Meningkatkan Keterampilan Mendengarkan Pembelajar EFL Indonesia melalui Lagu Bahasa Inggris: Pendekatan ALM

Main Article Content

Dita Amelia
Adisa Fatyra

Abstract

Penelitian ini menyelidiki penggunaan lagu berbahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan pelajar EFL Indonesia dalam kerangka Linguistik dan Media Terapan (ALM). Berdasarkan penelitian sebelumnya yang menyoroti tantangan yang dihadapi pelajar Indonesia karena ketidakbiasaan mereka dengan aksen, pengucapan, dan struktur linguistik asli bahasa Inggris, penelitian ini mengkaji bagaimana lagu berbahasa Inggris dapat berfungsi sebagai sumber tambahan yang efektif dalam pembelajaran bahasa. Metode Audio-Lingual (ALM) diusulkan sebagai pendekatan pedagogi yang sesuai, menekankan penggunaan bahasa kebiasaan dan pembentukan pola bicara melalui pemaparan dan latihan berulang-ulang. Melalui pendekatan observasi dan studi litelatur, data dari berbagai sumber termasuk tinjauan literatur, laporan penelitian, dan pendapat ahli dianalisis untuk mengeksplorasi hubungan antara lagu berbahasa Inggris dan pemahaman mendengarkan. Temuan menunjukkan bahwa lagu berbahasa Inggris menawarkan paparan bahasa otentik, perolehan kosa kata, dan wawasan budaya, sehingga meningkatkan motivasi dan keterlibatan pelajar. Studi ini menyimpulkan dengan menganjurkan integrasi lagu-lagu berbahasa Inggris ke dalam praktik pengajaran bahasa untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif yang mencerminkan pemerolehan bahasa secara alami, sebagaimana didukung oleh kerangka ALM.

Article Details

How to Cite
Amelia, D., & Fatyra, A. (2024). Meningkatkan Keterampilan Mendengarkan Pembelajar EFL Indonesia melalui Lagu Bahasa Inggris: Pendekatan ALM. Karimah Tauhid, 3(5), 5822–5832. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13236
Section
Articles

References

Abdul, N. B., & Hijrah, H. (2013). the Use of Audio-Lingual Method in Teaching Listening Comprehension At the Second Year Students of Smk Yapip Makassar Sungguminasa. Exposure : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Inggris, 2(2), 189. https://doi.org/10.26618/ejpbi.v2i2.787

Ebrahimi, F., & Elahifar, M. (2021). Teaching Speaking and Listening Skills through Audio-Lingual Versus Conventional Methods of Instruction: Which Method Is More Effective? International Journal of Linguistics, Literature and Translation, 4(11), 72–81. https://doi.org/10.32996/ijllt

Ghofur, A., S. Degeng, I. N., Widiati, U., & Setyosari, P. (2017). The Effect Of Communicative Language Teaching And Audio-Lingual Method On English Speaking Skill Across Different Learning Styles. KnE Social Sciences, 1(3), 1. https://doi.org/10.18502/kss.v1i3.719

Haley, M. H., Steeley, S. L., Salahshoor, M., & Khoury, A. G. (2013). Theory and Practice in Language Studies. 3(6).

Iman, T. R. (2020). the Interference of Indonesian on English Second Language Writing. Journal of Languages and Language Teaching, 8(2), 170. https://doi.org/10.33394/jollt.v8i2.2466

Karim, S. A., Sudiro, S., Annisa, D. R., Khairunnisa, H. I., & Rahmawati, D. A. (2022). Enhancing vocabulary mastery through English songs: In the eyes of EFL students. Ethical Lingua, 9(2), 449–458. https://doi.org/10.30605/25409190.439

Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2022). Task and Feedback-Based on English learning to Enhance Student Character. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4684

Kolin, K. F., Nurteteng, N., & Sudibyo, D. (2019). the Effectiveness of Using Songs in Teaching Listening Skill At the Second Grade of Smp N 11 Kabupaten Sorong. INTERACTION: Jurnal Pendidikan Bahasa, 5(2), 68–79. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikanbahasa.v5i2.183

Lengkoan, F. (2017). A Study on the Use of Songs to Improve Students’ Pronunciation and Listening Skill. Journal of English Language and Literature Teaching, 2(02), 217–228. https://doi.org/10.36412/jellt.v2i02.14

Listiyaningsih, T. (2017). The Influence of Listening English Song to Improve Listening Skill in Listening Class. Academica : Journal of Multidisciplinary Studies, 1(1), 35–49. https://doi.org/10.22515/academica.v1i1.601

Prasrihamni, M., Zulela, & Edwita. (2022). Jurnal cakrawala pendas. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 128–134.

Pratiwi, E. (2018). Using Song to Enhance Learning in English The Classroom. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/download/1935/1750

Putri, D. A., & Sya, M. F. (2022). Kemampuan Pengucapan Bahasa Inggris di Tingkat Sekolah Dasar. Franchthi Neolithic Pottery, Volume 1, 1(3), 223–248. https://doi.org/10.2307/j.ctv7xbrjm.41

Safitri, N. Y. (2019). The Implementation of Audio-Lingual Method in Teaching Speaking to the Second Grade Students of Smpn 1 Gadingrejo Pringsewu. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Suhartini, T. (2022). Learning English Grammar Through Audio-Lingual Method ( a Case Study in Kumon Efl Ranggong , Makassar ). JoELS: Journal of English Language Studies, 1(1), 45–55. http://ojs.unsamakassar.ac.id/jel

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Sya, M. F., Kartakusumah, B., & Maufur, M. (2022). Perception of English Difficulties to Improve Learning Design. Ibn Khaldun International Journal of Economic, Community Empowerment and Sustainability, 1(1), 29–36.

Ulfa, M. (2019). The Use of English Songs to Teach Listening Skill. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 4(2), 129–137. https://doi.org/10.21462/educasia.v4i2.50

Yavuz, F., & Celik, O. (2017). The importance of listening in communication. Global Journal of Psychology Research: New Trends and Issues, 7(1), 8–11. https://doi.org/10.18844/gjpr.v7i1.2431