Mengoptimalkan Proses Belajar dengan Memahami Perkembangan Kognitif Anak
Main Article Content
Abstract
Perkembangan kognitif berkaitan dengan kesadaran anak sehingga sangat penting dalam membantu anak mengembangkan kemampuannya dalam mengeksplorasi diri. Perkembangan kognitif adalah komponen penting dari perkembangan yang mencakup perkembangan kemampuan berfikir seperti mengingat, bernalar, beride, kreatif, dan mengingat. Pentingnya memahami perkembangan kognitif anak agar dapat mengembangkan strategi pembelajaran yang berguna dan sepadan dengan tahap perkembangan mereka. Teori tentang cara belajar anak harus menyesuaikan dengan sifat dan tingkat perkembangan anak. Lingkungan sekolah adalah salah satu komponen yang mempengaruhi perkembangan kognitif. Untuk memastikan bahwa belajar berjalan dengan baik, setiap tahap perkembangan kognitif anak harus diperhatikan. Studi ini menyelidiki teori perkembangan kognitif seperti Vygotsky dan Piaget dan bagaimana mereka berdampak pada proses belajar anak-anak. Menurut Piaget, anak-anak pastinya mempunyai keingintahuan tentang dunia luar dan melakukan upaya aktif untuk menemukan informasi yang akan membantu mereka memahami dunia luar. Hal ini tidak sama dengan Vygotsky yang berpendapat bahwa anak mampelajari dengan lebih baik apabila mereka disosialisasikan dan bahwa anak memerlukan bantuan dari orang-orang yang lebih berpengalaman untuk mengembangkan pengetahuannya. Sebagaimana perkembangan kognitif anak dan proses pembelajaran berhubungan satu sama lain merupakan tujuan penelitian ini. Selain itu, penelitian ini memberikan saran praktis tentang bagaimana pembelajaran dapat dioptimalkan dengan mempertimbangkan aspek perkembangan kognitif. Dengan memahami perkembangan kognitif anak dan menerapkan strategi pembelajaran yang tepat, pendidik dapat meningkatkan keterlibatan siswa, menciptakan lingkungan belajar yang ideal, dan membantu siswa memahami konsep dengan baik.
Article Details
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF STUDI PUSTAKA.
Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 568–582. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440
Aisyah, S. (2014). Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini.Tangerang Selatan.
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50
Fitri, R. (2017). Metakognitif pada Proses Belajar Anak dalam Kajian Neurosains. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 2(1), 56. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p56-64
Hanafi, I., & Sumitro, E. A. (2020). PERKEMBANGAN KOGNITIF MENURUT JEAN PIAGET DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.24929/alpen.v3i2.30
Hanifah, R., & Farida, N. A. (2023). Peran Keluarga dalam Mengoptimalkan Perkembangan Anak. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(01), 23–33. https://doi.org/10.35706/azzakiy.v1i01.9951
Hijriati, H. (2017). TAHAPAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA MASA EARLY CHILDHOOD. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 33. https://doi.org/10.22373/bunayya.v1i2.2034
Humaida, R. T., & Suyadi, S. (2021). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui Penggunaan Media Game Edukasi Digital Berbasis ICT. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(2), 78–87. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i2.98
Karim, M. B., & Wifroh, S. H. (2014). MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF. Volume 1, Nomor 2. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v1i2.3554
Khiyarusoleh, U., & Pd, M. (2016). KONSEP DASAR PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK MENURUT JEAN PIAGET. 5(1).
Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN IMPLIKASINYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN (Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky).
Laksana, D. N. L., Jau, M. Y., & Ngonu, M. R. (n.d.). ASPEK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI.
Nurfarhanah. (2012). Implikasi Teori Perkembangan Kognitif dalam kegiatan belajar. Volume XII No.2. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v12i2.2209
Nurtaniawati. (2017). PERAN GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN KOGNITIFPADAANAKUSIA DINI. https://doi.org/10.22460/ts.v3i1p1-20.315
Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN MENCARI HURUF. 5(1).
Rohani. (2016). MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN. Vol. IV, No. 2. http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v4i2.57
Saputri, D. A., Nuroso, H., & Sulianto, J. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Perkembangan Kognitif Peserta Didik Sekolah Dasar. 06(01). https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3530
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555
Siahaan, H., Roaina, L., Araminta, N., Lubis, N. A., & Azhima, I. (2023). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Pendekatan Saintifik pada Anak Usia Dini. 7.
Sutarto, S. (2017). Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 1. https://doi.org/10.29240/jbk.v1i2.331
Widya L, W. (n.d.). Perkembangan Kognitif Anak: Bagaimana Mengoptimalkan Pembelajaran Anak.
Zega, B. K., & Suprihati, W. (2021). Pengaruh Perkembangan Kognitif Pada Anak. Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen), 3(1), 17–24. https://doi.org/10.59177/veritas.v3i1.101