KURIKULUM SD PASCA PENCABUTAN PPKM DI SD ISLAM NURUL JIHAD

Main Article Content

Indah Nurul Hakiki
Rasmitadila

Abstract

Banyak permasalahan yang terjadi pada masa pandemi sehingga membawa dampak atau perubahan pada dunia pendidikan. Salah satunya di SD Nurul Jihad Cicurug, permasalahan yang terjadi pada peserta didik yaitu kurangnya kesadaran dan ketertiban anak dalam memahami pembelajaran dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kurikulum di SD Nurul Jihad Cicurug pasca pencabutan PPKM. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang mana dalam metode ini menggunakan metode wawancara,observasi dan dokumentasi. Yang mana kami mewawancarai satu orang kepala sekolah, satu orang guru wali kelas 5 SD dan juga kami mengobservasi kelas 5 SD Islam Nurul Jihad. Hasil penelitian menunjukan bahwa kurikulum di SD Nurul Jihad sendiri masih menggunakan Kurikulum 2013 atau tematik yang mana kurikulum ini digunakan sebelum dan sesudah covid-19 atau Pasca PPKM berlangsung. Semenjak adanya covid membuat dunia pendidikan terbengkalai sehingga para guru harus lebih ekstra dalam mengajar karna covid-19 membawa dampak yang begitu besar bagiorang tua, guru maupun murid entah itu secara positif maupun negatif.

Article Details

How to Cite
Hakiki, I. N., & Rasmitadila. (2023). KURIKULUM SD PASCA PENCABUTAN PPKM DI SD ISLAM NURUL JIHAD. Karimah Tauhid, 2(5), 2087–2093. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9627
Section
Articles

References

Astuti, S. D., Pratiwi, I. A., & Masfuah, S. (2022). Analisis Minat Anak Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 552–558. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2065

Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094

Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1070

Prasetyo, T., Mujahidin, E., Rasmitadila, R., & Yuani, A. K. (2021). Implementasi Metode Home Visit untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Abdidas, 2(4), 894–902. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.388

Rachman, T. (2018). Landasan Kurikulum. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Sabilun, N. (2017). Pengem-bangan Kurikulum. Cetakan Ke-1. Bandung: PT Refika Aditama, 22.

Somantri, G. R. (2005). Memahami Metode Kualitatif. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 57. https://doi.org/10.7454/mssh.v9i2.122

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pendidikan Dasar, II, 43–48.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>