Pengaruh Media Digital Terhadap Perkembangan Psikologis Anak di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14308Keywords:
Teknologi, Perkembangan, Peserta DidikAbstract
Teknologi informasi merupakan salah satu media sarana untuk mencapai keberhasilan pada proses pembelajaran, namun dengan mencakup hal tersebut sulit di pungkiri dalam teknologi pun memiliki adaptasi dampak kerusakan nya sendiri dari pengguna. Peneliti menganalisis lebih jauh dari teknologi tersebut hingga menemukan permasalahan yang terjadi. Diantara nya mempunyai dampak kepada peserta didik karena semakin canggih dan perkembangan zaman, lalu peneliti menemukan perbedaan anak pada proses pembelajaran akibat penggunaan yang kurang bijak. Metode yang dipakai oleh peneliti ialah kualitatif, yakni dengan melihat dan menganalisis peristiwa yang terjadi dengan cara pengamatan induktif maupun deduktif. Kemudian data yang didapat berupa pengorganisir kegiatan sehari hari peserta didik di lingkungan sekolah maupun lingkungan rumah. Tujuan penelitian tersebut meliputi sejauh mana penggunaan teknologi pada era zaman canggih pada penggunaan nya sert dampak dan fungsi dengan kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik.
References
Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Irsyadillah, N. S., Putri, R. I., Amori, M. rindri B., Wati, S., Afriyanti, S. A., Haidlor, M., & Afandi, A. (2022). Efek Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. JECER (Journal Of Early Childhood Education And Research), 3(1), 10. https://doi.org/10.19184/jecer.v3i1.28558
Siti, A., Agnia, G. N., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengaruh Kemajuan Teknologi terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9331–9335. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2473
Somantri, G. R. (2005). Memahami Metode Kualitatif. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 57. https://doi.org/10.7454/mssh.v9i2.122
Ulfah, & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 2(1), 1–9.
Yona Sidratul Munti, N., & Asril Syaifuddin, D. (2020). Analisa Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1799–1805.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rafi Ramadhan, Sobrul Laeli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.