MINIMNYA KETERAMPILAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Main Article Content

Dita Amelia
Afridha Sesrita

Abstract

Pendidikan memiliki banyak komponen, salah satunya yang pertama dalam pendidikan adalah seorang guru. Guru sangat berperan dalam perkembangan pendidikan terutama yang resmi diberikan di sekolah, guru juga sangat menentukan keberhasilan siswa terutama dalam proses pembelajaran di sekolah. Guru yang kompeten akan selalu merencanakan proses pembelajaran, sehingga guru tidak lagi beralasan tidak menggunakan RPP saat mengajar di kelas. Menunjukkan salah satu perangkat yang harus dimiliki sekolah untuk mengefektifkan proses belajar mengajar dan memenuhi kriteria kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apa saja kesulitan pada guru saat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SD Negeri Rancamaya 1. Pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan adalah dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara serta dokumentasi peneliti secara langsung kepada salah satu guru dari sekolah yang terpilih. Hasil penelitian ini menunjukkan jika kesulitan yang guru hadapi saat membuat RPP, yaitu: 1) membangun indikator untuk mendapatkan keterampilan, 2) penerapan model dan metode pembelajaran sekolah, 3) terbatasnya fasilitas yang disediakan di sekolah. Beberapa bentuk kesulitan tersebut dipengaruhi oleh pemahaman guru terhadap RPP serta ketersediaan waktu.

Article Details

How to Cite
Amelia, D. ., & Sesrita, A. (2023). MINIMNYA KETERAMPILAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN. Karimah Tauhid, 2(5), 1403–1412. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9005
Section
Articles

References

Abduh, M., & Nugroho, S. (2014). Evaluasi Pembelajaran Tematik dilihat dari Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 1 (1)(1), 1–9.

Alawiyah, T., & Sesrita, A. (2022). Kontribusi Perhatian Orang Tua dalam Memotivasi Tanggung Jawab Belajar Anak di Sekolah Dasar Negeri. SITTAH: Journal Of Primary Education, 3(1), 1–15.

Alhikmah, R. N., Roza, Y., & Maimunah. (2021). Analisis Kesulitan Guru Matematika SMP dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 655–669. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.433

Evitasari, A. D., Musyadad, F., & Sholihah, F. (2021). Kesesuaian RPP Tematik Integratif Dengan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar,” VIII(14), 18–34.

Indrawati, E. S., & Nurpatri, Y. (2022). Problematika Pembelajaran IPA Terpadu (Kendala Guru Dalam Pengajaran IPA Terpadu). Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 226–234. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.31

Irwanto, Nasution, S. A., & Sesrita, A. (2021). Pengaruh Penerapan Model IOC Berasosiasi Pendekatan Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas IV dalam Aspek Kognitif. 2(1), 83–94.

Jannah, M., Dewi, N. K., & Oktaviyanti, I. (2021). Analisis Faktor Kesulitan Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SDN 05 Ampenan. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 2(1), 42–50. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.100

Liana, N., Z, S., & Fitriani, S. (2023). Kompetensi Guru dalam Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Tuntutan Abad 21 di SD Negeri 24 Banda Aceh. Elementary Education Research, 8(2), 23–31.

Pionita, I., Sesrita, A., & Mawardini, A. (2022). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Belajar di SDN Babakan Madang 01. E-Journal Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 167–179.

Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Presiden Republik Indonesia, 19(8), 159–170. bisnis ritel - ekonomi

Seftiani, S., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2).

Sesrita, A. (2017). Penggunaan Teknik Think-Pair-Share untuk Peningkatan Kompetensi Fisika. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 140. https://doi.org/10.30997/dt.v4i2.922

Tabun, Y. F., Ariningsih, K. A., Jalal, N. M., Hau, R. R. H., Suprapmanto, J., Meisarah, F., Nuruddaroini, M. A. S., Renaldi, R., Sesrita, A., Julyanti, E., & Akbar, A. (2021). Teori Pembelajaran.