Memahami Metode Terjemahan Tata Bahasa: Potensi dan Tantangan dalam Konteks Pendidikan Bahasa Modern

Main Article Content

Regina Febriani
Mega Febriani Sya
Eneng Mulyanti

Abstract

Metode terjemahan tata bahasa, yang juga dikenal sebagai The Grammar Translation Method, telah menjadi pendekatan klasik dalam pembelajaran bahasa dengan fokus pada pemahaman tata bahasa dan kosa kata. Artikel ini mengulas sejarah dan prinsip dasar metode tersebut, sambil menyoroti kelebihan dan kelemahan yang terkait dengannya. Meskipun metode ini memberikan fondasi yang kuat untuk pemahaman tata bahasa, kritik juga menyoroti kurangnya pengembangan kemampuan komunikasi aktif siswa dalam bahasa target. Diskusi dalam artikel ini menggali relevansi metode terjemahan tata bahasa dalam konteks pendidikan bahasa modern serta upaya-upaya untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa di masa depan. Penelitian ini menggunakan dua metode yaitu observasi presentasi di kelas dan studi literatur, untuk mendapatkan pemahaman holistik tentang proses pembelajaran. Observasi presentasi di kelas memungkinkan peneliti untuk mengamati interaksi langsung antara guru dan siswa, serta efektivitas strategi pengajaran yang digunakan. Sementara itu, studi literatur menyediakan kerangka teoretis yang penting untuk memahami konteks dan teori yang mendasari praktik pengajaran. Kombinasi antara kedua pendekatan ini membentuk pendekatan yang seimbang, memungkinkan analisis yang mendalam tentang praktik pembelajaran dalam konteks nyata yang didukung oleh dasar teoretis yang kuat. tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Metode Terjemahan Tata Bahasa dalam Konteks Pendidikan Bahasa Modern. Metode terjemahan tata bahasa telah menjadi subjek perdebatan luas dalam dunia pendidikan bahasa. Penelitian ini menawarkan analisis mendalam tentang kelebihan, kelemahan, dan relevansinya dalam konteks pendidikan bahasa modern.

Article Details

How to Cite
Febriani, R., Sya, M. F. ., & Mulyanti, E. (2024). Memahami Metode Terjemahan Tata Bahasa: Potensi dan Tantangan dalam Konteks Pendidikan Bahasa Modern. Karimah Tauhid, 3(5), 5721–5728. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13218
Section
Articles

References

Byslina, M. (n.d.). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah.

Cholifah, M. (2019). Pengajaran Bahasa Berbasis Tugas (Task Based Language Teaching): Pendekatan Yang Efektif Dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4(2), 131–139. https://doi.org/10.21067/jibs.v4i2.3187

Datu, Y. A. (2024). Panduan Praktis Bahasa Inggris Untuk Era Teknologi. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 2). http://repository.ubaya.ac.id/45767/1/PANDUAN PRAKTIS BAHASA INGGRIS UNTUK ERA TEKNOLOGI.pdf

Handoko, S. B. (2022). Relevansi Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Paradigma Holistik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1537–1544.

Kartinah, T. (2018). Pengenalan Bahasa Inggris Melalui Metode Storytelling Berbantu Media Gambar Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Purnama Sukarame Bandar Lampung. Current Neurology and Neuroscience Reports, 1(1), iii–vii. https://doi.org/10.1016/j.jns.2018.09.022%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ejphar.2009.04.058%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.brainres.2015.10.001%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=2854659&tool=pmcentrez&rendertype=abstract%0Ahttp://w

Meisa, W., Suryadi, D., Rosiah, R., Hernawati, H., & Djafri, F. (n.d.). Inovasi dan Daya Saing dalam Linguistik dan Pembelajaran Bahasa Asing Masa Kini.

Rachmawati, D. L., Oktafiah, Y., & Novita, D. (2023). Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Di Kelas Bahasa Inggris Bisnis. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(1), 227–236. http://bajangjournal.com/index.php/JPM

Sya, M. F. (2015). Keterampilan Menulis Esai Naratif Bahasa Inggris Melalui Strategi Peer Review. Didaktika Tauhidi, 2(2), 97–106.

Sya, M. F. (2017). Menumbuhkan Minat Baca dan Belajar Anak Melalui Teras Ilmu: Berbasis Pendidikan Karakter Tauhid. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 32.

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Syahputra Bania, A., Imran, Nursamsu, & Fadlia. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris pada Anak di PKBM Huda Wan Nur. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 18–24. http://dx.doi.org/10.36257/apts.vxixpp18-24

Wijaya, I. K. (n.d.). Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar.

Zhariyah, F., Waspodo, M., & Madjid, A. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Total Pysical Response Untuk Mengatsi Kesulitan Belajar Bahasa Inggris. In Экономика Региона.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>