Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaran
Main Article Content
Abstract
Ditinjaui lebih jauh guru masih belum efektif akan arti pelaksanaan pembelajaran. Sehingga untuk memitigasi hal tersebut perencanaan mempunyai peran yang baik dari sebuah belajar.. Panduan yang disusun oleh guru untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran di kelas. Abstrak ini mengeksplorasi peran penting RPP dalam menyediakan kerangka kerja yang terstruktur untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Selain itu, artikel ini membahas betapa pentingnya RPP dalam memfasilitasi diferensiasi pembelajaran, yaitu menyediakan strategi pembelajaran yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan individu siswa. Pembahasan juga mencakup integrasi teknologi dalam RPP untuk meningkatkan interaktivitas dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan memanfaatkan RPP secara efektif, guru dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif, berpusat pada siswa, dan relevan dengan tuntutan zaman. Setelah guru melengkapi perangkat utama pembelajaran, barulah dilakukan supervisi akademikyangbiasanya berbentuk kunjungan kelas untuk menilai performa guru dalam proses pembelajaran (Marheni, 2022)
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
(Pesisir et al., 2005)Astawa, I. B. M. (2015). Memahami Kewajiban Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Media Komunikasi Geografi, 16(1), 14–26.
Iskandar, I., & Wahab, W. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Assure. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(1), 152–157. https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i1.309
Kamaliah. (2021). Hakikat Peserta Didik. JOURNAL: General and Specific Research, 1(1), 49–55.
Makki, M. I., & Aflahah. (2019). KONSEP DASAR BELAJAR DAN PEMBELAJARAN - Google Books. In Duta Media Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/KONSEP_DASAR_BELAJAR_DAN_PEMBELAJARAN/GXz7DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengertian+pembelajaran&printsec=frontcover
Marheni, M. S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan. Journal of Education Action Research, 6(1), 1. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44468
Pesisir, K., Pendekatan, S. B., Penelitian, P., Ktsp, I., Islam, B., & Pendekatan, D. (2005). 62 Pendekatan Mutual Adaptive Pada Mata Bidang Studi IPA Di MTs Salido. 61–72.
Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2019). Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendampingan Bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Siliwangi, 1(1), 17. https://doi.org/10.22460/as.v1i1p17-25.36
Sugiono, J., & Chamisijatin, L. (2008). Prinsip-Prinsip Perencanaan Pembelajaran. Pengembangan Kurikulum SD, 1–41. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132303693/pendidikan/PengembanganPembelajaranMatematika_UNIT_7_0.pdf