Analisis Pemahaman dan Respon Mahasiswa Terhadap Implementasi Learning Management System Di Universitas Djuanda

Main Article Content

Afuza Fauziah
Rusi Rusmiati Aliyyah

Abstract

Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi di dunia pendidikan tinggi, penggunaan Learning Management System (LMS) menjadi semakin merajalela. Universitas Djuanda sebagai lembaga pendidikan tinggi turut mengadopsi LMS sebagai bagian integral dari sistem pembelajaran mereka. Namun, untuk memastikan efektivitasnya, penting untuk memahami sejauh mana mahasiswa memahami dan merespons implementasi LMS. Pemahaman dan respon mahasiswa terhadap LMS menjadi faktor kunci dalam menentukan keberhasilan integrasi teknologi ini dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki tingkat pemahaman mahasiswa terkait LMS, sekaligus mengidentifikasi respons mereka terhadap penggunaan sistem ini di Universitas Djuanda. Melalui pemahaman mendalam terhadap persepsi dan pengalaman mahasiswa, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan kebijakan dan praktik yang mendukung efektivitas implementasi LMS dalam konteks pendidikan tinggi di universitas tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman dan respon mahasiswa terhadap implementasi Learning Management System (LMS) di Universitas Djuanda. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, data dikumpulkan melalui survei dan wawancara untuk mengevaluasi sejauh mana mahasiswa memahami dan merespons penggunaan LMS dalam konteks pembelajaran. Hasil analisis ini memberikan wawasan mendalam tentang tingkat penerimaan, tantangan, dan manfaat yang dialami mahasiswa selama penggunaan LMS di lingkungan akademis.

Article Details

How to Cite
Fauziah, A., & Aliyyah, R. R. . (2024). Analisis Pemahaman dan Respon Mahasiswa Terhadap Implementasi Learning Management System Di Universitas Djuanda. Karimah Tauhid, 3(2), 2512–2525. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12096
Section
Articles

References

Ekuase-Anwansedo, A., Craig, S. F., & Noguera, J. (2018, September). How to survive a learning management system (LMS) implementation? A stakeholder analysis approach. In Proceedings of the 2018 ACM SIGUCCS annual conference (pp. 165-168).

Fakhruddin, A. M., Putri, L. O., Sudirman, P. R. A. T., Annisa, R. N., & As, R. K. B. (2022). Efektivitas LMS (Learning Management System) untuk Mengelola Pembelajaran Jarak Jauh pada Satuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10026-10033.

Munir, M. (2010). Penggunaan learning management system (lms) di perguruan tinggi: studi kasus di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1).

Prasetyo, T., Widyasari, W., & Hartono, R. (2016). DEVELOPMENT OF INNOVATION EDUCATION THROUGH BLENDED LEARNING. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2).

Sadat, F. A. (2023). Tantangan dan Peluang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Saat Pandemic Covid-19. TSAQAFATUNA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 5(2), 113-122.

Wicaksana, M. F., Marmoah, S., & Nurhasanah, F. Tantangan Pembelajaran Online Menggunakan Learning Management System SPADA. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(3).

WIRAGUNAWAN, I. G. N. (2022). Pemanfaatan learning management system (LMS) dalam pengelolaan pembelajaran daring pada satuan pendidikan. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 82-89.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>