Pendekatan Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar: The Grammar Traslation Method dan The Direct Method

Main Article Content

Hanna Nisa
Mega Febriani Sya
Rachmah Amalia
Alia Febriani

Abstract

Penelitian ini menganalisis perbandingan antara dua pendekatan pembelajaran bahasa inggris di sekolah dasar, yaitu Metode Tata Bahasa - Terjemahan (The Grammar Translation Method) dan Metode Langsung (The Direct Method). Peneliti menggunakan data yang diperoleh melalui analisis literatur serta observasi langsung saat presentasi yang dilaksanakan di kelas. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua metode memiliki kelebihan dan kelemahan yang perlu diperhatikan. GTM memberikan pemahaman yang mendalam terhadap struktur bahasa dan memperluas kosa kata, namun kurang memperhatikan kemampuan komunikatif siswa. Sebaliknya, DM memungkinkan pengembangan kompetensi komunikatif secara langsung, tetapi terbatas dalam memfasilitasi pemahaman bahasa yang bersifat pasif dan teoritis serta dalam pengembangan kosa kata. Oleh karena itu, implementasi kedua metode memerlukan pendekatan yang seimbang, dimana guru perlu menciptakan keseimbangan antara latihan penerjemahan dan aktivitas yang mendorong penggunaan bahasa dalam konteks komunikatif.

Article Details

How to Cite
Nisa, H., Mega Febriani Sya, Rachmah Amalia, & Alia Febriani. (2024). Pendekatan Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar: The Grammar Traslation Method dan The Direct Method. Karimah Tauhid, 3(5), 5397–5409. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.13213
Section
Articles

References

Ahmad, F. (2014). The Effect of Direct Method on Students Vocabulary Mastering.

Ajiza, M., & Rahman, N. A. (2023). Strategi pembelajaran Bahasa Inggris pada murid Sekolah Dasar (SD). Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 215–220.

Akhyar, Y., Simbolon, P., Fitri, A., & Purnamasari, A. (2020). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Muatan Lokal Untuk Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Kampar: Indonesia. Al-Mafahim: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 18–27.

Alek, A. (2014). Perspektif Baru Pengajaran Bahasa Inggris melalui Direct Method: Sebuah Kajian Kritis. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(2), 153–166.

Amaniarsih, D. S., & Nafisah, N. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Grammar Translation Method Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas V Smp Yabes Medan. JURDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyrakat Universitas DIPA Makassar, 2(1), 139–143.

Ambalegin, A. (2018). Efektivitas Direct Method Dalam Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa. Jurnal Basis, 5(2), 21–32.

Ambarwati, N. K., Wiryasaputra, R., & Puspasari, S. (2016). Pembangunan modul pembelajaran bahasa inggris menggunakan grammar translation method berbasis android. Ultimatics: Jurnal Teknik Informatika, 8(2), 83–91.

Amertawengrum, I. P. (2016). Direct Method Sebagai Sebuah Metode Pembelajaran Bahasa. MAGISTRA, 28(95).

Andi Irma, S., & Herlina, S. (2020). Peran Pembelajar Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemelajar Bahasa Asing Menggunakan Integrasi Metode Gtm-Clt.

Angyuningsih, N. W. E. (2013). Peningkatan Kemampuan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Dalam Pembelajaran Introduction. Udayana University.

Arumsari, A. D., Arifin, B., & Rusnalasari, Z. D. (2017). Pembelajaran bahasa Inggris pada anak usia dini di Kec Sukolilo Surabaya. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 133–142.

Asholahudin, M. (2020). Kompetensi bahasa inggris. Jurnal Horizon Pedagogia, 1(1).

Benati, A. (2018). Grammar‐translation method. In The TESOL encyclopedia of English language teaching. Wiley Online Library.

Cahyono, E. A., Sutomo, N., & Hartono, A. (2019). Literatur review; panduan penulisan dan penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12(2), 12.

Chang, S.-C. (2011). A contrastive study of grammar translation method and communicative approach in teaching English grammar. English Language Teaching, 4(2), 13.

claudian Edo, F., Noge, M. D., & Awe, E. Y. (2023). Pengembangan Desain Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Direct Method Berbasis Budaya Lokal Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Citra Pendidikan, 3(2), 1040–1051.

