Pemanfaatan Metode Desuggestopedia dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Berbahasa Siswa

Authors

  • Eneng Mulyanti Universitas Djuanda
  • Regina Febriani Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14170

Keywords:

Metode Desuggestopedia, Pembelajaran Bahasa Inggris, Motivasi Belajar, Kemampuan Berbahasa

Abstract

Metode Desuggestopedia, yang dikembangkan oleh Georgi Lozanov, menekankan penggunaan sugesti positif, relaksasi, dan untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan metode Desuggestopedia dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan berbahasa siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi kelas dan kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Desuggestopedia secara signifikan meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berbahasa Inggris siswa. Siswa menjadi lebih percaya diri, rileks, dan mampu menyerap materi pembelajaran dengan lebih baik. Dengan demikian, Desuggestopedia dapat dianggap sebagai metode efektif dalam pengajaran Bahasa Inggris, terutama dalam mengatasi hambatan psikologis yang sering dihadapi siswa dalam mempelajari bahasa asing.

References

Agung, Nu. (2020). Peningkatan Kemampuan Debat Bahasa Arab Mahasiswa Melalui Metode Suggestopedia. Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 2(1).

Amalia, L., & Suwatno, S. (2016). Peningkatan kompetensi siswa melalui efektivitas competency based training (Improvement of students’ competency through competency based training effectiveness). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantora, 1(1), 30–37. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000

Ambarningsih, D. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Bebas Melalui Metode Suggestopedia. Journal of Elementary Education, 3(2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee

Anggraeni, S. W., & Alpian, Y. (2018). Penerapan Metode Suggestopedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).

Anwar, I. (2012). Reinterpretasi Strategi Pembelajaran Bahasa. Jurnal Islamic Review, 1(1).

Iqbali, M. M. El, & Arifa, S. (2020). Eskalasi Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Metode Suggestopedia dalam Mengembangkan Kualitas Belajar. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 85–94. https://doi.org/10.17509/factum.v9i1.23071

Irdawati, I., Yunidar, Y., & Darmawan, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol Idrawati, Yunidar, dan Darmawan. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4).

Kurniawan, R., & Kartini, K. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Menggunakan Metode Suggestopedia Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu. Estetik, 2(1).

Lathif, S. (2023). Implementasi Metode Suggestopedia dalam pembelajaran Bahasa Arab pada Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Humanika, 23(1), 27–36. https://doi.org/10.21831/hum.v23i1.35788

Meylantif, R. A., & Rukmi, A. S. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Suggestopedia Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar NegeriI Di Kecamatan Gurah Kediri. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(11).

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Buku Miles & Huberman.

Prasetya, D., & Safitri, K. (2020). Metode Suggestopedia Sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3), 866–873.

Ratnadi, N. N. A., & Mahardika, I. M. N. O. (2024). Efektifitas Metode Suggestopedia Dalam Meningkatkan Pemahaman English Vocabulary. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 03(02). https://doi.org/10.53977/ps.v2i01.1559

Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2001). Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge University Press.

Santoso Wibowo, B. (2022). Metode Suggestopedia: Alternatif Metode Pembelajaran Bahasa Arab Di Perguruan Tinggi. Jurnal on Teacher Education, 3(2), 160–169.

Sya, M. F. (2015). Keterampilan Menulis Esai Naratif Bahasa Inggris Melalui Strategi Peer Review. Didaktika Tauhidi, 2(2), 96–107.

Sya, M. F. (2020). Menumbuhkan Minat Baca dan Anak Melalui Teras Ilmu: Berbasis Pendidikan Karakter Tauhid. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1).

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Ulwiyah, N., & Sariroh, N. (2019). Penerapan Metode Suggestopedia Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MIN Rejoso Peterongan Jombang. JPDI: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2).

Yamin, M. (2017). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Di Tingkat Dasar. Jurnal Pesona Dasar, 1(5), 82–97.

Published

2024-07-22

How to Cite

Mulyanti, E., & Febriani, R. (2024). Pemanfaatan Metode Desuggestopedia dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Berbahasa Siswa. Karimah Tauhid, 3(7). https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14170
Abstract viewed = 0 times