VARIASI PERMASALAHAN GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Main Article Content

Eneng Mulyanti
Afridha Sesrita

Abstract

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah sebuah instrument perencanaan pembelajaran yang lebih spesifik dibandingkan dengan silabus. Fungsi dari RPP untuk memberikan panduan kepada guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan permasalahan yang dijumpai guru dan upaya guru untuk mengatasi permasalahan dalam menyusun RPP di SDN Rancamaya 1.  Deskriptif kualitatif sebagai metode penelitian yang digunakan. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas 3 SDN Rancamaya 1. Cara pengumpulan datanya menggunakan dua teknik, yaitu wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, untuk memastikan keabsahan data, kami menerapkan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Untuk menganalisis struktur data, alat analisis data dari Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa permasalahan dalam penyusunan RPP yaitu kesulitan kendala waktu luang penyusunan RPP, kesulitan menentukan alokasi waktu dalam pembelajaran, kondisi peserta didik yang beragam, dan terbatasnya fasilitas yang disediakan di sekolah. Guru melakukan langkah-langkah untuk mengatasi tantangan dalam penyusunan RPP dengan mencari sumber informasi dari internet dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang sudah disediakan oleh sekolah. Upaya guru dalam mengatasi permasalahan ini yaitu: 1) Guru perlu mengalokasikan khusus untuk menyusun pembuatan RPP; 2) Mengikuti pelatihan atau seminar terkait pembuatan RPP; 3) Berkolaborasi dengan guru-guru yang lainnya; 4) Mengoptimalkan sumber daya yang tersedia di sekolah; 5) Melakukan evaluasi dan refleksi.

Article Details

How to Cite
Mulyanti, E. ., & Sesrita, A. (2023). VARIASI PERMASALAHAN GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN. Karimah Tauhid, 2(4), 1181–1190. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i4.8808
Section
Articles

References

Helmi, H., & Sesrita, A. (2021). Pengembangan Modul Pada Perkuliahan Model Pembelajaran IPA DI SD Dengan Pendekatan TAOMA (The Act Of Mastery And Application).

Irwanto, I., Ali Nasution, S., & Sesrita, A. (2021). Pengaruh Penerapan Model IOC Berasosiasi Pendekatan Konseptual Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas IV Dalam Aspek Kognitif. In SITTAH: Journal of Primary Education (Vol. 2, Issue 1).

Khairani. (2020). Workshop Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penyusunan RPP (Vol. 2, Issue 3).

Khusniyah, T. W., Rias Wana, P., Pangestu, W. T., Supriyanto, D. H., Studi, P., Stkip, P., & Ngawi, M. (2020). Pelatihan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K-13 Di SDN Kincang 02 Jiwan. IJCE (Indonesian Journal Of Community Engagement), 1.

Kinasih, A. M. (2017). Problematika Guru Dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran di SD Muhammadiyah 14 Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/50853

Marsheilla Aguss, R., Amelia, D., & Abidin, Z. (2021). Pelatihan Pembelajaran Perangkat Ajar Silabus Dan RPP SMK PGRI 1 Limau. Journal of Technology and Social for Community Service (JTSCS), 2(2), 48–53. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoabdimas

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Buku Miles & Huberman.

Pionika, I., Sesrita, A., & Mawardini, A. (2022). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di SDN Babakan Madang 01. Journal Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 167.

Seftiani, S., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2).

Sesrita, A. (2017). Penggunaan Teknik Think-Pair-Share Untuk Peningkatan Kompetensi Fisika.

Most read articles by the same author(s)