Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa pada Masa Pandemi Covid 19

Main Article Content

Zahra Fitrah Rajagukguk

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia telah berpengaruh ke dunia pendidikan sehingga pemerintah Indonesia menetapkan peraturan pendidikan di sekolah melalui tatap muka berubah menjadi pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh. Tujuannya untuk mengurangi penularan Covid-19 di indonesia dimana hal ini membuat siswa dan guru melakukan pembelajaran daring jarak jauh yang banyak mengubah karakteristik siswa SD. Beberapa kendala yang dihadapi sebagian siswa SD antara lain belum mempunyai gawai untuk belajar, kendala sinyal atau akses internet terbatas, kurangnya bersosialisasi antar guru dan siswa, sehingga membuat para siswa menjadi bosan jenuh dalam menerima pembelajaran. Kondisi ini berpengaruh kepada karakteristik siswa sehingga membuat siswa kesulitan dalam menerima pembelajaran.  Peran guru sangat penting untuk membentuk karakteristik siswa pada saat Pandemi Covid-19, guru harus kreatif membuat pelaksanaan pembelajaran daring lebih menarik dan menyenangkan. Guru juga harus menjadi figur yang baik dengan memberikan perhatian lebih agar membuat siswa nyaman dalam pembelajaran daring. Dalam penelitian ini kami menggunakan metode kualitatif, yakni dengan cara observasi ke sekolah dasar dan wawancara ke guru kelas. Metode ini lebih menekankan pada jumlah data yang dikumpulkan, sehingga kami mendapatkan informasi yang akurat dan rinci terkait topik yang sedang dikaji. Hasil penelitian menemukan banyak perubahan karakteristik siswa SD yang terjadi pada saat masa Pandemi Covid-19 yaitu siswa tidak fokus dalam menerima materi pembelajaran daring yang dilakukan guru kelas, terdapat siswa yang tidak mengikuti pembelajaran daring pada saat Zoom, terlambat mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru. Para guru harus ekstra lebih dalam menyikapi karakteristik siswa yang berbeda beda apalagi pada saat pandemi ini figur atau peran guru   sangat diperlukan oleh siswa.

Article Details

How to Cite
Rajagukguk, Z. F. (2022). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa pada Masa Pandemi Covid 19. Karimah Tauhid, 1(6), 824–832. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i6.7560
Section
Articles

References

Fadilah, D. N., & Afriansyah, E. A. (2021). Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Online. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 395-408.

Halifah, N., & Yusuf, K. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring di Era Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kelurahan Duyu Kota Palu. AL-TAWJIH: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 49-78.

Muslich, M. (2022). Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.

Wajdi, F. (2021). Manajemen Perkembangan Siswa SD Melalui Peran Guru Dan Orang Tua Pada Masa Pandemi. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 41-50.

Buchari, A. (2018). Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra', 12(2), 106-124.

Marwanto, A. (2021). Pembelajaran pada Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal basicedu, 5(4), 2097-2105.

Hakim, L. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Lembaga Pendidikan Islam Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 13(1), 37-56.

Bhughe, K. I. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113-125.

Moleong, L. J. (2019). Moleong. Metode Penelitian Kualitatif.

Nuwa, G. G. (2020). Kemerosotan Moral Siswa Pada Masa Pandemic Covid-19: Meneropong Eksistensi Guru Pendidikan Agama Islam. Atta'dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 1-17.

Lidinillah, D. A. M. (2008). Strategi pembelajaran pemecahan masalah di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1-5), 1-10.

Novariana, M. (2021). Interaksi edukatif guru kunjung sebagai strategi alternatif meningkatkan motivasi belajar dalam pembelajaran masa pandemi COVID-19. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 702-715.

Sarita, M. R. (2022). Problematika Pembelajaran Daring untuk Siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) Kelas V di SDN Inklusi Benua Anyar 4 Banjarmasin.