Pengaruh Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

Main Article Content

Listya Eka Putri
Megan Asri Humaira

Abstract

Kemajuan teknologi modern memiliki pengaruh yang luar biasa pada kehidupan sehari-hari, kemajuan teknologi pun telah membantu sejumlah masalah manusia. Karena itu, beberapa platform media sosial muncul sebagai fenomena pemasaran untuk mempromosikan produk tertentu dalam bisnis. Menurut temuan studi MarkPlus Inc. tentang e-commerce Indonesia selama pandemi Covid-19, 90% responden mengatakan bahwa Shopee adalah aplikasi andalan mereka untuk melakukan pembelian online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ulasan produk mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan pembelian barang di marketplace Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai metodenya. Penelitian menunjukkan bahwa ulasan produk mempengaruhi keputusan pembelian. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai panduan bagi penjual untuk meningkatkan kualitas produk agar mendapat ulasan positif dari pelanggan sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Article Details

How to Cite
Putri, L. E. ., & Asri Humaira, M. (2024). Pengaruh Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen . Karimah Tauhid, 3(1), 694–702. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.9206
Section
Articles

References

Indah Pratiwi, K., & Mandala, K. (2015). Faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis. Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, Psikologis, dan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Kebaya Bordir Pada Jegeg Ayu Boutique Di Kuta, 4-5.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran: Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Prehallindo.

Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Prehallindo.

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Prehallindo.

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media.

Kusumawardhani, A. (2020, September 17). Survei MarkPlus Inc.:Shopee Kuasai Peta Persaingan E-Commerce. Bisnis.com, p. 1.

Lamb, C. W., Hair, J. F., & Daniel, C. M. (2011). Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Moleong, L. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Prasetijo, R., & Lhalauw, J. (2009). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: ANDI.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2005). Consumen Behavior. Jakarta: Prenhallindo.