Musik Mnemonic dan Kartu Bergambar dalam Pemerolehan Kosakata Bahasa Inggris Bagi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Zayeha Azzahra Universitas Djuanda
  • Mega Febriani Sya Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i2.7845

Keywords:

Pengembangan Pemahaman, Pembelajaran Bahasa Inggris, Media Vidio

Abstract

Pada saat ini mata pelajaran Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran tidak wajib. Dimana hanya mendapatkan alokasi waktu 2 jam dalam seminggu. Dalam hal tersebut menyebabkan pencapainan pembelajaran berjalan sedikit lamban. Tidak hanya menggunakan metode pengajaran yang baik namun juga menyediakan media yang baik untuk kegiatan belajar megajar. Mata pelajaran bahasa inggris pada tingkat SD/MI menekankan pada pengenalan kosakata sebagai pondasi atau dasar dalam pembelajaran bahasa inggris. Dari hasil penelitian para guru juga masih menggunakan cara tradisional dalam mempelajari kosakata baru yaitu menggunakan daftar kosakata baik yang ditulis di papan tulis maupun yang dicetak dibuku pelajaran siswa. Tujuan penelitian dengan menggunakan studi literatur ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh intervensi musik mnemonic dan kartu bergambar terhadap penguasaan kosakata bahasa inggris siswa sekolah dasar. Pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan mencari sumber pustaka, mencatat, membaca serta mengelolah bahan penelitian dengan menyimpulkan data bahwa dengan adanya pengaruh metode music mnemonic dan kartu bergambar terhdap penguasaan kosakata bahasa inggris siswa sekolah  dengan skor tertinggi  dari kelompok music mnemonic dari pada kartu bergambar dikarenakan adanya multimodalitas dari berbagai metode penghafalan yang berdampak pada chunking effect pada working memory sehingga terdapat informasi baru yang dapat lebih mudah masuk ke dalam Long-Term Memori. Penelitian ini juga memberikan masukan kepada para guru dan pihak sekolah untuk mendapatkan mengkombinasikan beberapa metose dalam memberikan pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak didik.

References

Anggraini, D., & Fu, M. (2021). Perancangan Game Visual Novel Untuk Anak SD Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Journal of Information System and Technology, 2(3), 1–9.

Damayanti, A., Hidayat, W., & Yunarso, E. W. (2017). Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Kelas 4 SD (Studi Kasus: SDN Cimahi Mandiri 2). E-Proceeding of Applied Science, 3(3), 1216–1224.

Fa Biola, G. S. I., & Patintingan, M. L. (2021). Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 48–54. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5805

Ikbar, A. N. (2017). Peran Tutor Melalui Metode Bernyanyi dalam Memudahkan Pemahaman Grammar Bahasa Inggris Peserta Didik Level Elementary di Lembaga Kursus REC-BHA Desa Waru Barat Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan. E-Jurnal UNESA, 1(1), 0–207.

Iswari, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berupa Flashcard Bergambar pada Tingkat Sekolah Dasar. Deiksis, 9(02), 119. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1375

Nurani, A. F., Sya, M. F., Yektyastuti, R., Studi, P., Sekolah, P., & Bogor, U. D. (n.d.). ُ َ ن ل ْ ع ُ َ ن ق ْ ُ ا و ْ م ُ م َ َ ذ ن َ ا َّ ن ِ ا سا ا و َ ءآ ِ َ ب َ ق و ِ م م ْ ك ْ ُ ف را ْ ُ ع ش ُ َّ نلاا ه َّ ا ً ب و َ و َّ ر ْ ك ٍ ك َ ع َ َ ت ل ِ ل َ ج َ ُّ ي َ ا َ ي َ ى َ ث ن ْ ا ن ِ ُ َ ق ْ ت َ ا ِ الل َّ د ن ُ م ْ ع َّ ا م َّ ا َ م ر ْ.

Pasaribu, A. N., Pasaribu, T. K., Gea, F. P., & ... (2022). Pelatihan Bahasa Inggris bagi Siswa Sekolah Dasar dan Menengah di Kota Binjai dengan Metode Story Telling. Citra Abdimas …, 1(2), 59–64. https://publisher.yccm.or.id/index.php/cab/article/view/36%0Ahttps://publisher.yccm.or.id/index.php/cab/article/download/36/43

Prasrihamni, M., Zulela, & Edwita. (2022). Jurnal cakrawala pendas. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 128–134.

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Utami, W., Sya, M. F., & Hidayat, A. (2022). Developing English learning material for grade 4 students. LADU: Journal of Languages and Education, 2(6), 231–240. https://doi.org/10.56724/ladu.v2i6.144

Winoto, E. N. (2017). Pengaruh Intervensi Music Mnemonic dan Kartu Bergambar Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas 4 SD. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(2), 1642–1653.

Downloads

Published

2023-04-18

How to Cite

Azzahra, Z., & Sya, M. F. (2023). Musik Mnemonic dan Kartu Bergambar dalam Pemerolehan Kosakata Bahasa Inggris Bagi Siswa Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(2), 498–503. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i2.7845
Abstract viewed = 33 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>