Analisis Macam-Macam Metode Pembelajaran Bahasa Inggris

Main Article Content

Shofia Saniah
Putri Khoirunnisa

Abstract

Di Indonesia bahasa inggris merupakan bahasa asing untuk dipelajari. Artikel ini bertujuan untuk membahas pentingnya bahasa dalam komunikasi dan pembelajaran, terutama bahasa Inggris sebagai bahasa universal. Artikel ini menyoroti metode pembelajaran bahasa Inggris, seperti GTM, metode langsung, dan metode audio-linguistik, serta metodologi penelitian yang digunakan yaitu metode kajian literatur dan observasi presentasi di dalam kelas.  Pembahasan juga mencakup hasil dan pembahasan terkait pengajaran bahasa Inggris di sekolah dasar serta prinsip, teknik, dan langkah-langkah pembelajarannya. Penerjemahan dan pemahaman struktur tata bahasa menjadi fokus utama dalam metode pembelajaran seperti GTM, sementara metode langsung menekankan pada penggunaan langsung bahasa asing tanpa terjemahan. Metode audio-linguistik berfokus pada keterampilan mendengarkan dan berbicara, dengan memperkuat penggunaan bahasa tanpa interferensi dari bahasa ibu. Studi literatur dan observasi kelas digunakan dalam penelitian ini untuk mengevaluasi efektivitas metode pembelajaran bahasa.

Article Details

How to Cite
Saniah, S., & Putri Khoirunnisa. (2024). Analisis Macam-Macam Metode Pembelajaran Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 3(5), 5754–5766. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13224
Section
Articles

References

Abrar, A. E. Y., & Thamrin, S. W. (2020). Improving Students’ Ability To Identify Parts of Speech Through Grammar Translation Method. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(2), 319. https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n2i11.

Anisa, & Febriani Sya, M. (2022). Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode English Is Fun di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1, 352–356. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7819%0Ahttps://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/download/7819/3512

Az-Zahrah, R. T. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Audio-Lingual terhadap Kemampuan Menyimak pada Siswa. Journal of Learning and Instructional Studies, 3(2), 93–103.

Bakri, M. A. (2017). Metode Langsung (Direct Method) Dalam Pengajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 1–12.

Basid, A., Kamil, H. I., & Innah, M. (2021). Struktur Kalimat pada Film Knives Out Berdasarkan Perspektif Tata Bahasa Kasus Charles J. Fillmore. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(3), 301–320. https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i3.209

Fatah, A. (2018). Pengaruh Penguasaan Tata Bahasa Dan Kosakata Terhadap Kemampuan Menulis Teks Naratif Bahasa Inggris (Survei Pada SMK Swasta Di Kota Tangerang). INFERENCE: Journal of English Language Teaching, 1(1), 1–13. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/inference/article/view/3811

Fuadah, A. (2023). Implementasi Metode Audio Lingual dalam Peningkatkan Kemampuan Pronunciaton Siswa Kelas VIII. Journal of Education Research, 4(3), 362–371. Retrieved from https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/167%0Ahttps://www.jer.or.id/index.php/jer/article/download/167/145

García, A. (2018). English Center. Basic Level., (pembimbing I), 100.

Hari, D., Ningsih, F., & Mujianto, G. (2021). Dengan Metode Audio Lingual Untuk, 6(November), 105–116.

Lukito, J. (2022). Pengembangan Strategi Pembelajaran Menggunakan Metode Audio-Lingual untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memahami Bahasa Arab, 6, 12356–12363.

Maherani, A. A., Salam, R., Faisal, M., & Abstrak, A. I. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Audiolingual Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Kelas Iii Sd Negeri 168 Rumpia Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo. Jurnal Metafora Pendidikan, 1(2), 64–76. Retrieved from http://www.journal.arthamaramedia.co.id/index.php/jmp

Oktaviani, I., Fitriani, D., & Kusumajati, W. K. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa melalui Metode Audio Lingual. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 10, no. 2, 231–236. Retrieved from http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/806

Rachmawati, R. (2017). Aspek Linguistik Dan Keberterimaan Dalam Penerjemahan. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(1), 91. https://doi.org/10.31503/madah.v5i1.527

Rahman, M. S., Herman, H., Iqbal, M., & Renaldi, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Materi Simple Present Tense Menggunakan Teknik Pengajaran Bahasa Inggris Grammar Translation Method Pada Mahasiswa Anggota Language Club Stai Rakha Amuntai. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 123–128.

Ramdhan, V. (2017). Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Tata Bahasa terhadap Pemahaman Membaca Teks Narasi Bahasa Inggris. Deiksis, 9(02), 240. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1299

Santika, D. A. D. M., Agung, I. G. M., & Triana, K. L. (2021). A Grammatical Error Analysis on The Translation of Fourth Semester Students of Faculty of Foreign Languages Mahasaraswati Denpasar University. Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra (SEMNALISA) 2021, (1974), 74–80. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/semnalisa/article/view/2337

Sholeh, M., & Jamil, K. (2023). Efektivitas Penggunaan Metode Audiolingual Untuk Meningkatkan Keterampilan Mendengar Siswa SMP Kelas 2. Journal of Education Research, 4(3), 1241–1250. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.312

Sujefri, A., Irnaini Al Badri, H. R., Arifah, Z., & Basid, A. (2022). Analisis Sintaksis Kesalahan Penerjemahan Teks Bahasa Indonesia Ke Bahasa Arab Melalui Google Translate. Al-Muyassar: Journal of Arabic Education, 1(2), 167. https://doi.org/10.31000/al-muyassar.v1i2.6476

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Sya, M. F., Kartakusumah, B., & Maufur, M. (2022). Perception of English Difficulties to Improve Learning Design. Ibn Khaldun INternational Journal of Economic,Community Empowerment and Sustainability, 1(1), 29–36.

Wangsa, A. N., Ruswan, A., & Nurmahanani, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match terhadap Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. As-Sabiqun, 5(5), 1347–1358. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i5.3881