Kecerdasan Visual-Spasial pada Siswa Sekolah Dasar: Analisis Jurnal Tahun 2020-2023

Main Article Content

Misrina Salsabila
Afridha Sesrita
Zahra Fitrah Rajagukguk

Abstract

Kecerdasan visual-spasial ialah kecerdasan dalam memahami, menangkap, mengingat, serta menuangkan kembali hasil berpikir pada imajinasinya dalam bentuk visual. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui kecerdasan visual-spasial dikembangkan pada siswa Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan kajian kepustakaan melalui jurnal, artikel, buku, dan dokumen yang relevan terkait dengan bahasan pada penelitian. Pengumpulan data dengan mengumpulkan berbagai jurnal yang membahas kecerdasan visual-spasial lalu di analisis menggunakan teknik analisis. Maka dari itu, dapat disimpulkan pada penelitian ini bahwa setiap kecerdasan siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dari yang lain, seperti pada kecerdasan visual-spasial. Bakat seni, kreativitas, serta ingatan dalam pengimajinasian yang tajam terkait dengan kecerdasan ini. Siswa dengan kecerdasan ini mampu berimajinasi serta menangkap suatu objek visual yang dilihat dan menuangkan kembali ide-ide tanpa meniru yang lain. Pada kecerdasan visual-spasial ini terdapat tiga aspek, yaitu spatial relation, spatial orientation, spatial vizualitation yang dapat membentuk suatu kecerdasan visual-spasial dengan optimal.

Article Details

How to Cite
Salsabila, M., Sesrita, A., & Rajagukguk, Z. F. . (2024). Kecerdasan Visual-Spasial pada Siswa Sekolah Dasar: Analisis Jurnal Tahun 2020-2023. Karimah Tauhid, 3(6), 6692–6706. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13682
Section
Articles

References

Agustina, L. (2017). Kecerdasan Visual Spasial pada Anak Berkesulitan Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (SESIOMADIKA), 6(2), 186–192.

Anggraini, A., Sit, M., & Basri, M. (2022). Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Melalui Kegiatan Kolase Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pelita Paud, 6(2), 248–254.

Arini, & Sesrita, A. (2024). Proses Pembelajaran dan Media yang di Gunakan di SDN Harjasari. Karimah Tauhid, 3(1), 1538–1547.

Haas, S. C. (2003). Algebra for Gifted Visual-Spatial Learners. 1(34), 30-31;42-43.

Laily, U. N., Nafiah, N., Hartatik, S., & Taufiq, M. (2020). Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Kecerdasan Visual-Spasial Siswa Kelas Iv Sd Khadijah Surabaya. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 213–227. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i2.7882

Nurmala, Z., Suryanti, & Supardi, I. A. Z. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA SCIENCE COMIC UNTUK MELATIH KECERDASAN VISUAL-SPASIAL SISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 6368–6376.

Pa’indu, S., Sinaga, R., & Keriapy, F. (2020). Studi Kecerdasan Visual-Spasial Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Sentra Balok. Shamayim: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 78–91.

Puspita, T., & Sesrita, A. (2022). The Influence of Using Animated Learning Media on Students Activities in Natural Science Course. Islamic Journal of Integrated Science Education (IJISE), 1(2), 103–114.

Rajagukguk Fitrah, Z. (2022). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19. Karimah, 1(6), 824–832.

Rohani, A., Nurhalizah, N., & Ritonga, S. (2023). Perkembangan Kecerdasan Majemuk Pada Peserta Didik. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(3), 221–229. https://doi.org/10.56832/pema.v2i3.309

Safruddin, M., Maemonah, M., & Sakdah, M. S. (2022). Implementasi Kecerdasan Interpersonal Pada Anak Usia Dasar : Analisis Jurnal Sinta 2 Sampai 5. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1234. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1149

Shiddiq, J. (2021). Kaligrafi Kufi dan Strategi Pengembangan Kecerdasan Visual-Spasial. Jurnal Qolamuna: Jurnal Studi Islam, 6(2), 277–290.

Sutarna, N., & Maryani, E. (2021). Literasi Spasial Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 351. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.57620

Syarifah. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. Jurnal Ilmiah Sustainable, 2(2), 176–197.

Wisnu Budi Wijaya, I. K. (2018). Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Siswa Sekolah Dasar (SD) Melalui Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Sekolah Dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(2), 147. https://doi.org/10.25078/jpm.v4i2.568

Yaumi, M. (2012). Pembelajaran berbasis Multiple Intelligences. Penerbit Dian Rakyat.