Perbandingan Implementasi Metode Pembelajaran Bahasa Inggris: The Grammar-Translation Method dan The Audio-Lingual Method

Main Article Content

Rachmah Amalia
Mega Febriani Sya
Shofia Hanna Nisa

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran Bahasa Inggris yang efektif untuk siswa Sekolah Dasar (SD) menggunakan metode penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui studi literatur dan observasi dengan mengamati presentasi dari 4 orang mahasiswa Universitas Djuanda program studi PGSD mengenai implementasi metode pembelajaran Bahasa Inggris di SD. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menemukan dua metode pembelajaran yang telah diimplementasikan, yaitu: The Grammar-Translation Method dan The Audio-Lingual Method. Penelitian menyimpulkan bahwa metode audio lingual efektif untuk diimplementasikan di kelas bahasa karena dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi Bahasa Inggris siswa, akan tetapi metode apapun dapat efektif apabila guru memperhatikan tujuan yang ingin dicapai dan mengimplementasikan metode sesuai dengan kebutuhan belajar Bahasa Inggris siswa. Penelitian ini berkontribusi dalam membantu guru untuk mengimplementasikan metode pembelajaran yang efektif pada saat mengajar Bahasa Inggris di kelas.

Article Details

How to Cite
Amalia, R. ., Mega Febriani Sya, & Shofia Hanna Nisa. (2024). Perbandingan Implementasi Metode Pembelajaran Bahasa Inggris: The Grammar-Translation Method dan The Audio-Lingual Method. Karimah Tauhid, 3(5), 5440–5449. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13216
Section
Articles

References

Akmalia, N. W., Muttaqien, N., & Latifah, N. (2022). Analisis Kesulitan Menulis Siswa Kelas III dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri Pondok Bahar 6 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13636–13644. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4608

Akramy, S. A., Habibzada, S. A., & Hashemi, A. (2022). Afghan EFL Teachers’ Perceptions towards Grammar-Translation Method (GTM). Cogent Education, 9(1), 1–17. https://doi.org/10.1080/2331186x.2022.2127503

Amalia, R. (2023). Kesulitan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1(2), 288–294. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7802

Aslamiah, S. (2020). Kesulitan Belajar Bahasa Inggris dalam Perspektif Pendidikan. Primearly: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 6(2), 134–146. https://doi.org/https://doi.org/10.37567/prymerly.v3i2.325

Ebrahimi, F., & Elahifar, M. (2021). Teaching Speaking and Listening Skills through Audio-Lingual Versus Conventional Methods of Instruction: Which Method Is More Effective? International Journal of Linguistics, Literature and Translation, 4(11), 72–81. https://doi.org/10.32996/ijllt.2021.4.11.8

Fatmawati, N. L. (2021). Pengembangan Video Animasi Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Usia Sekolah Dasar di Masa Pandemi. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(1), 65–77. https://doi.org/10.24090/insania.v26i1.4834

Irna, Mahmud, M., & Salija, K. (2023). The Effects of Audio-Lingual Method on Children’s English Acquisition. Celebes Journal of Language Studies, 3(2), 259–274. https://doi.org/10.51629/cjls.v3i2.151

Izhar, F., & Hashmi, M. A. (2022). Comparative Analysis of Direct Method and Grammar Translation Method on Student Learning in English among Secondary School. Global Educational Studies Review, 7(I), 347–359. https://doi.org/10.31703/gesr.2022(vii-i).34

Larsen, D., & Anderson, M. (2011). Techniques & Principles in Language Teaching (Third Edit). Oxford University Press.

Lima, B., & Estrella, M. (2023). Audio-lingual Method to Improve Students’ Speaking Skills in Secondary School (Students’ Experiences). Universidad Técnica de Cotopaxi.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis (R. Holland (ed.); 2nd ed.). SAGE Publications, Inc.

Omar, Y. Z. (2019). Influence of Grammar Translation Method (GTM) on Libyan Students’ English Performance in Communicative Situations. PEOPLE: International Journal of Social Sciences, 5(2), 511–530. https://doi.org/10.20319/pijss.2019.52.511530

Pertiwi, A. B., Rahmawati, A., & Hafidah, R. (2021). Metode Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 9(2), 95–105. https://doi.org/10.20961/kc.v9i2.49037

Rahman, M. S., Herman, Iqbal, M., & Renaldi, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Materi Simple Present Tense Menggunakan Teknik Pengajaran Bahasa Inggris Grammar Translation Method pada Mahasiswa Anggota Language Club STAI Rakha Amuntai. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 123–128.

Rashid, M. H., & Islam, M. J. (2020). Effectiveness of Audio-Lingual Methods at Secondary Education in Bangladesh. Journal of English Language and Literature, 7(1), 36–42. https://doi.org/10.333329/joell.7.1.36

Rofi’i, A., & Susilo, S. V. (2022). Kesulitan Membaca Permulaan pada Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1593–1603. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.3161

Saridevita, A., Suhendar, A., & Hasan, N. (2022). Kesulitan Pelafalan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas V SDN Pondok Makmur. Jurnal Pendidikan Dakwah, 2(4), 364–373.

Spahiu, I., & Kryeziu, N. (2021). A Contrastive Study of Grammar Translation Method and Direct Method in Teaching of English Language to Primary School Pupils. Linguistics and Culture Review, 5(S2), 1022–1029. https://doi.org/10.21744/lingcure.v5ns2.1663

Sujarwo, & Akhiruddin. (2020). Pendampingan Pembelajaran Ekstrakurikuler Bahasa Inggris Siswa dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 pada Sekolah Dasar Inpres Gowa. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Membangun Negeri, 4(2), 55–65. https://doi.org/https://doi.org/10.35326/pkm.v4i2.746

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Sya, M. F., Kartakusumah, B., & Maufur, M. (2022). Perception of English Difficulties to Improve Learning Design. Ibn Khaldun International Journal of Economic, Community Empowerment and Sustainability, 1(1), 29–36.

Utami, W., Sya, M. F., & Hidayat, A. (2022). Developing English Learning Material for Grade 4 Students. LADU: Journal of Languages and Education, 2(6), 231–240. https://doi.org/10.56724/ladu.v2i6.144