Pemerolehan Kosakata Bahasa Inggris dengan Media Kartu Bergambar di Sekolah Dasar

Main Article Content

Eneng Mulyanti
Mega Febriani Sya

Abstract

Bahasa Inggris memiliki empat keterampilan berbahasa yang dipelajari yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Namun demikian, salah satu yang sangat penting untuk dipelajari dan dikuasai oleh siswa sejak awal mengenal bahasa Inggris adalah vocabulary atau kosakata. Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kosakata Bahasa Inggris siswa Sekolah Dasar dengan menggunakan media kartu bergambar. Metode yang digunakan menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi literatur. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dengan teknik analisis data, yaitu dengan menyajikan data, mereduksi data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan media permainan kartu bergambar ini dapat berlangsung efektif dan dapat mempermudah guru dalam penyampaian materi pembelajaran, dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa dan membuat pembelajaran menyenangkan dan anak termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga terjadinya interaksi yang positif baik guru dengan siswa, siswa dengan siswa maupun siswa dengan media pembelajaran

Article Details

How to Cite
Mulyanti, E., & Sya, M. F. (2022). Pemerolehan Kosakata Bahasa Inggris dengan Media Kartu Bergambar di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(2), 504–409. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i2.7849
Section
Articles

References

Evy, C., Widyahening, T., Feri, , & Sufa, F. (2022). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Bingo Game bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1135–1145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1341

Evy Tri Widyahening, C., & Sri Rahayu, M. (2021). Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Cerita Rakyat bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 108–123. www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik

Fitriyani, E., & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 167–182. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1744

Hasanah, T. A., Cristiana Victoria, D., & Anita, I. (2019). Penggunaan Media Flash Card Untuk MEningkatkan Daya Ingat Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. In Primaria Educationem Journal | (Vol. 2). http://journal.unla.ac.id/index.php/pej/index

Lindawati, N. P. (2018). Keefektifan Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Flash Card (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v1i1.1305

Nurani, A. F., Febriani Sya, M., & Yektyastuti, R. (2019). Efektivitas Penggunaan Picture Series Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Vol. 03).

Nurul, N., Stai, H., & Tuban, A. H. (2017). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini dengan Kartu Bergambar (Vol. 1, Issue 1).

Pendidikan, J., & Konseling, D. (n.d.). Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Media Flash Card Di Sekolah Dasar (Vol. 4).

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. Didaktika Tauhidi : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Utami, W., Sya, M. F., & Hidayat, A. (2022). Developing English learning material for grade 4 students. LADU: Journal of Languages and Education, 2(6), 231–240. https://doi.org/10.56724/ladu.v2i6.144

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>