Upaya Sekolah untuk Mengatur Kembali Proses Pembelajaran Pasca Pandemi

Main Article Content

Deswita Kanahaya
Rasmitadila

Abstract

Persoalan yang dihadapi oleh tenaga pendidik dalam kegiatan pembelajaran pasca pandemi adalah mengatur kembali pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya dengan kurikulum yang berbeda. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seperti apa tindakan sekolah untuk mengatur kembali proses pembelajaran pasca pandemi di sekolah dasar. Penelitian ini melibatkan kepala sekolah dan wali kelas di sekolah dasar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan wawancara secara semi terstruktur. Hasil dari penelitian mengemukakan guru tidak kesulitan dalam mengatur kembali pembelajaran. Terdapat 2 hambatan yang dialami oleh pihak sekolah. Penelitian ini telah memberi dampak yang baik bagi kami sebagai calon guru, sehingga mengetahui bagaimana cara untuk mengatur proses pembelajaran terutama pada pasca pandemi.

Article Details

How to Cite
Kanahaya, D. ., & Rasmitadila. (2024). Upaya Sekolah untuk Mengatur Kembali Proses Pembelajaran Pasca Pandemi . Karimah Tauhid, 3(2), 1800–1811. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11944
Section
Articles

References

Abroto, A., Prastowo, & Anantama, R. (2020). Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Whastsapp di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/971

Abu, S. N. (2014). Pembinaan guru oleh kepala sekolah dalam pengelolaan pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 704–831. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/3816

Anitah, S. (2013). Strategi Pembelajaran Ekonomi dan Koperasi. Strategi Pembelajaran, 2(2), 120.

Arief Sulaiman , Harda Dedali, T. S. (2021). Research Physical Education and Sports Research Physical Education and Sports. Research Physical Education and Sports, 3(1), 1–6.

Covid-, T. P. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Faturohman, N., & Gunawan, A. (2021). Tantangan Lembaga Pendidikan Dasar dalam Penyelenggaraan Pendidikan Pasca Pandemi COVID-19 di Kabupaten Serang. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), 433–442.

Hasibuan, A. A. (2018). Kontribusi Lingkungan Belajar Dan Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah. Jurnal Tarbiyah, 25(2), 1–20.

Nur, G., Mega, A., & Sya, F. (2023). Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Melalui Pembiasaan Di Sekolah Dasar. 2(20), 339–346.

Prasetyo, T., Mujahidin, E., Rasmitadila, R., & Yuani, A. K. (2021). Implementasi Metode Home Visit untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Abdidas, 2(4), 894–902. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.388

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Safitri, A. R. N., & Nugraheni, N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya, 1, 46–54. https://prosiding.iahntp.ac.id/

Tauhid, K., Azzahra, S., & Sya, M. F. (2023). Strategi Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di Sekolah Dasar. 2, 329–338.

Tujuan, A., Metode, S. D. P., & Sampel, S. D. P. (n.d.). No Title. 570–574.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>