Pengaruh Gadget pada Anak Sekolah Dasar mengenai Perkembangan Psikologi terhadap Emosi dan Sosial
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14061Keywords:
Dampak, Gadget, Emosi Sosial, AnakAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan gadget, seperti tablet dan smartphone telah menjadi fenomena yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari terhadap anak sekolah dasar di zaman digital. Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh Penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologi anak, khususnya pada aspek emosi dan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penggunaan gedget mempunyai pengaruh positif atau negatif bagi perkembangan psikologi anak pada emosi dan sosial. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur yang mana proses pengumpulan data yang digunakan bersumber dari jurnal, buku, dan artikel yang berhubungan dengan dampak gadget terhadap perkembangan psikologi emosi dan sosial anak. Hasil dari penelitian pengaruh gadget terhadap anak sekolah dasar sudah terpengaruhi dampak yang sangat signifikan terhadap perkembangan psikologi terutama pada emosi dan sosial anak. Emosi anak jadi cenderung mengalami penurunan kemampuan untuk mengenali ekspresi emosi secara langsung dari orang lain. Tetapi hal positif nya pun menunjukkan bahwa anak-anak yang menggunakan gadget secara teratur cenderung memiliki kemampuan belajar lebih baik dari pada menggunakan gadget yang tidak teratur.
References
Al Ulil Amri, M. I., Bahtiar, R. S., & Pratiwi, D. E. (2020). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Anak Sekolah Dasar pada Situasi Pandemi Covid-19’. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 14.
https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.933
As-Tsauri, M. S., Arifin, B. S., & Tarsono, T. (2021). Efek Penggunaan Smartphone Berkelanjutan Di Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Perkembangan Psikologis Anak. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 14.
https://doi.org/10.33474/elementeris.v3i1.10818
Astarani, K., Taviyanda, D., Tabita, A., Crisstella, A., Kurnianto, A., Zeofanny, C., Obillia, C. N., Agusta, D., Pawestri, D. M., Puspitasari, D. A., Anteng, D. A. R., & Retno, E. D. (2023). Edukasi Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Pada Siswa Sekolah Dasar. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 116–126. https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.85
Aswat, H., Sari, E. R., Aprilia, R., Fadli, A., & Milda, M. (2021). Implikasi Distance Learning di Masa Pandemi COVID 19 terhadap Kecerdasan Emosional Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 761–771. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.803
Dini, M., & RA, P. D. I. (2020). DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIO-EMOSIONAL ANAK DI RA DWP 1 KANWIL DEPAG PROVINSI SULAWESI TENGAH.
Handayani, F., & Maharani, R. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan …, 6, 11362– 11369.
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4244%0Ahttps://jptam.org/index.
php/jptam/article/download/4244/3549
Julaeha, S. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar Di SDN 2 Sukahurip. Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(2), 127–131. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau
Lestari, U., Tusyana, E., Andrean, S., Gadget, D., Psikologi, P., & Dasar, S. (2023). Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar. http://journal.an- nur.ac.id/index.php/tarbiyahjurnal
Maola, P. S., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Journal of Education, 3(15), 219–225.
Purwaningtyas, F. D., Septiana, Y., Aprilia, H., & Candra, G. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Wijaya Putra (Psikowipa), 4(1), 1–9. https://doi.org/10.38156/psikowipa.v4i1.84
Rismala, Y., Aguswan, Priyantoro, D. E., & Suryadi. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 1(01), 46–55. https://doi.org/10.56872/elathfal.v1i01.273
Saniyyah, L., Setiawan, D., & Ismaya, E. A. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2132–2140. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1161
Santi, R. J., Setiawan, D., & Pratiwi, I. A. (2021). Perubahan Tingkah Laku Anak Sekolah Dasar Akibat Game Online. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 385. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38576
Saputri, R. D. R., & Setyawan, A. (2022). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Karakter pada Anak Sekolah Dasar. AMAL INSANI (Indonesian Multidiscipline of Social Journal), 3(1), 24–31. https://doi.org/10.56721/amalinsani.v3i1.109
Setiawani, D., & Saidah, S. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Kelas V SD 77 Rejang Lebong. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 851–864. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/6837%0Ahttps://journ al.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/download/6837/2580
Sofiana, S. N. A., Fakhriyah, F. F., & Oktavianti, I. oktavianti. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Emosional dan Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Gender and Society Journal, 3(2), 53–59. https://doi.org/10.23887/igsj.v3i2.50414
Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 125–139. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374
Syaputra, A. E. (2023). DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Abstrak. 22111193.
Wulandari, D., & Lestari, T. (2021). Pengaruh gadget terhadap perkembangan emosi anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1689–1695. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1162?articlesBySameAuthorPage
=2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahma Khoerunnisa, Sobrul Laeli
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.