca Siswa Pada Kelas Tinggi di Sekolah Dasar Negeri 01 Belitang.

Widyasari, W., Mari i, A., Aliyyah, R. R., Gafar, A. A., & Ruhimat, R. (2021). Fungsi Pendidikan dan Penelitian pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6).

Willya, A. R., Luthfiyyah, A., Simbolon, P. C., & Marini, A. (2023). Peran Media Pembelajaran Komik Digital Untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. In JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora (Vol. 2, Issue 3). https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>