PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MEDIA VIDIO DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Pemahaman dalam kelas bahasa Inggris adalah proses dimana seseorang belajar dan menguasai bahasa Inggris. Namun pada kenyataanya belum semua teknik pembelajaran dimaksimalkan di kelas termasuk penggunaan vidio. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh pemahaman yang mendalam dan komprehensif mengenai pemahaman peserta didik menggunakan metode video dalam pembelajaran bahasa Inggris, proses pemahaman peserta didik setelah melihat video dan penelitian ini dilakukan oleh kelas IV SD Arrofi’iyah. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi, yang dilakukan kepada murid kelas IV SD Arrofi’iyah. pengisian soal, dan studi pustaka mengenai materi terkait dengan judul. Hasil analisis yang telah dilakukan dalam pembelajaran bahasa Inggris agar dapat mengembangkan kemampuan pemahaman peserta didik mengenai materi pembelajaran menggunakan media video. namun dapat di simpulkan pembelajaran menggunakan video sangatlah menyenangkan, akan tetapi pemahaman peserta didik dalam memahami pembelajaran sangat berbeda-beda, sehingga media video dalam pemahaman pembelajaran bahasa inggris cukup efektif, namun tidak semua siswa dapat memahami materi bahasa inggris. Yang mana anak Sekolah Dasar masih memerlukan bimbingan seorang guru dalam memahami materi pembelajaran bahasa inggris tersebut.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Al Irsyadi, F. Y., Annas, R., & Kurniawan, Y. I. (2019). Game Edukasi Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pengenalan Benda-Benda di Rumah bagi Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 9(2), 78–92. https://doi.org/10.34010/jati.v9i2.1844
Anisa, & Sya, M. F. . (2022). Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode English Is Fun di Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 1(3), 352–356. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7819
Annisa, N., Saragih, A. H., & Mursid, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(2), 210–221. https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i2.12599
Az Zahra, A. S., & Sya, M. F. . (2022). Permasalah dan Solusi Pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah (SD) . KARIMAH TAUHID, 1(4), 481–488. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7815
Dalilah, W. K., & Sya, M. F. . (2022). PROBLEMATIKA BERBICARA BAHASA INGGRIS PADA ANAK SEKOLAH DASAR. KARIMAH TAUHID, 1(4), 474–480. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7828
Devi Maharani Santika, I. D. A., Mahatma Agung, I. G. A., & Apriliani, K. (2021). Video Pembelajaran untuk Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 5(4), 342. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i4.40865
Fathin, D. U. ., & Sya, M. F. . (2022). Pandangan Guru Terhadap Siswa Yang Kesulitan Dalam Pengucapan Berbahasa Inggris Di Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 1(4), 468–473. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7827
Febriani, R., & Sya, M. F. . (2022). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pengucapan Bahasa Inggris . KARIMAH TAUHID, 1(4), 461–467. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7817
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media. Prosiding TEP & PDs, Tema: 1 No, 96–102.
Imam Gunawan, A. R. P. (2012). TAKSONOMI BLOOM – REVISI RANAH KOGNITIF: KERANGKA LANDASAN UNTUK PEMBELAJARAN, PENGAJARAN, DAN PENILAIAN. 2. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/50
Inayah, Y., & Sya, M. F. . (2022). Kreatifitas Berfikir Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 1(3), 339–345. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7822
Putri, D. A. ., & Sya, M. F. . (2022). Kemampuan Pengucapan Bahasa Inggris di Tingkat Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 1(3), 357–364. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7820
Sondakh, D. C., & Sya, M. F. . (2022). Kesulitan Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 1(3), 346–351. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7818
Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348
Wijaya, I. K. (2015). Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 120–128. https://doi.org/10.21009/bahtera.142.02
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515
Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234–237.
Zein, M. S. (2017). Elementary English education in Indonesia : Policy developments , current practices , and future prospects. 33(1), 53–59. https://doi.org/10.1017/S0266078416000407