Djauhar, R. (2021). The Grammar - Translation Method , The Direct Method , and The Audio - Lingual Method. – Journal of Linguistics, Literature, and Language Education, 4(1), 84–88.

Elsjelyn, E. R. (2014). English Made Easy: Kunci Sukses Belajar Bahasa Inggris. Kesaint Blanc.

Freeman, D. L., & Anderson, M. (2011). Techniques-Principles-Language-Teaching.

Habsy, B. A. (2017). Seni memehami penelitian kuliatatif dalam bimbingan dan konseling: studi literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90–100.

Indarta, Y., Ambiyar, A., Samala, A. D., & Watrianthos, R. (2022). Metaverse: Tantangan dan peluang dalam pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3351–3363.

Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9.

Jw, C. (1998). Qualitative inquiry and research design. In Choosing Among Five Traditions. SAGE Publication.

Khosiyono, B. H. C. (2018). Kebijakan pendidikan bahasa asing di Indonesia dalam perspektif masyarakat global. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 6(1), 70–82.

Maduwu, B. (2016). Pentingnya pembelajaran bahasa Inggris di sekolah. Warta Dharmawangsa, 50.

Maulita, M. (2023). Hasil Observasi Di SDN Jambearjo 01 Mengenai Sistem Kurikulum Merdeka. Proceedings Series of Educational Studies. https://doi.org/10.17977/um083.7879.

Meylina, M., & Jufri, A. C. (2023). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar melalui Audio-Lingual Method. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 3(1), 1–7.

Murti, P. T., & Rahmawati, F. P. (2018). Penerapan Program Literasi Berbasis Grammar Translation Method (Gtm) Di Kelas V Sd Negeri Gemolong 1. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Musfiroh, T. (2011). Metode tradisional belajar bahasa kedua.

Nisa, I. F. (2020). Kebijakan dan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SD di Indonesia.

Ratminingsih, N. M. (2021). Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.

Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42–51.

Rohmah, S. F. (2020). Perspektif Guru Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pembelajaran Daring.

Sari, I. (2018). Motivasi belajar mahasiswa program studi manajemen dalam penguasaan keterampilan berbicara (speaking) bahasa Inggris. Jumant, 9(1), 41–52.

Setyandari, A. (2015). Inovasi Pemanfaatan Media Film Untuk Peningkatan Kemampuan Listening Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. MAGISTRA, 27(91).

Siefert, T. R. (2013). Translation in foreign language pedagogy: the rise and fall of the Grammar Translation Method.

Solikhah, I. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran Bahasa Dan Resistensi Masyarakat Terhadap Perubahan. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 151–168.

Sosbud, I. (2023). Direct Method dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Kompasian Beyond Blogging. https://www.kompasiana.com/kangpandu22/655e4a58ee794a71dd249dc4/direct-method-dalam-pembelajaran-bahasa-inggris

Supatman, A., & Tenriampa, A. A. (2023). Upaya Peningkatan Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa dengan menggunakan Grammar Translation Method pada Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pangkep. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 2(1), 161–169.

Suprapta, D. N. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa. Journal of Education Action Research, 4(3), 240–246.

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Sya, M. F., Kartakusumah, B., & Maufur, M. (2022). Perception of English Difficulties to Improve Learning Design. Ibn Khaldun International Journal of Economic, Community Empowerment and Sustainability, 1(1), 29–36.

Talib, R. (2010). Psikologi dan Metode Pembelajaran Bahasa. Jurnal Inovasi, 7(04).

Utami, W., Sya, M. F., & Hidayat, A. (2022). Developing English learning material for grade 4 students. LADU: Journal of Languages and Education, 2(6), 231–240.

Uzer, Y., & Uzer, Y. V. (2023). Pembelajaran Bahasa Inggris Dalam Pengenalan Budaya Asing. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3).

Yamin, M. (2015). Metode pembelajaran bahasa Inggris di tingkat DAS. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora, 1(1).

Yuwono, B., & Triono, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Kelas Vi Sd Materi Simple Future Tense Melalui Metode Grammar Translation Method. Jurnal Citra Pendidikan, 4(1), 1504–1514.

Zaini, H. (2017). Teori Pembelajaran Bahasa Dan Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif. Jurnal An-Nabighoh, 19(2), 194. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v19i2.999