Peran Komite Sekolah : Persepsi Guru Sekolah Dasar tentang Pengembangan Mutu Pendidikan

Main Article Content

Siti Sayidah Napisah
Rusi Rusmiati Aliyyah

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peranan komite sekolah sebagai sarana untuk pengembangan mutu pendidikan berdasarkan persepsi guru Sekolah Dasar (SD). Data diperoleh melalui wawancara dan pengisian kuisioner melalui google form terhadap 15 guru Sekolah Dasar (SD) di 3 kecamatan di kabupaten Bogor. Analisis data menggunakan kualitatif dengan menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian terdapat empat tema yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu urgensi, tantangan, manfaat dan strategi dalam pengelolaan komite sekolah. Penelitian menyimpulkan bahwa berdasarkan persepsi guru, komite sekolah memiliki peranan penting untuk memastikan proses pembelajaran berjalan secara efektif dan mendorong pengembangan mutu pendidikan. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk mendorong orang tua dan masyarakat sekitar agar terlibat dan ikut berpartisipasi secara aktif dalam pengembangan pendidikan yang berkualitas.

Article Details

How to Cite
Napisah, S. S., & Aliyyah, R. R. (2024). Peran Komite Sekolah : Persepsi Guru Sekolah Dasar tentang Pengembangan Mutu Pendidikan. Karimah Tauhid, 3(4), 4044–4061. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12202
Section
Articles

References

Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Sri, E., Herawati, B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran Efforts Toimprove the Science Learning Results Through the Use of Learning Video Media. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54–71.

Aliyyah, R. R., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Oktaviany, V. (2021). Manajemen Berbasis Sekolah : Optimalisasi Mutu Pendidikan. Tadbir Muwahhid, 5(1), 47. https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.4046

Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Mulyadi, D., Ulfah, S. W., & Rahmah, S. (2019). Guru Berprestasi Sumber Daya Manusia Pengembang Mutu Pendidikan Indonesia. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 157–165. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.957

Amerta, I. P. E., Sudjarwo, & Ambarita, A. (2015). Peran komite sekolah dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, FKIP Unila, 3(1). https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/26797

Basith, A., & Rahmawati, D. I. (2020). Kontribusi Kinerja Komite Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Sarana Prasarana Pendidikan. Abdul Basith & Indriana R., Kontribusi Kinerja …, 5(1), 14–25. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jmpi/index

Bisri, A. M. (2020). Studi Analisis Komite Sekolah/Madrasah dalam Mengawal Kualitas Pendidikan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 51–64. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.31

Dwi, *, Wulan, J., Wulan, D. J., Mustoip, S., & Hidayati, N. (2023). Strategi Komunikasi Dalam Pembentukan Organisasi Komite Sekolah di TK Negeri Sendang Kabupaten Cirebon. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 1(3), 177–195. https://e-journal.nalanda.ac.id/index.php/TUTURAN/article/view/411

Irawan, E., Nurhadi, N., & Yuhastina, Y. (2021). Peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan: Studi pada SMP Negeri 1 Surakarta. Jipsindo, 8(1), 15–28. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i1.38533

Lubis, M., Amin, A., & Alimini, A. (2019). Partisipasi Komite Sekolah Dalam Pencapaian Efektivitas Manajemen Sekolah Dasar. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(2), 359–372. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/2669

Majir, A. (2018). Rekonstruksi Hubungan Komite Sekolah Dan Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(2), 223–231. http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jpkm/article/view/173

Megawaty, D. A., Setiawansyah, S., Alita, D., & Dewi, P. S. (2021). Teknologi dalam pengelolaan administrasi keuangan komite sekolah untuk meningkatkan transparansi keuangan. Riau Journal of Empowerment, 4(2), 95–104. https://doi.org/10.31258/raje.4.2.95-104

Nurafni, K., Saguni, F., & Hasnah, S. (2022). Pengaruh Kinerja Komite Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1(1), 44–68. https://doi.org/10.24239/jimpi.v1i1.901

Nursanti, R., Dwikurnaningsih, Y., & Mawardi, M. (2020). Evaluasi Kinerja Komite Sekolah di Sekolah Dasar Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 73–85. https://doi.org/10.24246/j.jk.2020.v7.i1.p73-85

Raberi, A., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Al-Qiyam, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v1i1.123

Ramadhan, R. A., & Torro, S. (2022). Peran Komite Sekolah terhadap Pelaksanaan Sekolah Ramah Anak di SMPN 2 Parepare. Pinisi Journal of Sociology Education Review, 2(1), 65–73.

Sukadi, S., Sumardjoko, B., & Fathoni, A. (2022). Pengembangan Peran Penghubung Komite Sekolah Smk Negeri 2 Wonogiri. https://eprints.ums.ac.id/id/eprint/97559%0Ahttps://eprints.ums.ac.id/97559/2/11. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Supardi, S., Qurtubi, A., & Fatoni, H. (2023). Kemitraan Sekolah dan Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP IT Raudhatul Jannah Cilegon. Journal on Education, 5(4), 11196–11203. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2053

Syawal, J., & Noho, M. (2020). Implementasi Kinerja Komite Sekolah di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Oba Utara Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(2), 124. https://doi.org/10.30984/jii.v14i2.1185

Wibowo, S. B., Sutama, M. P., & Fathoni, A. (2019). Kinerja Komite Sekolah Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SD Negeri 5 Lebak, Kecamatan Grobogan. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/70120

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>