Pembelajaran Daring: Persepsi Mahasiswa Semester Ahkir

Main Article Content

Siti Nursafinah
Rusi Rusmiati Aliyyah

Abstract

Pembelajaran daring ialah sebuah upaya yang diterapkan oleh mahasiswa dan dosen pada aktivitas belajar dan mengajar saat waktu pandemi COVID-19 sampai saat ini. Tujuan dari penelitian ini ialah guna memahami dan mendapatkan pengetahuan lebih lanjut mengenai persepsi mahasiswa akhir prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Universitas Djuanda terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran secara daring. Metode penelitian yang dipakai yaitu metode kualitatif serta data dikumpulkan dengan melalui pengisian google form oleh 15 mahasiswa semester akhir, kemudian hasil jawaban dari seluruh responden tersebut dijadikan kode dengan kata kunci yang akan dimasukan kedalam aplikasi NVivo 12. Hasil penelitian menyatakan bahwa terkandung enam tema utama pada proses kegiatan pembelajaran daring yaitu (1) manfaat adanya kegiatan pembelajaran daring bagi mahasiswa, (2) hambatan dalam melaksanakan pembelajaran daring di kelas, (3) dampak positif diberikannya pembelajaran secara daring, (4) dampak negatif pembelajaran secara daring, (5) saran untuk kegiatan pembelajaran daring yang dilaksanakan oleh dosen, (6) dan strategi yang digunakan oleh mahasiswa ketika melaksanakan proses pembelajaran secara daring. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa semester akhir tentang pelaksanaan pembelajaran daring mendapatkan apresiasi yang baik dari para mahasiswa.

Article Details

How to Cite
Nursafinah, S., & Aliyyah, R. R. (2024). Pembelajaran Daring: Persepsi Mahasiswa Semester Ahkir. Karimah Tauhid, 3(2), 1833–1859. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11950
Section
Articles

References

Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Wati, N. M. S. (2021). Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 43. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32803

Akhiar, & Muazzinah. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Saat Pandemi COVID-19 di Universitas Islam Negeri (UIN Ar-Raniry) Banda Aceh. AL-IJTIMA`I: International Journal of Government and Social Science, 7(1), 13–26.

Aliyyah, R. R., Ayuntina, D. R., Herawati, E. S. B., Suhardi, M., & Ismail. (2020). Using of Contextual Teaching and Learning Models To Improve Students Natural Science Learning Outcomes. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 1(2), 65–79. https://doi.org/10.30997/ijar.v1i2.50

Aliyyah, R. R., Rasmitadila, Gunadi, G., Sutisnawati, A., & Febriantina, S. (2023). Perceptions of elementary school teachers towards the implementation of the independent curriculum during the COVID-19 pandemic. Journal of Education and E-Learning Research, 10(2), 154–164. https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i2.4490

Aliyyah, R. R., Rasmitadila, Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The Perceptions of Primary School Teachers of Online Learning during the COVID-19 Pandemic Period : A Case Study in Indonesia. Journal Of Ethnic And Cultural Studies, 7(2), 90–109. https://www.jstor.org/stable/48710085

Aliyyah, R. R., Reza, R., Subandowo, M., Rasmitadila, & Humaira, Megan AsriAchmad Samsudin, M. N. (2020). Use of Blended Learning with Moodle: Study Effectiveness in Elementary School Teacher Education Students during The COVID-19 pandemic. International Journal of Advanced Science and Technology, 29, 7(May), 3272–3277. https://www.researchgate.net/profile/Achmad-Samsudin/publication/341724918_Use_of_Blended_Learning_with_Moodle_Study_Effectiveness_in_Elementary_School_Teacher_Education_Students_during_The_COVID-19_pandemic/links/5ed081c0299bf1c67d26f334/Use-of-Blended-L

Badrudin, A. R., Ginanjar, M. H., & Wartono, W. (2020). the Effectiveness of Online Based Learning During the Covid-19 Pandemic At Private School in Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(02), 480. https://doi.org/10.30868/ei.v9i02.909

Braun, C. (2019). Reflecting On Reflexive Thematic Analysis. Qualitative Research In Sport, Exercise And Health, 589–597.

Buton, S., Soumokil, A., & Tuharea, J. (2022). Manfaat Pembelajaran Daring dalam Menciptakan Proses Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi di SMP Negeri 20 Ambon. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5118–5124.

Miles. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. Personnel Research Journal, 485–487.

Murzal, & Ridwan. (2021). Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID 19: Telaah Terhadap Implementasi Daring di MI Fathul Akbar NW Tempos Desa Banyu Urip. El Midad, 13(2), 86–100. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/4338

Putra, A. P., & Malini, H. (2022). Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Saat Dan Pasca Pandemi Covid-19. Intersections, 7(1),39–47. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/intersections/article/view/1138

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ). Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi , 6(1), 214–224.

Simmons, K. B. (2014). The Triangulation Method Of Stadia Transit Topographic Surveying Adapted To Landscape Architecture (Issue February). Unitedcstates Of America: University Of Massachusetts Amherst.

Sumaryo, I., & Soedjarwo. (2021). Strategi Pembelajaran Daring Yang Efektif Di Pendidikan Formal Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(3), 719–733.

Turdjai. (2016). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Triadik, 17–29.

Wulandari, L. (2021). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Keberhasilan Belajar. Wawasan Pendidikan, 1(1), 135–139.

Yohanda, R. (2020). Metode Studi Kasus : Upaya-Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 14 Pekanbaru. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 19(1), 113–130. https://doi.org/10.15408/kordinat.v19i1.17178

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>