Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaran

Main Article Content

Rafi Ramadhan

Abstract

Ditinjaui lebih jauh guru masih belum efektif akan arti pelaksanaan pembelajaran. Sehingga untuk memitigasi hal tersebut perencanaan mempunyai peran yang baik dari sebuah belajar.. Panduan yang disusun oleh guru untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran di kelas. Abstrak ini mengeksplorasi peran penting RPP dalam menyediakan kerangka kerja yang terstruktur untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Selain itu, artikel ini membahas betapa pentingnya RPP dalam memfasilitasi diferensiasi pembelajaran, yaitu menyediakan strategi pembelajaran yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan individu siswa. Pembahasan juga mencakup integrasi teknologi dalam RPP untuk meningkatkan interaktivitas dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan memanfaatkan RPP secara efektif, guru dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif, berpusat pada siswa, dan relevan dengan tuntutan zaman. Setelah   guru   melengkapi   perangkat   utama   pembelajaran,   barulah dilakukan  supervisi  akademikyangbiasanya  berbentuk  kunjungan  kelas  untuk  menilai  performa  guru dalam proses pembelajaran (Marheni, 2022)

Article Details

How to Cite
Ramadhan, R. (2024). Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaran. Karimah Tauhid, 3(4), 4954–4959. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12998
Section
Articles

References

(Pesisir et al., 2005)Astawa, I. B. M. (2015). Memahami Kewajiban Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Media Komunikasi Geografi, 16(1), 14–26.

Iskandar, I., & Wahab, W. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Assure. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(1), 152–157. https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i1.309

Kamaliah. (2021). Hakikat Peserta Didik. JOURNAL: General and Specific Research, 1(1), 49–55.

Makki, M. I., & Aflahah. (2019). KONSEP DASAR BELAJAR DAN PEMBELAJARAN - Google Books. In Duta Media Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/KONSEP_DASAR_BELAJAR_DAN_PEMBELAJARAN/GXz7DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengertian+pembelajaran&printsec=frontcover

Marheni, M. S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan. Journal of Education Action Research, 6(1), 1. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44468

Pesisir, K., Pendekatan, S. B., Penelitian, P., Ktsp, I., Islam, B., & Pendekatan, D. (2005). 62 Pendekatan Mutual Adaptive Pada Mata Bidang Studi IPA Di MTs Salido. 61–72.

Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2019). Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendampingan Bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Siliwangi, 1(1), 17. https://doi.org/10.22460/as.v1i1p17-25.36

Sugiono, J., & Chamisijatin, L. (2008). Prinsip-Prinsip Perencanaan Pembelajaran. Pengembangan Kurikulum SD, 1–41. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132303693/pendidikan/PengembanganPembelajaranMatematika_UNIT_7_0.pdf