Kesulitan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Pada Siswa Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa asing (foreign language) yang perlu dikuasai untuk memudahkan seseorang dalam berkomunikasi antar negara. Kesulitan yang sering ditemukan dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar yaitu penguasaan kosakata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam mengenai bentuk kesulitan apa saja yang dialami siswa pada materi penguasaan kosakata, mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan kesulitan penguasaan kosakata, serta mengetahui solusi untuk menanganinya. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data berupa studi literatur dengan membaca beberapa referensi jurnal ilmiah terdahulu yang telah diterbitkan. Selain itu, peneliti menggunakan teknik keabsahan data berupa triangulasi sumber dan teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Hasil menunjukkan bahwa banyak bentuk kesulitan yang dialami siswa sekolah dasar pada penguasaan kosakata Bahasa Inggris, diantaranya yaitu siswa belum terbiasa dengan penggunaan kamus Bahasa Inggris, siswa kurang memahami kosakata Bahasa Inggris pada materi yang disampaikan, siswa tidak terbiasa menggunakan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, siswa belum mampu menyebutkan perbendaharaan kata, sinonim dan antonim secara tertulis, dan siswa belum mampu menuliskan kata sesuai dengan ejaan yang tepat. Kesulitan yang terjadi disebabkan oleh faktor internal maupun faktor eksternal. Upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa adalah dengan menggunakan media atau metode pembelajaran seperti metode Running Dictation, media kartu domino kata bergambar, metode permainan tebak kata, media Flash Card, dan metode TPR storytelling.
Kata kunci: Kesulitan Penguasaan Kosakata, Strategi Pembelajaran
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anisa, & Sya, M. F. . (2022). Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode English Is Fun di Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 1(3), 352–356. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7819
Az Zahra, A. S., & Sya, M. F. . (2022). Permasalah dan Solusi Pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah (SD) . KARIMAH TAUHID, 1(4), 481–488. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7815
Dalilah, W. K., & Sya, M. F. . (2022). PROBLEMATIKA BERBICARA BAHASA INGGRIS PADA ANAK SEKOLAH DASAR. KARIMAH TAUHID, 1(4), 474–480. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7828
Fathin, D. U. ., & Sya, M. F. . (2022). Pandangan Guru Terhadap Siswa Yang Kesulitan Dalam Pengucapan Berbahasa Inggris Di Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 1(4), 468–473. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7827
Febriani, R., & Sya, M. F. . (2022). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pengucapan Bahasa Inggris . KARIMAH TAUHID, 1(4), 461–467. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7817
Inayah, Y., & Sya, M. F. . (2022). Kreatifitas Berfikir Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 1(3), 339–345. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7822
Mar Atul Khasanah, P., & Saptuti Susiani, T. (2013). UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU DOMINO KATA BERGAMBAR SISWA KELAS V SD.
Nurani, A. F., Febriani Sya, M., & Yektyastuti, R. (2019). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PICTURE SERIES DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA (THE EFFECTIVENESS OF USING PICTURE SERIES IN IMPROVING STUDENTS’ ENGLISH VOCABULARY).
Puspawati, I. (2021). PENGGUNAAN METODE TPR STORYTELLING UNTUK MENGAJARKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.18196/ppm.32.205
Putri, D. A. ., & Sya, M. F. . (2022). Kemampuan Pengucapan Bahasa Inggris di Tingkat Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 1(3), 357–364. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7820
Ramadhanti, N. W., Kusumaningrum, S., & Anakotta, R. (2022). Pengaruh Media Flash Card terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas III SD Inpres 109 Perumnas Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.2081
Rikmasari, R., & Budianti, Y. (2019). Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Circuit Learning Pada Siswa Kelas Iii Di Sdn Jatimulya 03 Bekasi. JISD: Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 6(2).
Rikmasari, R., & Muharrom, P. (2018). UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI METODE RUNNING DICTATION PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS V di MIT ATTAQWA 01 BEKASI. Jurnal Pedagogik, VI(2).
Saridevita, A., Suhendar, A., & Hasan, N. (2022). ANALISIS KESULITAN PELAFALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SDN PONDOK MAKMUR. Agustus, 2(4), 364–373. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/anwarul
Sondakh, D. C., & Sya, M. F. . (2022). Kesulitan Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 1(3), 346–351. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7818
Sucandra, S., Budiman, M. A., & Fajriyah, K. (2022). ANALISIS KESULITAN PENGUASAAN KOSAKATA PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS IV DI SD PLUS LATANSA KABUPATEN DEMAK. Wawasan Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9664
Sugiharti, R. E., & Riftina, Y. (2019). Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris melalui Model Scramble pada Siswa Kelas 4 SDN Jatimulya 04 Tambun Selatan. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2). https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15096
Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348