Inovasi Pembelajaran Menerapkan Model Pengembangan Perangkat Desain Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13184Keywords:
Model Pengembangan, Perangkat Desain Pembelajaran, Pembelajaran Inovatif, Keterlibatan Siswa, Hasil BelajarAbstract
Untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran, penelitian ini akan menggunakan suatu pendekatan baru dengan menerapkan model inovatif untuk merancang perangkat pembelajaran. Dengan menggunakan metode kualitatif dan melakukan kajian pustaka, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model ini efektif dalam mrningkatkan keterlibatan siswa, yang pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajar mereka. Penelitian ini memberikan konstribusi penting dalam pengembangan metode pembelajaran yang baru, yang diharapkan dapat membantu guru dalam menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
References
Drs. Toto Ruhimat, M. P. (2021). DESAIN PEMBELAJARAN (Model dan Pengembangan Desain Pembelajaran). Upi. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/195711211985031-TOTO_RUHIMAT/Desain_Pemb_Perumka.pdf
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Maulidia, A., Lesmono, A. D., & Supriadi, B. (2019). Inovasi Pembelajaran Fisika melalui Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) dengan Pendekatan STEM Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di SMA. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 4(1), 185–190.
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Mulyani, A. A., Setiadi, E. M., & Nurbayani, S. (2023). Backward Design : Strategi Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa. Jurnal Paedagogy, 10(3), 798. https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.7766
Nuresa, S. A., Febriani Sya, M., & Muhdiyati, I. (2023). Circ Dalam Meningkatkan Kemampuan Pelafalan Alphabet Bahasa Inggris Peserta Didik Sekolah Dasar. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 40–49. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i2.6404
Nurmaya, Y., Susilawati, S., Zuhdi, M., & Hikmawati, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Alat-Alat Optik Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 147. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.3835
Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, 3(1), 59–72.
Saragi, R., & Tageh, I. M. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Problem Based Learnig Menggunakan VideoScribe untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V A R T I C L E I N F O. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 98–107. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.41538
Satria, A. B. A., & Muntaha, A. A. (2022). Inovasi pendidikan abad 21: penerapan design thinking dan pembelajaran berbasis proyek dalam pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2). https://doi.org/10.20961/jpd.v9i2.59940
Suciptiati, E., Bisri, H., & Sya, M. F. (2019). Increasing Participation and Results of Ips Learning. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 27.
Sya, M. F. (2015). Keterampilan Menulis Esai Naratif Bahasa Inggris Melalui Strategi Peer Review. Didaktika Tauhidi, 2(2), 97–106.
Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635–3645. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10066
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bagus Rezki Wicaksono, Rafi Ramadhan
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.