Penggunaan Metode Pembelajaran Tebak Kata untuk Meningkatkan Keaktifan Diskusi Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas III

Main Article Content

Amanda Nur Maulidya
Rusi Rusmiati Aliyyah
Gugun Gunadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana penggunakan metode tebak kata dalam meningkatkan keaktifan diskusi siswa dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup kelas III di MI Tarbiyatul Falah. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan prosedur penelitian PTK Model Kemmis & McTaggart yang mana model ini memfokuskan pada perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data diambil menggunakan observasi dan kuisioner berupa angket. Penelitian dilakukan pada peserta didik kelas III di MI Tarbiyatul Falah dengan jumlah responden sebanyak 25 peserta didik yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah 80% peserta didik aktif dalam diskusi pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada pra siklus peserta didik yang aktif selama pembelajaran hanya sebanyak 15 dari 25 peserta didik dengan persentase 60% peserta didik aktif. Pada siklus I terdapat kenaikan keaktifan  sebesar 26% dengan rincian sebanyak 19 dari 25 peserta didik dengan presentase 76% peserta didik aktif. Pada siklus II terdapat kenaikan keaktifan sebesar 12% dengan rincian sebanyak 22 dari 25 peserta didik dengan persentase 88%  peserta didik aktif. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian penggunaan metode tebak kata dalam meningkatkan keaktifan diskusi pada kelas III MI Tarbiyatul Falah, Tajur, kec, Citeureup, Kab. Bogor dinyatakan berhasil sesuai dengan tahapannya.

Article Details

How to Cite
Maulidya, A. N., Aliyyah, R. R., & Gunadi, G. (2024). Penggunaan Metode Pembelajaran Tebak Kata untuk Meningkatkan Keaktifan Diskusi Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas III . Karimah Tauhid, 3(2), 1417–1434. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11763
Section
Articles

References

Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Sri, E., Herawati, B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran Efforts Toimprove the Science Learning Results Through the Use of Learning Video Media. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54–71.

Aliyyah, R. R., Puteri, F. A., & Kurniawati, A. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 126. https://doi.org/10.30997/jsh.v8i2.886

Aliyyah, R. R., Saraswati, S., Ulfah, S. W., & Ikhwan, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Media Video Pembelajaran. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 317. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.317-326.2021

Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, A., & Nafia’ah, N. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28081

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236

Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 8, Issue 9).

Subasman, I., Widiantari, D., & Aliyyah, R. R. (2021). Peran Umpan Balik Pembimbing dalam Keberhasilan Tesis Mahasiswa Pascasarja. 5(1), 17–25.

Yuliani, Y. (2020). Implementasi Metode Tebak Kata Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Serut 06 Tahun Pelajaran 2019 ….

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>