Pengembangan Dosen di Negara Finlandia, Amerika Serikat dan Korea Selatan
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengembangan dosen di negara Finlandia, Amerika Serikat dan Korea Selatan diantaranya bagaimana strategi, manfaat, hambatan, dan tantangan mengenai dosen di negara Finlandia, Amerika Serikat dan Korea Selatan. Penelitian ini menggunakan kajian kepustakaan dan mengidentifikasi, mengevaluasi, dan membuat tema dengan menggunakan analisis induktif dan tematik yang dibahas dalam jurnal. Hasil penelitian ini menjabarkan bahwa pengembangan dosen di negara Finlandia, Amerika Seikat dan Korea Selatan yang terdiri dari strategi, manfaat, hambatan, dan tantangan sangat berpengaruh terhadap proses pengembangan dosen. Penelitian ini berkontribusi pada pemecahan masalah pengembangan dosen di negara Finlandia, Amerika Serikat dan Korea Selatan, sehingga dapat di implementasikan di negara Indonesia.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aliyyah, R. R., Lutfah, S. A., & Lathifah, Z. K. (2017). Pengelolaan Tenaga Pendidik pada Sekolah Dasar. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 75-86.
Aliyyah, R. R., Humaira, M. A., Ulfah, S. W., & Ichsan, M. (2020). Guru Berprestasi: Penguatan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sosial
Humaniora, 11(1), 59-64.
Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solving Untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. AlJabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 122–129
Afriliani, Mae, ‘Sistem Pendidikan Negara Indonesia Yang Tertinggal Dari Korea Selatan Dan Perbandingan Sistem Pendidikannya’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5.1 (2021), 1534–43
Braun, V., & Clarke, V. (2019). Reflecting on reflexive thematic analysis. Qualitative Research in Sport, Exercise and Health, 11(4), 589–597
HM, Muhammad Anwar, ‘Inovasi Sistem Pendidikan’, Inspiratif Pendidikan, 7.2 (2018), 161
Leni, N. (2019, November). Faktor Yang Membuat 7 Negara (Finlandia, Korea Selatan, Hongkong, Jepang, Singapura, Belanda, Kanada) Diakui Memiliki Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia dalam Kajian Antropologi dan Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 2, No. 2, pp. 219-229).
Mardjuki, M. S., Potradinata, S. L. A., & Gusman, A. A. (2017). Secret To Finland’s Education Success : A Reflection For Education In Indonesia (A Literature Review).
Ulfatin, N. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan: Teori Dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative.
Wulandari, D., & Noviani, D. (2023). Sistem Pendidikan Korea Selatan Dan Indonesia. Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII), 1(1), 17-32.