Analisis Efektivitas Program Pembelajaran Bahasa Berbasis Komunitas
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14167Keywords:
Bahasa, Komunitas, PembelajaranAbstract
Program pembelajaran bahasa berbasis komunitas telah diakui sebagai alternatif yang efektif terhadap metode pembelajaran formal, dengan memanfaatkan lingkungan sosial dan budaya peserta didik. Hasil analisis menunjukkan bahwa program ini secara signifikan meningkatkan kemampuan berbahasa peserta, terutama dalam kemampuan berbicara dan mendengarkan. Motivasi dan keterlibatan peserta juga cenderung lebih tinggi dalam program berbasis komunitas, karena pendekatan yang relevan dengan kehidupan sehari-hari dan dukungan sosial yang kuat. Selain itu, program yang mengintegrasikan konteks lokal dan budaya peserta menunjukkan hasil yang lebih efektif. Namun, beberapa tantangan tetap ada, termasuk keterbatasan sumber daya dan kebutuhan akan fasilitator yang terlatih. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis efektivitas program pembelajaran bahasa berbasis komunitas melalui metode studi literatur. Penelitian ini menyimpulkan bahwa program pembelajaran bahasa berbasis komunitas memiliki potensi besar untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dan kesejahteraan sosial peserta, asalkan tantangan-tantangan tersebut dapat diatasi melalui pendekatan yang inovatif dan berkelanjutan. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi pengembangan dan peningkatan program pembelajaran bahasa berbasis komunitas di masa mendatang.
References
Anisa, & Febriani Sya, M. (2022). Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode English Is Fun di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1, 352–356. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7819%0Ahttps://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/download/7819/3512
Azizah, D. M., & Surya, A. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris Sd Berbasis Budaya Di Yogyakarta. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 10–18. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13052
Faridatuunnisa, I. (2020). Kebijakan dan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SD di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional, 191–199.
Febriani, R., Sya, M. F., & Mulyanti, E. (2024). Memahami Metode Terjemahan Tata Bahasa : Potensi dan Tantangan dalam Konteks Pendidikan Bahasa Modern. 3, 5721–5728.
Humaira, megan asri, Sudjani, halim deski, Sya, mega febriani, Indra, S., Syamsudin, D., & Rusli, radif khotamir. (2021). Penguatan Literasi Siswa Melalui Story Telling Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Karya Abdi, 5(3), 547–552. https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/16315
Kusuma, I. P. ., & Adyani, L. D. . (2016). Motivasi dan Sikap Bahasa Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UNDIKSHA. 5(1), 12–26.
Lindawati, N. P., Asriyani, R., & Anggayana, I. W. A. (2018). Model Kooperatif Think-Pair-Share dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Dialog Bahasa Inggris Mahasiswa Akademik Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia. 4(1), 1–26.
Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar: Mengapa Perlu dan Mengapa Dipersoalkan. Jurnal Pendidikan Unsika, 6(1), 23–28.
Naibaho, T., Sitepu, P. P. B., Siringoringo, P. G., Siterus, R., & Simanjorang, F. S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Berbahasa Inggris Peserta Didik Melalui Program Pelatihan dan Pembelajaran Berbasis Komunitas. 1, 53–54.
Pratiwi, W. R. (2024). Pemanfaatan Kegiatan Komunitas “Bulukumba English Meeting Club (BEMC)” dalam Dinamika Pembelajaran Bahasa Inggris. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 8(1), 113. https://doi.org/10.30595/jppm.v8i1.21031
Saraka. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendidikan Non-Formal di Kampung Inggris Kediri. LINGUA Center of Language and Cultural Studies, 17(1), 79–94. https://doi.org/10.30957/lingua.v17i1.629.Keberadaan
Sari, E. D. P., Lapiana, U. N. B., & Sudaryanto, M. (2022). Strategi Belajar Bahasa Inggris Pada Era Revolusi Digital 4.0 di Komunitas Duta Bahasa Provinsi Bangka Belitung. Madani : Indonesian Journal of Civil Society, 4(1), 9–17. https://doi.org/10.35970/madani.v4i1.835
Sari, I. F. (2022). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Bisnis Pariwisata. Jurnal Genesis Indonesia, 1(01), 17–23. https://doi.org/10.56741/jgi.v1i01.16
Selamat, E. H., Ekalia, Y. J., Kudus, M. E. K., & Gagul, Y. H. (2022). English Virus Environment: Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Games dan Songs. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(2), 113–120. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i2.198
Sudrajat, D. (2015). Studi Tentang Pelaksanaan Pengajaran Bahasa Inggris Di Sd Kota Tenggarong. CENDEKIA: Journal of Education and Teaching, 9(1), 13. https://doi.org/10.30957/cendekia.v9i1.49
Susanto, A., & Mubarak, Z. H. (2020). Pembinaan Keterampilan Komunikasi Bahasa Inggris Melalui Metode Permainan Susun Kata Pada Komunitas Belajar Capung Kampung Tua Nongsa Batam. Puan Indonesia, 2(1), 33–44. https://doi.org/10.37296/jpi.v2i1.18
Suyitno, I. (2017). Aspek Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Bahasa Dan Sastra Indonesia Dalam Konteks Global, 0812178003, 55–70.
Sya, M. F. (2015). Keterampilan Menulis Esai Naratif Bahasa Inggris Melalui Strategi Peer Review. Didaktika Tauhidi, 2(2), 97–106.
Sya, M. F., Adri, H. T., Kholik, A., Sudjani, D. H., Latifah, Z. K., & Uslan. (2021). Indonesian Learning: Towards the Academic Achievement of Communicative Competence. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 183–189. https://doi.org/10.30997/ijsr.v3i3.152
Sya, M. F., Kartakusumah, B., & Maufur, M. (2022). Perception of English Difficulties to Improve Learning Design. Ibn Khaldun International Journal of Economic, Community Empowerment and Sustainability, 1(1), 29–36.
Umiyati, M., & Widayanti, N. M. C. (2022). Pengajaran Bahasa Inggris Kepada Anak Anak Binaan di Desa Suwung yang Dikelola Komunitas Kammbodja Rumah Belajar. Linguistic Community Services Journal, 3(1), 9–15. https://doi.org/10.55637/licosjournal.3.1.4778.9-15
Wijaya, I. K. (n.d.). Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Regina Febriani, Mega Febriani Sya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.