Penggunaan Media Dadu Cerita Terhadap Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V dalam Menulis Karangan Narasi
Keywords:
Karangan Narasi, Kemampuan Berpikir Kreati, Media Dadu Cerita.Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media dadu cerita terhadap tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V dalam menulis karangan narasi di SDN Harjasari 01. Metode yang diigunakan dalam penelitiian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan tes yaitu pretest dan posttest. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperiimen dan kelas kontrol dengan jumlah sampel sebanyk 50 sampel. Hasil akhir dari penelitian ini adalah bahwa pada uji normalitas hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kontrol berdistibusi normal, dan hasil uji homogenitas menunjukkan varian yang homogen serta pada hasiil pengujian independent sample t-test yang didapatkan nilai sig. Sebesar 0,000 (0,000 ≤ 0,05). Maka dari itu disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media dadu cerita terhadap tingkat kemampuan berpiikir kreatif siswa dalam menulis karangan narasi di SDN Harjsari 01.
References
Dalman. (2016). Keterampilan Berbahasa Menulis Teks Eksposisi.
Darwanto, D. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Eksponen, 9(2), 20–26. https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i2.56
Handoko, A., Supriadi, N., & Ningrum, S. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir ( SPPKB ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. 10(2), 189–200.
Hidayat, R. & A. (2019). Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Jamil, J. (2022). Etika Profesi Guru. Cv. Azka Pustaka. www.penerbita/kaputaka.co.id
Juliana, at ell. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.
Mulyati, Y. (2014). Hak i k at Ke t e r am p i l an Ber b ah asa. Hakikat Keterampilan Berbahasa, 1–34.
Nuryani, D., & Ita Handayani. (2020). Prosiding seminar nasional pendidikan program pascasarjana universitas pgri palembang 10 januari 2020. 224–237.
Septiani, P., & Aliyyah, R. R. (2024). Penggunaan Media Capital Board Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Kapital Siswa Kelas III Sekolah Dasar. 3, 2150–2162.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.
Trismanto, T. (2017). Keterampilan Menulis Dan Permasalahannya. Bangun Rekaprima, 3(1), 62. https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v3i1.764
Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51–57. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.245
Wiratno, T., & Santosa, R. (2014). Pengantar Linguistik Umum. Universitas Terbuka, 1–19. http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/BING4214-M1.pdf
Yuliawati, L., Aribowo, D., & Hamid, M. A. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 5(1), 35–42.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muslimah, Megan Asri Humaira; Sobrul Laeli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.