Pengembangan Media Pop- Up Book pada Materi Perubahan Wujud Zat Benda Kelas IV di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14497Keywords:
Pengembangan Media Pembelajaran, Pop-Up Book, Perubahan Wujud Zat BendaAbstract
Penggunaan media pembelajaran yang efektif dan interaktif adalah kunci untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa, terutama di sekolah dasar. Saat ini, media pembelajaran yang digunakan kurang bervariatif dan sulit dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Pop-Up Book pada materi perubahan wujud zat benda untuk siswa kelas IV di SD Negeri Cilember 01. Metode penelitian meliputi analisis kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil menunjukkan bahwa Pop-Up Book meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan, dengan validasi dari para ahli dan respon siswa yang positif. Namun, penelitian ini terbatas pada satu sekolah dan kelas. Kesimpulannya, Pop-Up Book merupakan alat pembelajaran efektif dan inovatif, serta dapat diadopsi lebih luas untuk meningkatkan hasil belajar di berbagai mata pelajaran dan tingkat pendidikan.
References
Aprillia, M., Rasmitadila, R., & Sri Utami, I. I. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Google Classroom Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Wahana, 74(1), 8–20. https://doi.org/10.36456/wahana.v74i1.5281
Atikasari, Y., & Desstya, A. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Literasi Sains Materi Sistem Pencernaan Manusia bagi Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6638–6645. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3336
Dewanti, H., Toenlioe, A. J. E., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas Iv Sdn 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 1(3), 221–228.
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Jurnal UIN Ar-aniry, 3(1), 27–38.
Khoiriyah, E., & Sari, E. Y. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN 3 JUNJUNG KECAMATAN SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(2).
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221.
Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475
Napitupulu, R. A., Lumbantobing, M., & Sibagariang, S. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 122355 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 1239–1247.
Nur, O. O., & Sujarwo, S. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book pada Pembelajaran IPA Materi Daur Hidup Hewan di Kelas IV SD Negeri 106814 Tembung. Indonesian Research Journal On Education, 2(2), 478–485. https://doi.org/10.31004/irje.v2i2.288
Oktaviarini, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Tema Lingkungan Dan Alam Sekitar Untuk Siswa Kelas IV SD Di Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 3(1), 70–87. https://doi.org/10.29100/jpsd.v3i01.919
Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32
Sinta & Harlinda Syofyan. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Pembelajaran Ipa Di SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 248–265. https://doi.org/10.21009/jpd.v11i02.18939
Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243
Sugiyono, Prof. D. (2021). Metode Penelitian, Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D (3rd ed.). penerbilt alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Naira Syahrin, Rasmitadila, Zahra Fitrah Rajagukguk
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.